Berbagai Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

June 10, 2015

manfaat kopi

Siapa yang tidak mengenal kopi? Sebagai minuman atau dijadikan berbagai olahan, rasa kopi yang khas disukai tua muda. Terlepas dari kenikmatan mengonsumsinya, kopi memiliki manfaat yang tidak sedikit bagi kesehatan.

Kopi Mengandung Stimulan

Sepertinya hampir tidak ada manusia di planet ini yang tidak mengenal kopi. Suka kopi atau tidak, setiap orang tentu tidak menemui kesulitan mengenali rasa dan aroma kopi yang khas. Bahkan anak-anak juga mengenal rasa kopi dalam bentuk permen, kue, puding, dan berbagai hidangan favorit mereka.

Selain memiliki rasa dan aroma yang kuat, kopi kaya akan antioksidan dan berbagai nutrisi penting bagi kesehatan. Menurut laman gizi dan kesehatan Authority Nutrition kopi memiliki satu senyawa alami bernama kafein yang bersifat stimulan sehingga dapat membantu menyegarkan tubuh orang yang letih, memberikan energi, serta meningkatkan fungsi dan kerja otak. Kopi juga dapat meningkatkan adrenalin sehingga membuat anda lebih bersemangat dalam beraktivitas. Manfaat lain kopi dalam meningkatkan mood disebutkan dalam penelitian yang dipublikasikan Harvard University yang menyatakan bahwa wanita yang meminum 4 cangkir kopi atau lebih dalam sehari akan memiliki mood yang lebih baik sehingga menurunkan tingkat depresi hingga sekitar 20 persen.

Bagus Untuk Diet

Bagi anda yang sedang berdiet jangan takut memasukkan kopi dalam menu karena minuman yang satu ini dapat membakar kelebihan lemak di tubuh. Beberapa studi menyebutkan kopi dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh hingga 11 persen serta dapat membakar lemak sekitar 10 persen yang membuatnya memiliki efek positif dalam berdiet. Hanya perlu diingat untuk menghindari penambahan gula, susu, atau krimer yang berlebihan pada kopi anda. Efek kopi dalam memecahkan sel lemak menjadi asam lemak dan gliserol dan melepaskannya ke dalam darah juga akan memberikan energi tambahan sehingga sangat disarankan mengonsumsi secangkir kopi sebelum berolahraga untuk membakar lebih banyak lemak dan memberikan lebih banyak energi pada tubuh.

Kurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Saat ini semakin banyak orang yang menderita diabetes tipe 2 yang berkaitan dengan gaya hidup yang tidak sehat. Penderita diabetes cenderung memiliki masalah kesehatan kecuali jika mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat yang disertai dengan berolahraga. Salah satu minuman yang diduga dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2, adalah kopi.

Sebuah studi yang pada 2006 melibatkan 90.000 wanita di Amerika menunjukkan bahwa meminum kopi dua atau tiga cangkir sehari dapat mengurangi risiko diabetes, seperti ditulis AFP dan dikutip oleh Business Insider. Selain itu kopi juga memiliki efek positif dalam mengurangi risiko penyakit jantung, Parkinson serta Alzheimer yang merupakan penyakit yang berhubungan dengan saraf pusat.

Hal-hal di atas membuat pemerintah Amerika mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan bahwa mengonsumsi kopi dalam taraf yang wajar sekitar 500 mg kafein setiap hari memiliki dampak yang baik untuk kesehatan. “Kami tidak menemukan efek negatif kopi bagi kesehatan jika dikonsumsi dua hingga tiga cangkir perhari,” kata Miriam Nelson, Profesor di School of Nutrition Science and Policy di Tufts University, Amerika. “Konsumsi kopi bahkan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, dan beberapa tipe kanker termasuk kanker payudara dan prostat.”

Hal ini didukung penelitian dari Harvard School of Public Health yang menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi kopi lebih dari satu cangkir per hari selama 4 tahun memiliki risiko 11 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak meminum kopi. Penelitian dampak kopi terhadap diabetes diperkuat para peneliti di Jerman yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition (2012) bahwa kopi menggandakan penyerapan glukosa sehingga mengurangi kadar gula dalam darah.

Kopi Membantu Mencegah Kanker?

Penelitian mengenai efek kopi untuk memerangi kanker disebutkan laman Medical News Today dengan mengutip beberapa hasil penelitian. Disebutkan bahwa konsumsi kopi dapat mengurangi risiko kanker prostat, seperti hasil studi yang dipublikasikan Journal Cancer Causes and Control. Menurut studi tersebut lelaki yang minum kopi sehari 4 cangkir atau lebih memiliki risiko terkena kanker prostat lebih rendah 59 persen daripada mereka minum kopi seminggu sekali atau kurang.

Manfaat penting lainnya dari kopi adalah melindungi hati. Menurut Authority Nutrition, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurukan risiko penyakit hati (sirosis) hingga 80 persen jika dikonsumsi sekitar 4 cangkir per hari. Hasil penelitian Dr. Carlo La Vecchia dari Milan’s Intituto di Ricerche Farmacologiche Mario Negri, Perancis juga mendukung manfaat kopi bagi kesehatan organ hati tersebut.

Berbagai penelitian tersebut menambah keyakinan terhadap manfaat kopi yang besar untuk kesehatan. Namun tetap perlu diingat agar konsumsi kopi tidak berlebihan, dan mengurangi penambahan bahan lain yang dapat mengurangi khasiat kopi seperti gula, krimer, atau susu. Jadi sudahkah anda minum kopi hari ini?

 

 

loading...

Previous post:

Next post: