Inilah 9 Manfaat Yoga Beserta Risikonya yang Perlu Anda Tahu

July 30, 2017

manfaat yoga

Butuh olahraga dan penghilang stres? Nah, sudahkah anda mencoba yoga?

Banyak penelitian telah dilakukan tentang manfaat yoga untuk kesehatan dan berita baiknya yoga sangat baik untuk anda!

Dari mengurangi stres hingga tingkat kebugaran yang lebih baik, pelajari mengapa anda harus melakukan yoga dan menuai manfaatnya.

Manfaat Yoga

Mengapa anda harus mencoba yoga?

1. Anda akan mendapatkan sedikit stress

Banyak penelitian yang berbeda telah dilakukan untuk mengetahui efek yoga terhadap stress. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, sekelompok wanita paruh baya yang mengikuti sesi yoga Hatha 90 menit menunjukkan tingkat stress yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Artikel Terkait: 10 Cara Mengurangi Stres Hari Ini

Penelitian lain yang dilakukan di University of Southern Mississippi membawa 81 mahasiswa S1 dengan depresi ringan, cemas atau stress dan membiarkan mereka berpartisipasi dalam yoga. Setelah satu sesi yoga, peserta menunjukkan penurunan tingkat depresi dan kecemasan.

2. Anda akan lebih fleksibel

Jika anda bisa berlari maraton namun mengalami kesulitan menyentuh jari-jari kaki anda, anda tidak sendiri. Banyak orang lupa untuk bekerja pada fleksibilitas mereka saat berolahraga. Di sinilah yoga dapat membantu – pose-pose dalam yoga mengharuskan anda untuk melakukan peregangan dan mendorong ke luar zona nyaman anda, yang dapat meningkatkan fleksibilitas.

3. Postur tubuh anda akan membaik

Menghabiskan hari membungkuk di depan komputer atau mengendarai mobil, dapat mengontraksi tulang belakang anda dan membunuh postur tubuh anda. Salah satu manfaat yoga yang seringkali tidak disadari adalah membantu melawan hal ini dengan meningkatkan kesadaran tubuh anda dan mengurangi kecenderungan anda untuk membungkuk.

4. Inti tubuh anda akan menjadi kuat

Sebagian besar posisi berdiri dan duduk akan fokus pada kekuatan inti tubuh karena otot perut bagian dalam digunakan ketika melakukan posisi yoga. Salah satu fokus utama yoga adalah membangun inti tubuh yang kuat sehingga tulang belakang ditopang oleh pusat tubuh dan bukan oleh leher dan bahu.

Saat ditopang oleh leher dan bahu, tulang belakang ditekan dan sering menyebabkan ketegangan di leher dan punggung bagian atas; napas tersangkut di dada, yang pada gilirannya menganggu sistem saraf.

5. Anda akan memiliki jantung yang lebih kuat

Cara terbaik untuk membuat jantung lebih kuat adalah dengan melakukan latihan kardiovaskular. Satu penelitian menunjukkan bahwa yoga meningkatkan output kardiovaskular dan detak jantung secara signifikan, sehingga memperkuat otot anda yang paling penting.

Artikel Terkait: 11 Langkah Untuk Membuat Jantung Anda Tetap Sehat

6. Anda akan bisa bernafas lebih mudah

Sebagian besar latihan yoga melibatkan bentuk pernapasan dalam yang terkontrol, yang dapat meningkatkan kapasitas paru-paru anda dan bahkan membantu jenis asma tertentu.

7. Anda akan bisa tidur nyenyak

Banyak orang memiliki masalah dengan tidur, dan sebagian dari mereka bahkan memiliki insomnia kronis. Untungnya, penelitian membuktikan bahwa yoga adalah pengobatan yang efektif untuk orang dengan insomnia, tanpa efek samping negatif … yang mana kebanyakan obat tidur memilikinya.

Artikel Terkait: 10 Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur

8. Anda akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat

Tahukah anda bahwa pernapasan dalam yoga benar-benar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Sudarshan Kriya Yoga telah membuktikan manfaat kesehatan untuk berbagai kondisi klinis, melalui taktik pernapasan yang dimodifikasi.

9. Anda akan memiliki tekanan darah normal

Jika anda menderita hipertensi (tekanan darah tinggi), yoga adalah cara yang menyenangkan dan alami untuk memperbaikinya. Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi yang berlatih yoga memiliki denyut jantung yang berkurang, laju pernafasan, dan tekanan darah normal.

Resiko Yoga

Sama seperti aktivitas fisik lainnya, yoga pun memiliki risiko. Jika anda biasanya terjebak di meja seharian dan tidak terbiasa melakukan peregangan, pastikan anda tidak terlalu kuat di kelas pertama.

Anda juga harus belajar dari seorang profesional yoga jika anda baru memulai.

Dan ingat: latihan yoga bukanlah pertandingan lentur antara anda dan peserta lain di sebelah anda. Banyak orang terluka berusaha bersaing dengan peserta kelas lain yang lebih fleksibel.

Jika anda memiliki masalah punggung, leher, bahu atau pergelangan tangan pastikan untuk memberi tahu guru anda di depan kelas. Orang yang memiliki carpal tunnel syndrome sering memperburuknya dengan banyak posisi upward-dog/downward-dog. Jadi pastikan anda belajar melakukan modifikasi dengan benar.

Tanyakan kepada dokter Anda tentang yoga jika:
– Anda sedang hamil
– Memiliki tekanan darah tinggi atau rendah
– Memiliki masalah tulang belakang
– Osteoporosis yang parah
– Glaukoma
– Masalah telinga

Kesimpulan

Yoga dapat membantu anda mengurangi stress, meningkatkan kebugaran dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Jadi bentangkan matras dan mulai satukan pikiran, tubuh, dan jiwa anda!

 

 

Previous post:

Next post: