Buah Segar Tangkal Radikal Bebas

October 10, 2013

buah segar

Meningkatnya industri berskala besar, tingginya angka kendaraan bermotor, hingga pergeseran gaya hidup di kota-kota besar menyebabkan tingkat polusi udara kian menanjak. Jika kondisi seperti ini dibiarkan terus-menerus, udara bersih, segar, dan sejuk lambat laun akan sulit didapat. Selain itu, radikal bebas klan “berkeliaran”.

Memang tubuh kita mempunyai kekuatan untuk menetralisasi radikal bebas, tetapi bukan dalam jumlah berlebih. Oleh karena itu, kita harus mengambil langkah-langkah nyata agar kesehatan tetap terjaga, sederhana saja, misalnya dengan mengonsumsi buah-buahan segar bervitamin.

Jeruk merupakan salah satu buah tepat dijadikan pelengkap dalam bersantap. Selain menyegarkan, buah ini mempunyai beragam manfaat, di antaranya sebagai sumber vitamin C yang mampu melemahkan radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh. Tanah Indonesia yang subur menjadi salah satu alasan buah ini begitu mudah didapat di pasaran dengan beragam jenis.

Selain jeruk, nanas layak dipilih untuk kesehatan. Hal tersebut lantaran zat antioksidan yang terkandung di dalamnya bermanfaat menekan pertumbuhan radikal bebas dalam tubuh. Tak hanya itu, buah tropis yang terkenal ini juga mengandung serotin yang dapat mencegah kanker.

Pilihlah nanas yang baik dan segar. Ketika hendak membeli nanas di pasar atau toko buah, tariklah daun nanas perlahan. Bila daunnya dapat Anda cabut dengan mudah, buah tersebut telah matang. Untuk lebih memastikan nanas tersebut matang dan manis, Anda dapat mencium aroma yang keluar Jika aromanya wangi, hampir dapat dipastikan buah ini memiliki rasa manis.

Buah lainnya seperti apel juga baik dikonsumsi sebagai pendongkrak kesehatan. Buah yang banyak dijadikan bahan salad maupun pilihan jus buah memiliki kandungan kalium, natrium, serta vitamin C yang tinggi.

Apel juga dinilai mampu membantu menurunkan risiko kanker usus dan kanker paru-paru karena mengandung zat flavonoid. Zat antioksidan yang tinggi di dalamnya juga dapat membantu melawan “kolesterol jahat” dan membantu meningkatkan “kolesterol baik” dalam tubuh. Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah dengan kolesterol. Sudahkah Anda mengonsumsi buah hari ini?

 

 

loading...

Previous post:

Next post: