Cara Mengatasi Nyeri Haid Dengan Ramuan Herbal

August 29, 2015

mengatasi nyeri haid

Wanita biasanya merasa nyeri luar biasa di perut, atas paha, bawah punggung, maag, kontraksi pada rahim, mual, diare, pusing, dan terkadang menyebabkan muntah ketika haid berlangsung.

Semua itu terjadi karena kontraksi rahim. Penyebab kontraksi sendiri adalah senyawa yang ada pada tubuh yang disebut prostaglandin. Ketika haid datang, nyeri tersebut dapat menyerang rahim dengan kekuatan yang berlipat dan beberapa kali daripada kondisi biasa sehingga pasokan darah dan oksigen terputus.

Nyeri haid dapat meningkat setelah masa tertentu, kemudian kembali pada kondisi normalnya. Di antara masa tersebut adalah kehamilan, masa menyusui, tekanan emosional, gangguan psikologis, tindakan bedah pada bagian sistem reproduksi, dan berhenti mengonsumsi obat-obatan kontrasepsi. Haid bulanan akan normal kembali setelah masa-masa tersebut.

Pencegahan Nyeri Haid

Pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan olahraga, mengonsumsi makanan seimbang, mengurangi stres, dan istirahat yang cukup pada saat haid berlangsung.

Pengobatan Herbal

Berikut adalah beberapa cara herbal yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri haid :

a. Black Haw

Black haw dikenal dengan herbal kram yang dianggap sebagai obat aman untuk kram yang terjadi pada saat haid (menstrual cramps). Herbal tersebut mengandung skopolatin dan askolatin, zat yang meredakan kram pada otot-otot rahim. Gunakan kulit pohon black haw kering, masukkan satu sendok teh pada segelas air mendidih. Minumlah tiga gelas setiap hari pada saat haid berlangsung.

b. Raspberry

Teh herbal yang dibuat dari daun raspberry digunakan untuk mengurangi kontraksi rahim pada saat haid. Herbal tersebut membuat rahim rileks dan meringankan berbagai masalah rahim. Raspberry mengandung pycnoginol, yaitu zat efektif untuk meredakan nyeri dan kram rahim. Tambahkan dua sendok raspberry (daun raspberry kering) pada segelas air mendidih. Minumlah pagi dan sore.

c. Stroberi

Jus stroberi, minuman yang terbuat dari daun stroberi kering, atau jus daun segarnya dikonsumsi untuk meringankan kram saat haid. Stroberi mengandung asam ellagic yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan rahim. Stroberi juga kaya akan mineral dan vitamin penting.

d. Angelica

Angelica adalah herbal yang paling banyak digunakan dalam kedokteran China. Ia menguatkan kondisi kaum perempuan pada kasus kram saat haid. Angelica dipercaya dapat mengatasi hampir semua penyakit ginekologi. Pada kasus nyeri haid dan sindrom pramenstruasi, herbal tersebut meringankan masalah kram rahim dan nyeri pada bawah perut, serta punggung. Buatlah minuman herbal dari daun-daunnya yang kering.

e. Bilberry

Bilberry mengandung anthocyanidin, yaitu bahan kimia yang memiliki keistimewaan dalam merelaksasi otot rahim, dan juga mengandung zat khusus yang meredakan kram pada saat haid. Gunakan ekstrak bilberry atau buatlah minuman dengan menambahkan dua sendok herbal kering ke dalam segelas air mendidih. Minumlah tiga kali sehari.

f. Jahe

Jahe digunakan untuk mendorong keluarnya darah haid. Hal itu memudahkan selesainya haid dan darah dapat mengalir lancar tanpa nyeri. Jahe juga menenangkan stres dan mengatasi sakit pada pencernaan yang menyertai haid, seperti kembung, sembelit atau diare, dan kolik pada usus. Jahe mengandung pereda nyeri (analgesik) dan mencegah kram.

g. Squaw Vine

Orang-orang Indian menggunakannya dengan sukses sebagai obat untuk mengatasi nyeri haid dan gangguan lain yang menyertainya, seperti kram. Selain itu, ia memudahkan aliran darah haid keluar.

h. Chamomile

Chamomile dipakai sebagai minuman penenang, terutama saat tidur di masa haid. Selain itu, chamomile merupakan antiseptik kuat untuk sistem pencernaan. Chamomile mengatasi nyeri pada pencernaan yang menyertai haid. Minum minuman chamomile bermanfaat. Namun, pasta chamomile kandungannya lebih terkonsentrasi sehingga ampuh mengatasi nyeri haid.

i. Kava-Kava

Kava-kava meredakan nyeri karena mengandung bahan analgesik yang mirip aspirin. Kava-kava termasuk analgesik kuat yang dapat menyebabkan kantuk karena merelaksasi otot dan mengatasi kram.

j. Red Clover (Trifolium Pratense)

Red clover kaya akan astrogen nabati (formanoeitin) yang membantu menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh. Hal itu akan mengurangi kontraksi dan nyeri haid. Teteskan sedikit saja dari ekstrak red clover pada teh, jus, minuman chamomile, atau jahe. Minumlah tiga kali sehari.

k. Yarrow

Yarrow bermanfaat untuk mengatasi kram pada saat haid. Dalam herbal tersebut terdapat beberapa senyawa yang membuat otot-otot relaks. Dari yarrow dapat dibuat minuman herbal.

l. Geranium Liar

Geranium mengandung tanin, zat penghambat yang membantu menuntaskan nyeri yang menyertai haid.

Semoga artikel cara mengatasi nyeri haid diatas bermanfaat untuk anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: