Bila Diet Nyaris Gagal

November 25, 2013

diet gagal

Berbagai kejadian tak terduga bisa membuat program diet Anda kocar-kacir. Kalau begitu, segera baca artikel “penyelamat” ini dan temukan solusinya.

Kehidupan tak bisa diprediksi. Misalnya, tiba-tiba saja ketika Anda sedang latihan beban di gym, otot lengan cedera. Atau, pada suatu sore yang cerah, Anda memergoki si dia tengah berjalan mesra bersama wanita lain di mal. Berbagai kejadian semacam itu, bisa membuat tubuh sakit, lelah dan hati tak nyaman. Akibatnya, Anda terhalang berolahraga atau bisa jadi “mencari kedamaian” dengan makan berlebih. Program diet pun terancam gagal. Kalau begitu segera pelajari tindakan “rescue” selamatkan program diet Anda, agar berat tubuh ideal bisa diraih.

KONDISI KRITIS:

Otot ketarik, ganggu rutinitas olah raga Anda.

TINDAKAN RESCUE:

Cedera apa pun, selalu konsultasikan dengan dokter. Jika Anda terluka parah, tanyakan pada dokter, alternatif olah raga lain yang dapat dilakukan. Jangan jadikan “kecelakaan” ini suatu kemunduran. Gunakan waktu agar tetap olah raga namun dengan variasi berbeda. “Jika bahu yang terluka, coba lakukan rutinitas bersepeda Anda dengan menggunakan recumbent bicycle (bersepeda dengan tubuh telentang),” saran Ellie Krieger, R.D., penulis Small Changes, Big Results: A 12-Week Action Plan to a Better Life.

Bila dokter memaksa agar tetap berbaring, beri perhatian khusus pada diet Anda. Ingat, kurang berolahraga sama dengan menurunnya kebutuhan kalori. Coba buka mypyramid.gov. Situs ini banyak memberi info jenis makanan (dan jumlah kalori) yang cocok untuk pelaku diet. “Jangan gunakan makanan sebagai pengusir kejenuhan,” pesan Joyce D. Nash, Ph.D., psikolog klinik. Alihkan perhatian pada kegiatan yang menguntungkan untuk isi waktu reguler ke gym Anda. Mungkin, ini saatnya mencoba kegiatan lain yang Anda suka.

KONDISI KRITIS:

Deadline semakin dekat, camilan makin menggoda.

TINDAKAN RESCUE:

Simpan camilan sehat di laci meja keija, sebagai antisipasi kondisi “darurat”. Selain itu, agar tak ngemil berlebihan, jangan pernah lewatkan jam makan siang. Menurut Krieger, Anda perlu makan siang agar cegah rasa lapar berlebihan.

KONDISI KRITIS:

Pacar baru doyan makan, dan Anda jadi ikutan.

TINDAKAN RESCUE:

Kalau Anda dan partner selalu makan di luar, coba sesekali beri ide makan bersama di rumah. “Masak bersama itu romantis, lho! Plus, Anda bisa tunjukkan padanya, makanan sehat itu juga enak,” saran Anne M. Fletcher, R.D., penulis Thinfor Life: 10 Keys to Success From People Who Have Lost Weight & Kept It Off. Biasanya nih, pasangan baru memiliki rasa saling keterbukaan. Ketika makan malam di luar, coba pilih restoran yang menyajikan makanan lebih ringan. Anda bisa coba menu Jepang, Thailand, Vietnam, atau khas Sunda yang menyajikan menu lalapan.

KONDISI KRITIS:

Putus cinta, hanya makanan yang bisa memahami perasaan Anda.

TINDAKAN RESCUE:

Umumnya, kita, kaum wanita menganggap, sah-sah saja menuangkan emosi melalui makanan sambil mewek seharian penuh. Martin Binks, Ph.D., psikolog klinik, berpendapat, makanan pemberi rasa nyaman (biasa kita dapat dari coklat) dapat bantu melepaskan kadar emosi yang Anda miliki. Sebenarnya, ada cara agar Anda tak terlalu tenggelam dalam kesedihan. Pada saat Anda merasa hidup ini indah dan menyenangkan, coba buat daftar benda atau kegiatan favorit (tidak termasuk makanan!) yang spesial bagi Anda. Misal, bunga segar, facials, atau mungkin berendam air hangat. Simpan daftar tersebut di tempat yang mudah terjangkau. Ketika perasaan haru-biru datang, buka catatan itu dan pilih kegiatan yang bisa menentramkan hati.

KONDISI KRITIS:

Pekerjaan baru amat menguras energi. Anda sulit atur waktu olah raga dan pola makan.

TINDAKAN RESCUE:

Berdiet di tengah perjalanan bisnis memang butuh kewaspadaan dan rencana yang kuat. Fletcher bertutur, kini hampir setiap restoran (fast food maupun haute cuisine) menyediakan pilihan makanan sehat dalam menunya. “Kuncinya, perhatikan cara mengolah makanan tersebut. Pilih saja sandwich ayam tanpa olesan mentega atau mayonnaise. Sebagai pendamping, pesan salad, jangan tambahkan kentang apalagi yang digoreng. Selain itu, hindari minuman beralkohol,” ujar Fletcher.

KONDISI KRITIS:

Pesta perkawinan sahabat di akhir minggu, hingga Anda lupa prosesi susutkan lemak tubuh.

TINDAKAN RESCUE:

Jangan panik. Segera fokus pada berat tubuh Anda sekarang. Usahakan selama acara pesta yang menyajikan makanan superlezat itu, tak membuat Anda lepas kontrol.

Tapi, bukan berarti Anda tidak makan sama sekali, ya! Atur pola makan pada setiap event. Pilih makanan yang memang patut Anda santap. “Untuk acara gala dinner, usahakan Anda hanya makan setengah porsi dari setiap makanan yang disajikan,” jelas Linda Spange, R.N., penulis 100 Days of Weight Loss. Bila di pesta itu juga ada acara dansa, segera ayunkan langkah! Ayo, ikuti irama musik, goyangkan pinggul, gerakkan tangan, menari dengan lincah. Ingat pakai sepatu comfy.

KONDISI KRITIS:

Anda Hamil.

TINDAKAN RESCUE:

Pertama, bersyukurlah karena Anda dikaruniai seorang anak. Kedua, konsultasikan pada dokter Anda perihal makanan diet yang cocok untuk ibu hamil. “Kebutuhan nutrisi Anda sangat penting pada minggu-minggu awal kehamilan,” ujar Krieger. “Kehamilan akan mengajarkan Anda keuntungan nilai nutrisi, tak terbatas pada jumlah kalori atau kadar lemak. Setelah melahirkan, Anda akan mengenal dan terbiasa hidup sehat,” ucap Krieger, mengakhiri perbincangannya.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: