Inilah Beragam Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

November 7, 2015

manfaat jeruk nipis untuk kecantikan

Tanaman jeruk nipis telah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang kaya manfaat. Buah ini memiliki rasa asam dan sedikit pahit, segar. Dalam hal kesehatan, jeruk nipis adalah buah kaya nutrisi yang secara tradisional sering digunakan untuk mengobati gejala penyakit ringan seperti sakit tenggorokan, batuk, dahak, dan membantu proses pencernaan. Jeruk nipis kaya akan vitamin C dibandingkan dengan varian buah jeruk lainnya.

Dalam bidang kecantikan, jeruk nipis juga banyak memiliki khasiat yang baik untuk kulit. Jeruk nipis juga banyak digunakan dalam industri kosmetika.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

Berikut beberapa manfaat jeruk nipis untuk kecantikan:

1. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Noda wajah akibat jerawat terjadi ketika kotoran minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori. Bakteri yang terperangkap dalam pori-pori wajah menyebabkan peradangan (jerawat). Membersihkan wajah dengan jeruk nipis dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Jeruk nipis memiliki sifat antibiotik alami. Sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal “BMC Complementary and Alternative Medicine” (November 2006) menyatakan bahwa minyak jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan berbagai macam bakteri, antara lain E. coli dan Staphylococcus aureus.

2. Mengencangkan Pori-Pori

Jeruk nipis secara efektif mampu mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Jeruk nipis memiliki sifat astringent, yaitu dapat membuat suatu jaringan berkontraksi atau mengerut. Dalam kosmetik, astringen digunakan sebagai pengencang kulit, pengecil pori-pori, menyerap minyak wajah dan membuat lapisan pelindung pada kulit. Dorie Byers, seorang dokter dan pakar kecantikan, dalam buku berjudul “Natural Beauty Basics” menyatakan bahwa minyak jeruk nipis yang digunakan secara topikal efektif mengurangi minyak dan mengecilkan pori-pori wajah berkat zat astringen yang dikandungnya.

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

Asam sitrat yang dikandung jeruk nipis bisa mengangkat sel-sel kulit mati secara efektif. Dengan terangkatnya sel-sel kulit mati dari permukaan kulit, sel-sel kulit baru akan muncul, membuat kulit menjadi lebih cerah dan halus. Selain mencerahkan kulit karena sel kulit mati terangkat, pori-pori wajah juga akan terbebas dari penyumbatan sel kulit mati penyebab jerawat.

4. Antioksidan Mengurangi Tanda Penuaan

Radikal bebas dapat menyebabkan degradasi sel, yang dapat menyebabkan penuaan karena rusaknya jaringan kulit. Vitamin tertentu, termasuk vitamin A dan C dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas tersebut. Menurut database USDA Nutrient Nasional, 100 gram jeruk nipis mengandung vitamin C dan 29.1 mg atau 50 IU vitamin A. Tingginya kadar vitamin C dan A tersebut membuat jeruk nipis bisa membantu mengurangi kerusakan jaringan dan tanda-tanda penuaan.

Memanfaatkan Jeruk Nipis

Memanfaatkan jeruk nipis tidaklah sulit. Namun, hindari menggunakan jeruk nipis pada luka terbuka atau jerawat yang sedang meradang, untuk menghindari iritasi kulit. Pemilik kulit kering juga harus membatasi penggunaannya karena, zat Astringent pada jeruk nipis dapat membuat kulit menjadi kering dan menimbulkan iritasi.

● Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit

Perasan air jeruk nipis dapat mencerahkan kulit. Caranya, campurkan perasan air jeruk nipis dengan putih telur, lalu oleskan pada wajah dan biarkan mengering selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

● Menghilangkan Bau Badan

Jeruk dipercaya dapat menghilangkan bau badan jika dilakukan secara berkala. Selain menghilangkan bau badan, efek yang dirasakan adalah dapat memutihkan ketiak. Caranya, potong jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu gosok ketiak dengan bagian dalam jeruk nipis, tambahkan dengan bubuk kapur sirih. Gosok secara teratur setiap hari sebelum mandi, diamkan lalu bilas saat mandi.

● Mengatasi Jerawat

Untuk menangani jerawat membandel, cukup balurkan perasan jeruk nipis dan gosok perlahan pada wajah. Lalu diamkan selama 15 menit dan bilas wajah dengan air sampai bersih. Selain mengurangi peradangan jerawat, hal ini membantu kulit terasa lebih bersih, halus, dan cerah.

● Menghilangkan Noda Gelap Pada Kulit

Jeruk nipis dapat membantu mencerahkan kulit wajah yang memiliki noda gelap akibat pigmentasi atau penumpukan sel-sel kulit mati. Caranya, gosokkan bagian dalam jeruk nipis pada bagian-bagian yang memiliki area hitam, misalnya pada wajah dan area tertentu. Lakukan secara rutin dan teratur, maka noda hitam secara perlahan akan menghilang.

● Merawat Kesehatan Rambut

Air perasan jeruk nipis juga dapat digunakan untuk merawat kesehatan rambut dan mengatasi beberapa masalah rambut seperti kulit kepala berminyak, rambut rontok, ketombe, dan rambut yang sulit diatur. Caranya cukup sederhana. Untuk mencuci rambut lakukanlah dengan air hangat yang dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Biarkan rambut selama beberapa saat lalu bilas dengan air dingin dan sampo sampai bersih.

Demikianlah artikel manfaat jeruk nipis untuk kecantikan, semoga bermanfaat!

 

 

loading...

Previous post:

Next post: