Cara Mengobati Batu Ginjal Dengan Ramuan Herbal

August 9, 2015

penyakit batu ginjal

Batu ginjal adalah zat padat yang terbentuk dalam ginjal. Benda padat tersebut mengumpul di dalam ginjal atau masuk ke ureter atau kantung kemih. Akhirnya, melalui saluran kemih dan keluar dari tubuh. Penyebab terbentuknya batu ginjal adalah akumulasi berlebihan dari kristalisasi beberapa garam mineral dalam ginjal. Di antara gejalanya adalah adanya nyeri yang timbul di bawah punggung, sakit perut, infeksi saluran kemih, demam, rasa terbakar pada saat kencing, dan dapat disertai darah pada air kencing.

Ada beberapa zat tertentu yang membentuk batu ginjal, antara lain kalsium oksalat, kalsium fosfat, magnesium amonium fosfat, uric acid, dan cystine. Zat-zat tersebut mengental dalam kemih hingga mengendap dan memadat. Beberapa makanan yang kaya akan oksalat, yaitu kopi, teh, bayam, tomat, dan krokot/ gelang biasa.

Pencegahan Batu Ginjal

Hindarilah makanan yang menyebabkan adanya mineral, perbanyak minum, dan berusaha untuk tidak menahan kencing.

Pengobatan Herbal

Berikut adalah cara mengobati batu ginjal yang bisa anda coba di rumah:

a. Celandine

Celandine mengandung chelidonine, zat yang menenangkan otot-otot tak sadar dalam ureter. Ia juga membantu batu melewati saluran kemih dan membuangnya.

b. Pepermin

Minuman daun pepermin kering berfungsi untuk mengurangi konsentrasi urine sehingga tidak membentuk batu.

c. Horsetail

Horsetail digunakan untuk kesehatan saluran kemih secara umum. Herbal ini sangat bermanfaat untuk mengobati batu ginjal. Horsetail bersifat diuretik dan mengeluarkan banyak kemih sehingga mencegah pembentukan batu ginjal.

d. Jahe

Jahe dibuat koyo panas. Caranya, rebus daun jahe atau rimpangnya yang kering dengan sedikit air. Didihkan hingga airnya hampir menguap habis. Bungkus hasil rebusan tadi dalam kain kasa dan tempatkan pada kulit di daerah yang terasa nyeri. Sering kali tempat yang terasa nyeri tersebut adalah ginjal atau ureter, saat batu bergesekan ketika kemih akan keluar. Koyo tersebut untuk mengatasi iritasi pada permukaan kulit sehingga meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh batu yang berada dalam ureter atau ginjal atau kandung kemih.

e. Couchgrass

Couchgrass mencegah pembentukan batu ginjal dan mengatasi gangguan yang disebabkan oleh batu di saluran kemih dengan cara menyiapkan otot tak sadar agar relaks sehingga tidak merasakan sakit.

Herbal tersebut memiliki bagian yang menonjol di atas tanah dan bagian yang berada di dalam tanah. Potong bagian yang ada di bawah tanah, lalu rendam selama seperempat jam dalam air mendidih. Minumlah satu gelas setiap 6 jam, sampai batu ginjal keluar dan nyeri reda.

f. Milk thistle

Milk thistle mengandung silymarin, senyawa yang melindungi saluran kemih dan mengurangi kemungkinan pembentukan batu di uretra atau dalam wadah ginjal. Minumlah rendaman akar atau daun milk thistle setelah dididihkan. Masukkan satu sendok air rebusannya dalam secangkir air. Minumlah tiga gelas setiap hari.

g. Jelatang (Stinging Rettle)

Minumlah beberapa gelas minuman jelatang yang bekerja melindungi dari batu ginjal dan mengobatinya. Rendam satu sendok makan jelatang kering dalam air dingin selama seperempat jam. Kemudian, didihkan selama seperempat jam juga dalam dua gelas air untuk menghasilkan satu cangkir ramuan. Masukkan sekitar satu sendok teh cuka atau jus lemon. Minumlah pagi dan sore hari.

h. Kunyit

Kunyit mengandung curcumin, senyawa yang berguna untuk mengatasi batu ginjal dan kandung empedu. Kunyit dapat digunakan sebagai bumbu untuk berbagai makanan. Bisa juga dibuat minuman herbal dari rimpangnya yang kuning atau daunnya yang hijau. Didihkan kunyit bubuk atau daunnya dalam secangkir air, lalu minumlah tiga kali sehari.

i. Golden rod

Golden rod mengandung senyawa leiocarposide, diuretik bagi kemih dan membantu tubuh untuk mengeluarkan kelebihan cairan. Herbal ini mengobati infeksi akut dan kronis pada ginjal karena pengaruhnya terhadap sel-sel ginjal. Herbal ini juga mencegah pembentukan batu ginjal. Jadi, golden rod bersifat mengobati dan mencegah.

Penggunaan bagian golden rod yang terbaik adalah bunganya yang telah dikeringkan. Bunganya yang kering dapat dibuat minuman herbal untuk ginjal. Masukkan lima sendok teh pada secangkir air yang telah dididihkan. Minumlah tiga gelas setiap hari. Disarankan untuk diberi madu atau gula nabati.

j. Lovage (Lovisticum Officinale)

Lovage adalah bahan diuretik. Oleh karena itu, digunakan secara luas dalam pengobatan batu yang menghambat pergerakan urine atau bekerja pada konsentrasi kemih. Bubuhkan tiga sendok teh lovage kering per cangkir air mendidih dan minum sehari sekali.

k. Teh Jawa (Java Tea)

Daun teh jawa terkenal dalam pengobatan batu ginjal. Teh jawa membantu mengendurkan otot-otot ureter sehingga membantu batu ginjal melewati otot-otot tersebut menuju kandung kemih, lalu ke uretra dan ke luar tubuh. Dengan membuka kedua ureter, kemih dikeluarkan. Gunakan lima sendok kecil teh jawa untuk satu cangkir air mendidih. Minumlah di pagi hari.

l. Peterseli

Peterseli adalah diuretik sehingga mencegah konsentrasi garam menjadi batu ginjal atau membantu mengusir batu yang keras melalui saluran kemih. Daun peterseli atau batangnya yang hijau dapat dikunyah langsung, ditambahkan ke salad, dan dimasukkan pada sup. Bisa juga dengan merebus akarnya yang telah dikeringkan sebanyak satu sendok makan pada setengah cangkir air mendidih. Minum pagi dan sore hari.

m. Verbena

Verbena mengandung senyawa rosmarinic, yang memengaruhi kadar hormon yang meningkatkan hormon tiroid sehingga mengeluarkan kemih dan mencegah pembentukan batu ginjal. Gunakan ekstrak herbal ini untuk pencegahan dan pengobatan batu ginjal.

n. Kurma

Ambillah biji kurma dan bakar dengan sempurna. Setelah itu, giling seperti kopi dan uleni dengan madu. Makanlah satu sendok teh pada waktu perut kosong. Lanjutkan dengan jus tebu secukupnya.

o. Jagung

Rebus rambut jagung dengan baik, lalu beri gula nabati atau madu stevia. Boleh juga dengan gula biasa. Minumlah satu gelas sebelum makan tiga kali sehari.

p. Sereh

Rebus sereh dengan sempurna selama seperempat jam. Minumlah satu cangkir di pagi hari saat perut kosong dan malam hari sebelum tidur. Boleh juga diberi madu.

q. Barley

Rebus barley dengan baik, kemudian saring airnya. Masukkan satu sendok jus untuk setiap cangkir air barley dan tambahkan dengan madu. Makanlah dua cangkir sup tersebut sebelum tidur dan secangkir pada pagi hari. Lanjutkan dengan memperbanyak makan daun peterseli atau batangnya yang hijau.

r. Anggur

Minum jus anggur segar. Caranya, haluskan dengan blender beserta bijinya dan saring. Masukkan beberapa tetes jus lemon dan minum setengah liter jus tersebut malam sebelum tidur.

s. Tebu

Jus tebu bersifat diuretik dan juga mencegah konsentrasi mineral. Dengan demikian, tebu dapat melindungi ginjal dari pembentukan batu yang ada di saluran kemih.

t. Olive Israel

Ambil zaitun Israel (batu zion), haluskan. Setelah itu, ambil setengah sendok makan dan dilarutkan dalam segelas limun. Minumlah pada saat perut kosong dan sebelum tidur (tidak boleh dikonsumsi lebih dari dua minggu).

Resep Memecah Batu Ginjal

1. Ambil cangkang telur, haluskan dan beri perasan lemon. Beri madu putih atau jus tebu, dan minumlah pada waktu perut kosong.

2. Haluskan biji kurma dan tambahkan bunga achillea bubuk. Lanjutkan dengan memakan sup barley dan air rebusan sereh.

Semoga artikel cara mengobati batu ginjal diatas dapat membawa manfaat untuk anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: