Cara Mengobati Herpes Dengan Ramuan Herbal

August 22, 2015

mengobati herpes

Herpes adalah penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Penyakit tersebut akan terus menyertai orang yang mengidapnya sepanjang hidup. Penyebab herpes adalah virus herpes simplex yang menyebar melalui sentuhan kulit ke kulit saat berhubungan seksual.

Di antara gejala penyakit herpes adalah adanya gelembung-gelembung yang menimbulkan nyeri pada penis atau vagina, disertai demam, pembesaran kelenjar getah bening di daerah selangkangan, rasa terbakar pada saat berkemih, sakit kepala, dan gejala yang mirip influenza.

Serangan pertama berlanjut hingga gelembung-gelembung tersebut pecah dalam beberapa minggu. Serangan-serangan selanjutnya datang dan pergi beberapa kali dalam satu tahun atau tidak berulang sama sekali. Herpes simplex muncul dalam dua bentuk, herpes zoster (cold sores) dan herpes genital. Herpes merupakan penyakit yang sangat menular dan yang menjadi sumber penyakit adalah para pengidapnya.

Pencegahan Herpes

Pencegahan terbaik adalah dengan menjaga kehormatan diri dalam berhubungan seksual, tidak melakukan hubungan yang haram di luar pernikahan, dan menjauhi setiap hal yang mendekati zina. Itulah cara yang terbaik dan pengobatan yang paling ideal.

Pengobatan Herbal

Berikut adalah beberapa cara mengobati herpes secara herbal yang bisa anda coba di rumah:

a. Lemon Balm

Lemon balm menunjukkan karakteristik antivirus dan antiherpes karena memproduksi senyawa polifenol, di antaranya asam tannic. Sel-sel tubuh mengandung reseptor yang berkaitan dengan virus. Saat virus berusaha menguasai sel-sel tersebut, senyawa polifenol memiliki kemampuan untuk menguasai tempat-tempat reseptor virus pada sel.

Ia juga bekerja mencegah virus lekat dengan sel-sel tersebut setelah berhasil menguasai tempat-tempatnya. Dengan demikian, infeksi dapat dicegah penyebarannya. Lemon balm mengandung beberapa vitamin dan antioksidan yang mampu mengenyahkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

Untuk membuat krim yang mengatasi herpes, dapat dilakukan dengan mendidihkan minyak zaitun atau minyak kelapa, dan ditambahkan lilin madu lebah. Lalu, beri lemon balm bubuk, campur dan saring. Diamkan hingga dingin. Selain menggunakan krim ini, minumlah minuman lemon balm. Cara membuatnya adalah didihkan 3 sendok lemon balm pada satu gelas air.

b. St. John’s Wort

Dalam herbal tersebut terdapat herpericin yang membantu mengenyahkan herpes simplex dan beberapa virus lain. Lima sendok St. John’s Wort dengan segelas air mendidih dapat dibuat teh. Gunakan teh tersebut sebagai kompres luka herpes dengan sepotong kain. Selain itu, dengan mengkonsumsi minumannya.

c. Cabe Merah

Kandungan utama cabe merah adalah capsaicin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat tersebut memiliki kemampuan untuk mencegah meletusnya gelembung herpes. Jika digunakan pada tempat yang nyeri, hal itu akan membantu meringankan nyeri yang disebabkan lukanya. Namun, bagi sebagian orang, dapat menyebabkan iritasi lokal, sehingga harus digunakan dengan hati-hati.

d. Echinacea

Echinacea efektif terhadap virus dan membangunkan sistem kekebalan tubuh. Herbal tersebut juga meredakan rasa kulit mau retak, yang biasanya menyertai borok herpes. Echinacea pada kasus herpes, dipakai sebagai pewarna. Tambahkan setengah sendok teh Echinacea pada teh atau jus. Konsumsilah tiga kali sehari.

e. Bawang Putih

Bawang putih sebagaimana diketahui, efektif membunuh virus dan melawan berbagai jenis virus herpes dan influenza. Didihkan beberapa siung bawang putih dan buatlah minuman atau dapat dipotong-potong, lalu dicincang dan diminum bersama jus wortel. Cara lainnya adalah tambahkan cengkeh pada cincangan bawang putih tersebut dan dibuat salad atau tambahkan saja pada berbagai makanan. Untuk melenyapkan efek bau yang tidak dinginkan setelah mengonsumsi bawang putih, makanlah daun mint atau beberapa batang peterseli.

f. Golden Seal

Golden seal adalah antibiotik dan antivirus yang efektif, mengandung dua senyawa aktif, yaitu berberine dan hydrastrine. Kedua senyawa tersebut merupakan obat yang sukses dalam mengatasi peradangan akut yang timbul bersama herpes. Daun golden seal dapat dibuat minuman herbal atau cairan yang dihasilkan dipakai sebagai kompres.

Tempatkan pada daerah borok herpes berada. Di samping antivirus, golden seal juga stimulan bagi sistem kekebalan tubuh individu jika digunakan dalam bentuk rendaman atau bubuk. Daun atau akarnya dibuat bubuk dan direndam dalam air semalaman. Minumlah ramuannya setelah diberi akar licorice atau madu. Ketika ramuan ini telah masuk ke dalam tubuh, ia akan membantu mengenyahkan bakteri dan jamur, bahkan parasit yang membuat virus makin jahat dan menjadi-jadi.

g. Asam Amino

Asam arginine pada dasarnya dianggap sebagai zat yang memperbanyak virus herpes. Lysine dianggap sebagai penghambat virus dalam memperbanyak diri. Oleh karena itu, para herbalis berusaha untuk menemukan tanaman yang mengandung lysine (asam aminonya memerlukan asam arginine).

Ada beberapa buah-buahan yang jenisnya jarang ditemukan (di negara Timur Tengah), seperti belimbing dan pepaya. Namun, ada beberapa buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan lysine berlimpah. Kelompok buah ini, antara lain peach, pir, tin, apel, jeruk keprok (grapefruit). Adapun kelompok sayuran, antara lain kacang hitam, cabe, dan kedelai.

h. Minyak Atsiri

Ada beberapa minyak atsiri yang harum dan digunakan dengan sukses mengatasi herpes. Minyak-minyak tersebut dipakai dengan cara menuangkan beberapa tetes pada sepotong kain bersih atau meneteskannya langsung pada tempat yang terserang virus.

Di antara minyak atsiri tersebut, ada minyak echinocea, minyak bunga mawar, minyak pohon eukaliptus, minyak bergamot, dan minyak lemon. Minyak atsiri merupakan ekstrak dengan konsentrat tinggi, tidak boleh diberikan secara oral. Sedikit saja dari minyak-minyak tersebut, bisa jadi beracun. Bahkan, menyebabkan kematian.

i. Beberapa Minuman Herbal

Beberapa minuman herbal yang memiliki kemampuan melawan virus dan menstimulasi aktivitas virus, antara lain teh yang mengandung zat penghambat, apel yang mengandung pektin. Dalam kelompok buah-buahan, ada plum, anggur, pir, peach, dan tin. Buah-buahan tersebut mengandung tanin yang berkontribusi dalam menumpas virus herpes.

Semoga artikel cara mengobati herpes diatas dapat menambah wawasan kesehatan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: