Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Ramuan Herbal

July 11, 2015

menurunkan kolesterol

Saat kadar kolesterol tinggi dalam darah, tidak ada tanda-tanda peringatan hingga penyumbatan di salah satu jaringan arteri benar-benar terjadi. Kolesterol merupakan salah satu komponen utama dari lapisan sedimen yang terakumulasi dalam dinding arteri.

Total kadar kolesterol yang meningkat secara berlebihan dari ukuran aman dianggap telah melebihi batas normal. Total kolesterol dalam darah terdiri atas protein lemak (lipoprotein) yang rendah densitasnya (low-density lipoprotein (LDL)), tinggi densitasnya (high density lipoprotein (HDL)), dan yang sangat rendah densitasnya (very low-density lipoprotein (VLDL)).

LDL adalah kolesterol jahat. Peningkatan kadarnya membentuk lapisan sedimen di atas dinding arteri sehingga membuatnya sempit dan menyumbat aliran darah. Sebaliknya, HDL bekerja mencegah pembentukan lapisan tersebut. Sumber HDL adalah makanan kaya lemak jenuh, khususnya lemak tak jenuh tunggal.

Kadar kolesterol dianggap aman ketika mencapai hingga 200 mg/dl dalam darah dan tingkat normal berkisar 170—190. Jika kolesterol kurang dari 150 mg, akan menyebabkan timbulnya penyakit liver, paru-paru, dan stroke. Adapun jika lebih dari 200 mg, berisiko pada terjadinya serangan jantung.

Pencegahan

Disiplin dalam mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemah tak jenuh rendah, memperbanyak konsumsi buah, sayuran, dan serat. Selain itu, konsisten melakukan olahraga, mengurangi berat badan, dan menghindar secara total dari alkohol dan rokok.

Pasien juga harus memperhatikan obat-obatan yang dianggap berisiko meningkatkan kadar kolesterol. Di samping itu, menambahkan lemak tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun, meningkatkan konsumsi minyak ikan dan serat makanan (dari buah dan sayuran segar), dan mengonsumsi susu tanpa lemak atau dengan sedikit lemak. (Baca juga: Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kolesterol Dalam Darah)

Pengobatan Herbal Kolesterol

Berikut adalah beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami yang bisa anda coba di rumah:

a. Psyllium

Psyllium kaya serat dan jeli nabati. Biji-bijinya yang telah digiling memiliki serat kualitas premium. Dianjurkan untuk banyak minum saat mengonsumsinya. Serat psyllium disebut mucilage yang bekerja menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

b. Wortel

Wortel kaya akan serat pectin yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Makanlah dua atau tiga buah wortel. Jangan minum jus wortel dengan membuang seratnya karena zat pectin ada dalam seratnya. Wortel utuh dapat dilumat dengan blender. Oleh karena itu, minumlah jus tersebut setiap hari.

c. Jahe

Jahe bekerja menurunkan kadar kolesterol dengan adanya zat gingerols.

d. Kacang

Kacang kaya akan serat dan mampu menurunkan kadar lemak. Itu sudah cukup untuk menjadikannya media penurun kadar kolesterol. Kacang juga mengandung lechitin, yaitu zat yang membantu menurunkan level kolesterol. Sepiring kecil kacang setiap hari membantu menurunkan 20% kadar kolesterol.

e. Bawang Putih

Makanlah satu siung bawang putih setiap hari. Hal itu akan menurunkan 10% kadar kolesterol.

f. Bawang Merah

Satu sendok teh minyak bawang setiap hari akan menurunkan 20% kadar kolesterol.

g. Seledri

Jus seledri membantu menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan dan menurunkan level kolesterol LDL dalam jumlah yang signifikan.

h. Kelabat

Kelabat menurunkan kadar kolesterol karena mengandung serat mucilage, yaitu zat yang membuat nyaman.

i. Avokad

Avokad menurunkan kolesterol LDL. Beberapa studi menunjukkan bahwa buah tersebut makin terasa khasiatnya jika dikonsumsi dengan minyak tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun atau dengan karbohidrat kompleks, seperti tepung jagung (starch).

j. Wijen

Wijen mengandung senyawa fitosterol yang mengusir kolesteroi dari darah. Cara mengonsumsinya bisa dengan memakannya langsung atau minyaknya.

k. Safflower

Safflower mengurangi kolesterol total sebesar 10% dan mengurangi kolesterol LDL yang jahat sebesar 20% jika minyak goreng biasa diganti dengan minyak safflower dalam makanan sehari-hari.

l. Shitake

Shitake mengandung senyawa lentinan yang mempunyai efek menurunkan kolesterol. Selain itu, shitake juga berfungsi sebagai antitumor dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

m. Buah-buahan

Buah-buahan yang dapat menurunkan kolesterol, antara lain stroberi, misymisy (aprikot), dan buah tin. Buah-buahan tersebut mengandung bahan fitosterol, yang menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

n. Kacang-kacangan

Walnut dan hazelnut dikenal efektif menurunkan kolesterol. Walnut mengandung serotonin yang membuat perut merasa kenyang dan penuh sehingga mengurangi intensitas makan dan mengatur kadar kolesterol.

o. Artichoke

Rebus artichoke dengan habbah sauda’ (jintan hitam), lalu dimakan. Hal itu memiliki efek yang baik untuk tubuh.

Semoga cara-cara menurunkan kolesterol diatas bermanfaat untuk anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: