Cara Merawat Rambut Berdasarkan Jenisnya

May 2, 2014

merawat rambut

Rambut adalah mahkota wanita. Sama halnya seperti wajah, rambut setiap orang memiliki tipe berbeda. Tentu saja, cara merawatnya juga berbeda karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda untuk rambutnya. Berikut jenis rambut dan perawatannya.

Rambut Berminyak

Rambut berminyak atau oily hair adalah rambut yang memiliki kelenjar minyak yang sangat aktif karena kadar hormon yang lebih tinggi. Tipe rambut ini sering kali terlihat lepek, lemas dan tidak hidup, serta berketombe karena menumpuknya minyak, debu, dan kotoran yang menempel. Untuk merawatnya, gunakan sampo yang mempunyai kadar asam seperti ekstrak lemon atau clarifying shampoo. Formula di dalamnya dapat mengurangi minyak dan lemak di kulit kepala agar rambut tidak mudah lepek, lakukan keramas tiga kali seminggu.

Rambut Kering

Rambut kering atau dry hair adalah rambut yang memiliki kadar minyak dibawah normal dan kurang kelembapannya. Rambut kering sering kali terlihat pecah-pecah, tidak sehat, mudah kusut, sulit disisir, dan sangat rapuh. Pakailah sampo yang mengandung minyak zaitun, minyak almond, madu, atau chamomile untuk menutrisi dan melembapkan rambut. Jangan malas memberikan kondisioner dan pelembap rambut agar rambut terasa lembut, halus, dan tidak mudah kusut.

Rambut Kombinasi

Rambut kombinasi atau combination hair adalah rambut kombinasi antara berminyak dan kering. Tipe rambut ini mengandung minyak di bagian kulit kepalanya namun di ujung rambut kering dan pecah-pecah. Untuk perawatannya jangan menggunakan sampo untuk rambut berminyak tapi gunakan daily sampoo. Jangan gunakan sampo terlalu banyak, cukup pada kulit kepala. Pakailah kondisioner pada bagian ujung rambut untuk mengatasi kering dan pecah-pecah.

Rambut Normal

Rambut normal atau normal hair adalah rambut yang tidak berminyak dan tidak kering karena kadar minyak pada kulit kepala cenderung seimbang. Perawatannya sangat mudah dibandingkan dengan tipe rambut lain. Penggunaan daily shampoo adalah pilihan yang tepat. Sampo ini mengandung PH seimbang dan berfungsi untuk pemakaian setiap hari. Untuk hasil maksimal, gunakan sampo jenis ini dengan teratur agar rambut sehat dan lembut.

Bahan Alami Untuk Rambut Indah Terawat

Memiliki rambut hitam, lembut, kuat, subur, dan indah selalu menjadi dambaan setiap wanita. Namun, tidak semua orang memiliki rambut indah dan sehat karena adanya masalah rambut yang sering muncul seperti rontok, kering, berketombe, atau lepek. Namun, tidak perlu khawatir. Ada banyak sekali bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah rambut dan membuat rambut tergerai indah dan sehat. Mau tahu apa saja bahan alami tersebut? Perhatikan tips-tips untuk mendapatkan rambut indah dan sehat dengan bahan-bahan alami berikut ini.

Lidah Buaya

Lidah buaya sangat ampuh menyuburkan dan menutrisi rambut. Oleskan atau gosoklah lendir lidah buaya pada kulit kepala, pijatlah lembut agar nutrisi dapat terserap, lalu diamkan selama 15 menit. Bersihkan dengan sampo. Lakukan tiga kali dalam seminggu secara rutin.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mujarab dijadikan perawatan rambut untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan menghaluskan rambut. Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala yang sudah dicuci. Pijat dan diamkan semalaman. Pagi harinya, cucilah dengan sampo hingga bersih.

Santan Kelapa

Santan kelapa melembutkan dan mengilapkan rambut, serta merangsang pertumbuhan rambut. Aplikasikan santan pada kulit kepala. Kemudian lakukan steaming pada rambut atau tutuplah rambut dengan handuk hangat. Diamkan selama 15 menit. Lalu, bilaslah dengan air dingin.

Madu

Madu berkhasiat merangsang pertumbuhan rambut dan menghaluskan rambut serta menguatkan akar rambut. Oleskan madu di kulit kepala, pijat dan diamkan selama 15 menit, lalu bilaslah hingga bersih.

Seledri

Seledri memiliki kandungan bermanfaat seperti kalsium, zat besi, natrium, serta vitamin A dan B. Manfaat inilah yang membuat seledri mampu menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat, kuat, dan berkilau.

Bawang Merah

Bawang merah tidak hanya berkhasiat menyedapkan masakan tapi dapat mencegah kerontokan pada rambut. Cukup dengan mengonsumsi bawang merah mentah.

Minyak Kemiri

Minyak kemiri memiliki kemampuan untuk memperbaiki dan memperkuat rambut serta menguatkan akar. Gunakan minyak kemiri untuk creambath. Lalu, bilas hingga bersih. Sesudahnya, keramas rambut dengan sampo untuk menghilangkan bau menyengat.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: