Jantung Sehat dengan Olahraga Tepat

November 16, 2013

jantung sehat

Kesehatan jantung erat kaitannya dengan kebiasaan hidup dan pola makan sehari-hari. Pola makan yang buruk dapat menaikkan kadar kolesterol buruk dan lemak dalam aliran darah sehingga menyumbat pembuluh darah koroner.

Kolesterol dapat merugikan kesehatan jantung bila tertimbun pada dinding pembuluh darah, yang kemudian menjadi penghalang dari aliran darah dan menyumbat pembuluh darah sehingga memicu terjadinya serangan penyakit jantung. Selain itu, bila beban kerja yang dipikul terlalu berat atau suplai oksigen terlalu rendah, otot-otot jantung dapat mengalami gangguan, bahkan bisa menyebabkan serangan jantung.

Faktor-faktor yang paling penting yang dapat mempengaruhi otot jantung tadi, antara lain kurangnya latihan-latihan olahraga, salah pengaturan makan, dan kebiasaan merokok.

Aktivitas fisik bila dilakukan secara teratur dapat membantu memelihara otot-otot badan selama penurunan berat badan serta menyembuhkan tekanan darah tinggi yang ringan sampai sedang. Rajin berolahraga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula serta risiko penyakit jantung hingga menaikkan kapasitas kerja.

Program-program latihan yang ideal tak selalu harus mahal, tetapi sebaiknya berupa latihan-latihan olahraga yang mengikutsertakan gerakan badan yang total atau paling sedikit menggerakkan otot-otot yang besar di dalam badan kita.

Para ahli kesehatan setuju jalan kaki merupakan aktivitas yang paling aman. Jalan dapat membakar kalori cukup banyak. Selain itu, olahraga ini mudah, murah, serta dapat dilakukan di mana saja. Jalan kaki juga merupakan latihan olahraga yang rendah intensitasnya sehingga orang yang kegemukan pun mampu melakukannya.

Selain jalan kaki, lakukan pula olahraga ringan seperti melakukan banyak pekerjaan dan membiasakan diri naik tangga. Anda yang senang berjalan atau berlari ada baiknya bila menjaga kebersihan kaki dengan kuku yang pendek, menggunakan kaos kaki tebal dan lunak sebagai peredam getaran serta mengenakan sepatu yang sesuai. Anda tertarik melakukannya?

 

 

loading...

Previous post:

Next post: