Buah Rambutan, si Ratu Vitamin C

April 29, 2014

buah rambutan

Buah rambutan (Nephelium lappaceum L) adalah buah tropis musiman. Jika musim buah rambutan tiba, harga buah ini sangat murah dan terjangkau semua kalangan masyarakat. Namun banyak yang memandang sebelah mata dengan buah ini, mungkin karena harganya yang murah. Padahal ditilik dari sisi nutrisi, rambutan adalah ratunya vitamin C.

Indonesia harus bangga, karena rambutan adalah salah satu buah asli Indonesia. Banyak sekali varietas rambutan di negara ini, seperti rambutan Rapiah dari Pasar Minggu, Antalagi dari Kalimantan Selatan, Binjai dari dari Pasar Minggu, Nona dari Riau, Bahrang dari Langkat, dan rambutan Narmada dari Nusa Tenggara Barat. Apapun jenis rambutannya, semuanya memiliki ciri khas yang mirip, yaitu memiliki bulu, berdaging putih dan memiliki biji pada bagian tengahnya.

Bulan Maret, April, dan Desember biasanya musim buah rambutan. Harga buah ini menjadi sangat terjangkau dan mudah dijumpai disekitar kita. Tanaman ini juga mudah tumbuh dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Mungkin, Anda juga memiliki tanaman rambutan di pekarangan rumah Anda, karena tanaman ini mudah tumbuh dan tidak manja di dalam perawatan.

Vitamin C Rambutan Lebih Tinggi dari Jeruk, Apel, Anggur dan Pisang

Sering dianggap sebagai buah murahan dan tidak bergengsi menyebabkan buah rambutan kurang disukai oleh banyak orang. Padahal jika dilihat dari kandungan nutrisi di dalamnya, buah rambutan memiliki vitamin C dengan kadar yang lebih tinggi dibanding apel, anggur, jeruk dan pisang, padahal mereka memiliki harga yang relatif lebih mahal. Setiap 10 g buah rambutan memiliki kandungan vitamin C sebanyak 5.8 mg, jauh diatas kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk (4.9 mg), apel (0.5 mg), pisang (0.9 mg), dan anggur (0.3 mg).

Dalam kondisi tubuh normal kebutuhan harian tubuh akan vitamin C adalah 60 mg-100 mg. Daging buah rambutan juga mudah dicerna. Menurut pakar ilmu pangan Prof. Dr. Ir. Made Astawan, Ms. Selain kaya vitamin C, rambutan juga mengandung banyak unsur gizi yang lain, seperti kalium, kalsium, besi, dan fosfor. Berikut tabel kandungan zat gizi buah rambutan per 100 g.

– Energi 69 kkal
– Protein 0.9 g
– Lemak 0.1 g
– Karbohidrat 18.1 g
– Kalsium 16 mg
– Fosfor 16 mg
– Besi 0.5 mg
– Vitamin C 58 mg

Prof Made menambahkan, jika di dalam buah rambutan juga mengandung berbagai jenis gula buah yang sehat. Kandungan kadar gula per 100 g daging buah adalah glukosa (2.8 g), fruktosa (3.0 g), sukrosa (9.9 g). Selain itu rambutan juga mengandung asam, seperti asam malat dan asam sitrat. Masing-masing dengan kadar 0.05 g dan 0.31 g per 100 g.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengonsumsi buah rambutan berarti tubuh mendapatkan asupan vitamin C yang cukup. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas penyebab kanker. Asupan vitamin C yang cukup juga membuat tubuh bugar dan daya tahan tubuh meningkat sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit dan virus. Gangguan penyakit seperti gusi berdarah, sariawan, flu, dan demam dapat dihalau dengan mengonsumsi vitamin C yang cukup.

Buah rambutan juga mengandung mineral kalium. Zat ini bersifat diuretik sehingga dapat membuang kelebihan garam dari dalam tubuh. Cocok dikonsumsi bagi penderita gangguan tekanan darah tinggi. Meskipun dalam jumlah sedikit, kandungan lemak, dan protein di dalam rambutan cukup memberikan asupan nutrisi yang cukup berarti.

Sumber Serat dan Cairan

Sebagian besar komposisi dari buah rambutan adalah air yang mencapai 80.5 g/100 g. Cairan di dalam buah rambutan mengandung ion yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Keunggulan rambutan tidak hanya sampai disini, buah keluarga Sapindaceae ini juga kaya akan serat. Kandungan serat rambutan dapat melancarkan buah air besar, mencegah sembelit, dan mengikat zat-zat karsinogen penyebab kanker saluran cerna.

Bagi Anda yang sedang menjalani diet, mengonsumsi rambutan sangat disarankan. Kandungan serat yang tinggi di dalam rambutan bersifat mengenyangkan sehingga dapat mencegah rasa lapar. Begitu banyak manfaat rambutan, buah tropis kebanggaan Indonesia. Yuk kita suguhkan rambutan sebagai buah meja pelengkap menu keluarga.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: