Cara Tepat Membersihkan Wajah

April 5, 2014

cara membersihkan wajah

Apakah kita rajin merawat kebersihan muka? Jika iya, sebaiknya perhatikan cara kita melakukannya, sudah tepat atau belum? Mulai dari sabun wajah, milk cleanser, hingga toner. Membersihkan wajah sepertinya sesuatu yang sangat mudah. Akan tetapi, jika kamu salah melakukannya, bukannya membersihkan wajah, tapi justru membuat wajah menjadi bermasalah.

» Telitilah terlebih dahulu produk pembersih wajah. Setiap pembersih wajah memiliki kandungan yang berbeda untuk setiap jenis kulit (Baca juga Perawatan Wajah Sesuai Jenis Kulit). Selain itu, telitilah membaca kemasan untuk menghindari kulit dari alergi atau muncul jerawat saat memakai pembersih wajah yang tidak tepat. Pembersih yang baik dan tepat adalah jika setelah dipakai tidak menimbulkan rasa perih dan kering pada wajah.

» Sebelum membersihkan wajah, sebaiknya kucirlah rambut ke belakang atau gunakan bandana agar rambut tidak jatuh saat mencuci wajah.

» Awalilah dengan mencuci tangan sebelum membersihkan wajah. Hal ini bertujuan agar tangan bebas dari bakteri yang dapat berpindah ke wajah jika tangan tidak dicuci lebih dahulu.

» Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan pembersih riasan (make up remover) untuk mengangkat riasan agar pori-pori tidak tersumbat. Kemudian, cucilah wajah dengan pembersih wajah sesuai jenis kulit agar mendapatkan hasil maksimal dalam membersihkan wajah dari kotoran yang masih tersisa.

» Membasahi wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit agar kotoran dan debu dapat terangkat saat mencuci wajah. Kemudian basahi telapak tangan dengan air, ambil sedikit facial foam, gosoklah hingga berbusa. Oleskan pada seluruh wajah dengan gerakan memutar sambil dipijit perlahan-lahan agar sisa kotoran pada wajah keluar sekaligus untuk melancarkan peredaran darah.

» Bilaslah wajah dengan air dingin hingga bersih. Air dingin berguna untuk menutup pori-pori kulit.

» Jika sudah bersih dan tidak ada sabun yang tersisa, basuhlah wajah dan leher dengan menggunakan handuk lembut dengan cara menepuknya perlahan. Jangan terlalu keras dan kasar karena dapat membuat kulit menjadi kering dan lecet.

» Pada tahap akhir, gunakan toner untuk menyegarkan wajah setelah proses pembersihan. Toner berfungsi untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah. Untuk kulit kering hindari pemakaian toner karena akan membuat kulit makin kering atau gunakan toner khusus untuk kulit kering.

» Setelah toner meresap di wajah, gunakan night cream atau serum untuk membantu regenerasi dan nutrisi pada kulit wajah di malam hari

 

 

loading...

Previous post:

Next post: