Hati-hati Gangguan Polip Hidung Pada Anak

August 11, 2015

polip hidung

Hidung merupakan salah satu organ tubuh yang penting untuk bernafas. Gangguan pada hidung, yang menyebabkan kesulitan bernafas tentunya dapat mempengaruhi metabolisme pertumbuhan si kecil. Oleh karena itu, saat mendengar suara sengau pada sang anak, orang tua seharusnya menjadi waspada, terutama jika suara sengau tersebut diiringi dengan kesulitan bernafas. Jangan-jangan si kecil menderita polip hidung.

Apakah Yang Dimaksud Polip Hidung?

Kekhawatiran merupakan salah satu bagian alami dari bagian menjadi orang tua. Setiap orang tua pasti merasa khawatir terutama saat anak yang sangat disayanginya mengalami sakit. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, anak bisa jadi mengalami gangguan pada kesehatan. Salah satunya gangguan pada hidung yang sering disebut sebagai polip. Sayangnya masih banyak orang tua yang belum mengetahui apa itu penyakit polip hidung?

Polip hidung menurut laman dunia kedokteran, Mayo Clinic, adalah pertumbuhan jaringan pada saluran pernafasan hidung atau pada sinus (lubang-lubang kecil 9 berisi udara yang berada di sekitar tulang wajah) yang berbentuk seperti anggur.

Polip biasanya merupakan jaringan yang lembut, tidak rasa sakit dan tidak bersifat kanker, namun jika berukuran besar, polip akan menyumbat saluran hidung serta dapat menyebabkan munculnya penyakit lain seperti asma, alergi rhinitis, sinusitis kronis, hingga fibrosis kistik. Sayangnya hingga saat ini penyebab utama tumbuhnya polip masih belum diketahui, tetapi diduga akibat reaksi alergi, infeksi pada saluran pernafasan, asma, kelainan sistem kekebalan tubuh tertentu, serta faktor genetika yang membuat seorang anak lebih berisiko mengalami polip hidung jika orang tuanya memiliki polip.

Mengatasi Polip Hidung

Polip yang berukuran kecil, biasanya tidak menimbulkan gejala seperti yang diperlihatkan saat pertumbuhan jaring tersebut sudah terlalu besar sehingga pada tahap tersebut anak tidak akan memperlihatkan gejala menderita polip. Jangan khawatir karena polip kecil biasanya tidak membahayakan serta tidak berisiko kanker. Sebaliknya, polip yang berukuran cukup besar biasanya memiliki gejala yang dapat diamati seperti hidung tersumbat, hidung berair, gangguan bernafas, gangguan indera penciuman, serta indera perasa. Saat inilah orang tua harus segera menangani polip untuk mencegah terjadinya infeksi serta akibat lain yang mengganggu kesehatan anak. Gejala lain yang juga dapat diamati adalah sakit pada bagian wajah terutama pangkal hidung, sakit kepala, bersin, lendir yang jatuh dari belakang hidung ke tenggorokan, mendengkur, rasa gatal di sekitar mata, mata berair, serta sakit pada gigi rahang atas. Beberapa gejala polip hidung tersebut memang mirip dengan gejala flu atau pilek, namun jika gejala flu atau pilek akan menghilang setelah beberapa hari, gejala polip hidung tidak akan hilang jika tidak segera diatasi.

Saat anak memiliki gejala polip, maka segera bawa anak ke dokter anak atau Spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) untuk mengetahui tindakan lebih lanjut terhadap gangguan polip. Biasanya selain melakukan pemeriksaan fisik, dokter akan melakukan prosedur endoskopi serta CTscan untuk mengetahui letak polip. Pengobatan polip hidung biasanya dilakukan dengan memberikan obat jenis kortikosteroid berbentuk tablet, infus, atau semprot pada anak. Selain pemberian obat, operasi juga dapat dilakukan sebagal jalan untuk menghilangkan polip. Hal ini dilakukan jika polip sudah terlalu besar serta tidak bereaksi terhadap obat-obatan yang diberikan. Sayangnya walau dapat dihilangkan, polip memiliki kecenderungan untuk muncul kembali meskipun telah melalui pengobatan maupun operasi. Untuk mencegah munculnya gangguan polip kembali, hal yang dapat dilakukan orang tua adalah dengan membiasakan anak berolahraga serta mengonsumsi berbagai sayur dan buah-buahan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Selain itu jauhkan penyebab alergi anak dan hindarkan dari paparan asap rokok untuk mencegah terjadinya gangguan pernafasan yang dapat berkembang menjadi polip.

Herbal Untuk Polip Hidung

Selain dihilangkan dengan menggunakan operasi, pertumbuhan polip hidung biasanya dapat dihambat atau dihentikan dengan menggunakan pengobatan secara medis ataupun secara herbal. Penggunaan obat herbal tentunya dilakukan dengan memperhatikan kondisi penyakit terlebih dahulu, jika masih termasuk ringan, maka pengobatan dengan herbal merupakan cara yang lebih baik dibandingkan pengobatan menggunakan obat kimia yang tidak jarang menimbulkan efek samping bagi tubuh. Jika si kecil menderita polip, maka berikut ramuan herbal yang dapat dicoba.

• 1 jari kunyit dikupas lalu dicuci bersih bersama 7 lembar daun sirih dan 1 genggam daun cemara. Parut kunyit, lalu rebus hasil parutan bersama daun sirih dan cemara serta 10 gelas air hingga tersisa tiga perempatnya. Tuang hasil rebusan ke dalam panci lalu hirup uapnya. Lakukan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

• Campurkan air hasil perasan dari 5 jeruk nipis dengan sepotong jahe yang telah diiris halus. Rebus campuran bersama 20 butir cengkeh, 10 lembar daun sirih, dan 6 lembar daun sereh yang telah dicuci bersih dalam dua liter air hingga mendidih. Setelah dingin, saring ramuan kemudian minum setiap pagi sebanyak satu gelas hingga polip sembuh.

• Campurkan satu sendok teh Epsom salt (Magnesium sulfat, garam Inggris) dalam segelas air hangat. Aduk hingga garam larut kemudian masukan ke dalam botol semprot atau botol tetes. Semprot atau teteskan larutan ke lubang hidung setiap hari hingga gejala polip hilang.

• Campurkan cuka apel ke dalam air panas dengan perbandingan 1: 4 kemudian hirup uap ramuan tersebut. Lakukan secara rutin setiap hari.

• 3 sendok makan cuka apel dan 3 sendok makan madu dicampurkan ke dalam secangkir air panas. Minum ramuan ini dua kali sehari pada pagi dan malam hari.

• 75 gram kaktus yang telah dihilangkan durinya, 10 gram jahe, dan 1 buah belimbing manis dicuci bersih lalu direbus bersama 1 atau 2 buah kiamboy (buah plum yang dikeringkan) serta 2 gelas air. Masak hingga tersisa separuhnya, dinginkan kemudian saring. Tambahkan 1 sendok makan madu kemudian minum selagi hangat.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: