Fakta Baru Tentang Buah dan Sayuran

May 15, 2013

buah dan sayuran

1. Satu buah apel atau pir setiap hari dapat mencegah penyakit stroke. Apel dan pir termasuk kelompok buah berwarna putih. yang bila dikonsumsi dalam jumlah banyak akan menurunkan risiko stroke sebanyak 52%.

2. Apel juga mengurangi risiko kanker payudara. Ini karena di antara buah-buahan, apel dapat memenuhi 33% kebutuhan akan zat fenolat/flavonoid yang mampu membunuh sel kanker.

3. Makan sayuran hijau akan memperbaiki kekebalan tubuh.

4. Mengonsumsi satu ons kacang-kacangan — walnut mentah tanpa dikupas, almond, dan hazelnut — setiap hari dapat memberikan efek baik bagi penderita obesitas, darah tinggi, dan diabetes. Ini karena kacang-kacangan mengandung asam lemak omega 9 atau asam lemak tak jenuh tunggal yang akan mengaktifkan kerja hormon insulin sehingga kadar gula darah lebih terkendali. Kacang-kacangan juga mengandung serotonin yang mengurangi rasa lapar sehingga dapat menurunkan berat badan dan membuat orang merasa lebih bahagia.

5. Bluberi — terutama yang ditanam di daerah tropis — membuat memiliki khasiat anti aging karena mengandung antioksidan.

6. Nutrisi dalam beberapa sayuran jenis kubis-kubisan — brokoli, kubis. dan kembang kol — mengandung zat antikanker.

7. Sayuran jenis kubis-kubisan ini harus dimakan aslinya, bukan dalam bentuk suplemen atau minuman kaleng karena mudah rusak oleh proses pengolahan.

8. Rajin makan sayuran dan buah (terutama tomat dan wortel) akan membuat kulit bersinar cerah.

9. Anggur melindungi sel kulit dari radiasi ultraviolet sehingga mencegah kanker kulit dan penuaan dini.

10. Kurangnya konsumsi buah dan sayur meningkatkan risiko konstipasi pada anak sebanyak 13 kali lipat.

11. Konsumsi lebih banyak tomat membuat tubuh lebih sehat. Tomat dapat mengurangi risiko penyakit pembesaran prostat, osteoporosis, kanker. kardiovaskular, dan kerusakan kulit.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: