Khasiat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

March 5, 2013

bawang bombay

Bawang Bombay
, bawang merah dan daun bawang termasuk keluarga allium, salah satu jenis bahan makanan yang paling banyak digunakan sebagai penyedap rasa dan aroma makanan. Secara tradisional bawang merah, bawang Bombay dikenal sebagai obat pencegah masuk angin. Akan tetapi dari berbagai penelitian diketahui bahwa bawang juga mempunyai khasiat lain. Dalam bawang terdapat senyawa fitokimia yaitu propanethiol sulfur oksida, flavonoid quercetin dan senyawa lainnya.

Senyawa quercetin dalam bawang penyerapannya jauh lebih efisien dibandingkan dengan quercetin yang terdapat dalam bahan makanan lain seperti teh atau buah apel. Selain itu quercetin dari bawang akan ditahan dalam tubuh lebih lama (sekitar 24 jam) sehingga dengan mengkonsumsi bawang secara teratur setiap hari dalam plasma darah akan selalu terdapat quercetin yang melindungi tubuh dari berbagai gangguan penyakit.

Oleh karena khasiat bawang berhubungan dengan adanya senyawa propanethial sulfur oksida yang mudah menguap dengan bau yang khas jika bawang merah dipotong, maka sebaiknya bawang digunakan dalam bentuk segar sehingga khasiat yang diperoleh menjadi lebih besar.

Khasiat bawang bombay untuk mengatasi berbagai penyakit


• Mencegah naiknya kolesterol darah setelah makan makanan berlemak.

Pada umumnya kadar kolesterol darah dan kecenderungan terbentuknya gumpalan darah akan lebih tinggi setelah makan makanan berlemak. Kenaikan kolesterol dan penggumpalan darah itu tak akan terjadi jika makanan berlemak itu dimakan bersama bawang baik mentah maupun dimasak. Adanya quercetin yang merupakan antioksidan yang kuat dalam bawang, sangat potensial untuk mencegah penggumpalan darah, di samping juga mencegah kerusakan LDL-kolesterol oleh adanya radikal bebas.

• Menurunkan kolesterol total dan tekanan darah, menaikkan HDL-kolesterol.

Lemak darah akan ada dalam komposisi sehat apabila secara teratur mengkonsumsi bawang mentah. Hasil suatu penelitian terhadap khasiat bawang terhadap tekanan darah, menunjukkan 13 dari 20 penderita tekanan darah tinggi yang diberi tambahan makanan berupa 60 gram bawang merah setiap hari, mengalami penurunan tekanan darah. Sedangkan dari 18 orang sukarelawan dengan kadar kolesterol tinggi 9 orang (50%) menunjukkan penurunan kadar kolesterol total.

• Menyembuhkan batuk pilek, radang tenggorokan, bronchitis dan lainnya.

Bawang merah atau bawang Bombay secara tradisional digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit infeksi seperti batuk pilek, bronchitis dan radang lambung. Bawang merah direndam dalam sedikit air dan madu selama kurang lebih 4 jam kemudian bawangnya dimakan.

• Mencegah penyakit kanker.

Adanya senyawa allium dan flavonoid lain dalam bawang dapat mencegah penyakit kanker. Quercetin dalam bawang Bombay dapat mencegah terjadinya kanker pada kandung kemih yang disebabkan oleh tembakau pada para perokok. Dengan mengkonsumsi bawang secara teratur para perokok dapat terhindar dari bahaya kanker termasuk kanker paru-paru.

Source : dari berbagai sumber

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Comment

Previous post:

Next post: