Inilah Manfaat Beras Merah yang Mengagumkan Untuk Kesehatan

November 4, 2015

manfaat beras merah

Konsumsi beras merah semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Beras merah terutama sering digunakan sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan. Ini karena beras merah memiliki kadar serat yang tinggi namun dengan kadar gula lebih rendah dibandingkan beras putih.

Sejumlah pakar kesehatan mengungkapkan, beras merah lebih sehat jika dibandingkan dengan beras putih karena prosesnya yang hanya memisahkan kulit dari biji beras. Alhasil, nutrisi dalam beras merah masih utuh. Sebaliknya, beras putih harus melewati proses penggilingan dan penggosokan sehingga kehilangan sejumlah kandungan nutrisinya.

Namun, selain menjadi menu diet untuk menurunkan berat badan, beras merah sebenarnya memiliki banyak manfaat lain. Apa sajakah manfaat beras merah untuk kesehatan Anda? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Manfaat Beras Merah Bagi Tubuh

Beras merah merupakan salah satu makanan pokok yang memberikan sumber energi untuk beraktivitas. Selain memberikan energi, beras merah diketahui mengandung sejumlah nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Setiap 1,5 cangkir beras merah yang dimasak mengandung sekitar 85% karbohidrat, 7% serat, vitamin B, magnesium, fosfor, kalsium dan kalium.

Inilah penjelasan lengkap terkait manfaat beras merah yang dapat Anda rasakan:

1. Melancarkan pencernaan

Beras merah diketahui mengandung kadar serat yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi dalam beras merah membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. Jenis serat yang terdapat dalam beras merah adalah serat larut sehingga lebih banyak memberikan cairan ke usus dan membantu gerakan usus lebih halus. Alhasil, mengkonsumsi beras merah pun dapat mencegah Anda mengalami sembelit.

2. Menurunkan berat badan

Kadar serat yang tinggi dalam beras merah membantu Anda kenyang lebih lama setelah makan. Alhasil, Anda cenderung sulit tergoda untuk mengemil atau menambah porsi makan sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Dalam sebuah studi yang dilakukan Harvard Medical School yang melibatkan 74 ribu perawat wanita berusia 38-63 tahun, terungkap bahwa wanita yang mengkonsumsi beras merah secara rutin berhasil menurunkan berat badan mereka.

3. Menjaga kadar gula untuk penderita diabetes

Selain populer sebagai menu diet, beras merah juga menjadi pilihan makanan cerdas bagi penderita diabetes. Ini karena beras merah memiliki indeks glikemik (GI) rendah di mana pencernaan dan penyerapan makanan berjalan lebih lambat sehingga peningkatan kadar glukosa dan insulin dalam darah terjadi secara perlahan. Dengan demikian, gula darah dapat lebih lambat masuk ke dalam aliran darah sehingga kadar gula darah Anda pun lebih terjaga.

Menurut penelitian dari Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard, mengganti 50 gram nasi putih dengan beras merah setiap harinya dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 16 persen.

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL)

Manfaat beras merah yang satu ini telah cukup populer di kalangan masyarakat. Minyak esensial yang terdapat dalam beras merah diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) serta tekanan darah tinggi. Kadar LDL yang berlebih dalam tubuh dapat mengakibatkan pengendapan pada arteri sehingga berisiko memicu penyakit jantung atau stroke.

Selain menurunkan kadar LDL, beras merah juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL). Itu berkat kandungan mangan dalam beras merah yang berfungsi membantu pembentukan kolesterol baik. Kebalikan dari LDL, HDL adalah kolesterol yang tidak mengendap pada arteri dan dapat mencegah pembentukan plak pada dinding pembuluh darah.

5. Berpotensi mencegah penyakit kanker

Manfaat beras merah lainnya yang tak kalah penting adalah kemampuannya mencegah kanker. Sebuah riset dari Dr. Rui Hai Liu di Universitas Cornell mengungkapkan bahwa, sebagaimana buah-buahan dan sayuran, beras merah memiliki kandungan fenolik yang merupakan salah satu zat antioksidan yang dapat membantu menghambat radikal bebas pemicu kanker.

Selain fenolik, kandungan zat lain dalam beras merah yang diperkirakan dapat membantu menurunkan risiko kanker adalah selenium dan polifenol. Kadar selenium dan polifenol yang tinggi ini kerap dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar.

6. Membantu menjaga kesehatan tulang

Beras merah memiliki kandungan magnesium tinggi, di mana magnesium diyakini merupakan nutrisi kunci yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, seperti halnya vitamin D dan kalsium. Lebih lanjut, kandungan magnesium serta kalsium dalam beras merah mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi, dan mencegah risiko arthritis serta osteoporosis di kemudian hari. Sebagai informasi, satu cangkir beras merah umumnya mengandung sekitar 21% magnesium dari kebutuhan harian.

Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Bayi

Bukan hanya untuk orang dewasa, beras merah pun menawarkan manfaat luar biasa untuk bayi Anda. Beras merah adalah pilihan cerdas untuk makanan pendamping ASI bagi bayi karena mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk pertumbuhan bayi.

Berikut adalah beberapa manfaat beras merah untuk kesehatan bayi yang perlu Anda ketahui:

1. Membantu pembentukan energi

Kandungan vitamin B1, B12 dan B6 yang cukup tinggi dalam beras merah dapat membantu proses pembentukan dalam sel tubuh bayi.

2. Membantu perkembangan otak

Kulit ari pada beras merah yang telah dibuat tepung mengandung zat dan nutrisi yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi.

3. Melancarkan pencernaan

Seperti halnya pada orang dewasa, konsumsi beras merah pada bayi juga dapat membantu melancarkan pencernaan mereka karena kandungan serat yang tinggi.

4. Membantu bayi tidur lebih nyenyak dan teratur

Kandungan zat tepung dalam beras merah dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dalam otak bayi. Serotonin sendiri memiliki peran besar dalam mengatur pola tidur manusia agar lebih teratur. Selain itu, kandungan gula yang relatif stabil dalam beras merah menjadikan bayi tidak cepat lapar sehingga tidak mudah terbangun di malam hari.

Itulah berbagai manfaat beras merah yang dapat Anda rasakan bagi kesehatan Anda maupun si buah hati. Tentu saja, Anda tidak harus sepenuhnya beralih dari beras putih ke beras merah. Namun, tidak ada salahnya menyertakan beberapa porsi beras merah dalam menu makanan Anda selama sepekan demi menunjang kesehatan Anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: