Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

March 18, 2015

rambut rontok

Rambut rontok berarti hilangnya rambut dengan cara tidak alami, baik itu dari wajah maupun kulit kepala. Salah satu gejalanya adalah rambut menjadi ringan dan berjatuhan dalam jumlah banyak dari kulit kepala, jenggot, atau alis.

Genetika menjadi penyebab utama rontoknya rambut, di samping stres dan tegang. Namun, ada juga beberapa hal yang dapat membuat rambut rontok, seperti rebonding, rambut patah, atau di-blow dengan cara yang menyakitkan bagi kulit kepala. Bisa juga disebabkan oleh gizi buruk, infeksi mikrob, penyakit organ dalam, atau obat-obatan tertentu, seperti obat pembasmi kanker.

Pencegahan Rambut Rontok

Gunakan sisir dengan gigi renggang dan hindari produk rambut yang mengandung gel, hair spray, pengasapan, atau pewarna rambut.

Pengobatan Herbal

1. Gentiana

Gentiana memberi efek yang signifikan dalam mencegah kerontokan rambut, meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, memperbesar arteri kecil yang mencapai rambut, dan memberi nutrisi pada akar rambut. Gentiana juga memiliki efek menguatkan folikel rambut sehingga membuatnya menjadi kukuh dan tidak mudah rontok. Ia memberi nutrisi pada rambut dan memberinya daya tahan.

2. Bawang Merah

Bawang merah mengandung senyawa quercetin yang memiliki kemampuan besar dalam menutrisi kulit, melancarkan sirkulasi darah ke dalamnya, termasuk kulit kepala. Ketika teraliri darah, senyawa tersebut bekerja menyehatkan folikel rambut dengan vitamin, mineral dan logam yang dibutuhkan, serta untuk menumbuhkan rambut dan mencegah kerontokannya.

3. Cress (Camcuruih)

Minyak biji cress atau ekstrak cress yang dikeringkan dipakai di kulit kepala yang rontok rambutnya. Herbal ini mengandung zat isothiocyanate, yang menyuburkan rambut.

4. Ketumbar (Coriander)

Ketumbar mengandung zat mematikan bagi bakteri dan parasit rambut, yang merupakan salah satu penyebab utama kerontokan rambut dan kelemahan folikelnya.

Minyak ketumbar dapat digunakan di tempat yang rontok atau dedaunan keringnya dipakai sebagai pencuci rambut.

5. Malva

Malva mengandung cairan menetes dari daunnya, yang disebut mucilage/lendir. Cairan ini digunakan pada kulit kepala untuk mengobatinya.

Herbal yang Bermanfaat untuk Rambut

Ada beberapa herbal lain yang berhasil mengatasi rambut rontok, terutama lidah buaya. Bisa menggunakan gel yang dihasilkan dari daunnya yang segar, minyaknya, ataupun dalam bentuk yang sudah dikeringkan. Ada juga selada air dan jintan hitam (habbah sauda’), cengkeh, henna (daun pacar), kamper, dan dill.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: