Baca ini Dulu Sebelum Menelan Suplemen

October 4, 2013

suplemen

Vitamin, mineral, dan nutrisi. Kata-kata ini tentu sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari. Informasi tentang hal ini pun gampang sekali ditemukan. Tetapi faktanya, tidak banyak orang mengetahui takaran suplemen yang sebenarnya dibutuhkan agar selalu bugar.

Apa boleh buat? Suplemen memang sering bikin kita bingung. Minggu ini, vitamin jenis tertentu bisa mencegah satu penyakit tetapi minggu depan malah menyebabkan masalah baru. “Penelitian seputar dunia kesehatan terus berkembang setiap saat. Dan selama kita masih belajar untuk memahaminya, tak heran bila banyak hasil penemuan yang harus diperbaharui lagi secara seksama,” ujar Jeffry Blumberg Ph.D, Director of Antioxidant Research Laboratory di Tufts University, Boston.

Sebagai cara membantu Anda pilih dan temukan asupan suplemen yang benar-benar berguna untuk tubuh, maka berikut adalah beberapa pengakuan yang sering dilontarkan pakar kesehatan.

KATA AHLI:
Jika tubuh selalu capek dan lemas, itu pertanda Anda kekurangan vitamin B kompleks.

YANG SEBENARNYA TERJADI:
Suplemen vitamin B kompleks sangat dibutuhkan oleh sel tubuh untuk menghasilkan energi. Heidi Becker, ahli suplemen asal AS menjelaskan, “Mengonsumsi vitamin B tak akan menghasilkan efek seperti meneguk segelas kopi yang langsung membuat rasa kantuk Anda hilang. Justru, ritual ini lebih seperti memberi oli mesin pada kendaraan Anda secara rutin.”

Tak ketinggalan, Dr. Fiastuti Wijaksono, M.S.SpGK, Clinical Nutrition Spesialist and Consultant di Siloam Hospitals Semanggi Spesialist Clinic berkata, “Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12 atau biasa disebut B Kompleks bertugas merawat jaringan syaraf agar berfungsi dengan baik serta bantu melancarkan metabolisme tubuh.”

Becker pun menambahkan, kebutuhan akan vitamin B lebih dirasakan khasiatnya oleh perempuan yang tubuhnya memang rentan terhadap para pencuri energi seperti stres, insomnia, kekurangan darah, dan hypothyroid yang menyebabkan lelah.

INTINYA:
Sebelum memompa semangat tubuh dengan mengasup vitamin B Kompleks, diskusikan dahulu dengan dokter pribadi tentang penyebab gejala kelelahan Anda (Baca juga Kenali Gejala Kelelahan Anda). Jangan lupa buat cek darah secara berkala dan cobalah konsumsi jenis makanan sehari-hari yang kaya vitamin B.

Mau tahu berapa jumlah vitamin B yang dibutuhkan tubuh? Untuk B1 adalah 1,8 mg per hari, B2 = 3 mg, B5 = 5 mg, dan B12 = 2,14 mg. Buat orang awam, tentu sulit menghitung kadar miligram itu. Tapi jangan khawatir. Semua itu bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi cukup gandum, brokoli, yogurt, pisang atau daging merah bebas lemak.

KATA AHLI:
Vitamin E bantu mencegah serangan jantung, kanker payudara, kanker usus, dan penyakit akut lainnya.

YANG SEBENARNYA TERJADI:
“Pernyataan di atas berasal dari penelitian selama bertahun-tahun dengan mengamati perilaku orang-orang yang mengonsumsi vitamin E tanpa pengawasan medis,” jelas dosen Harvard Medical School, Profesor Helen Delichatsios M.D. Namun hingga sekarang sangatlah sulit mendeteksi apakah vitamin E betul-betul menjadi peran utama dalam mencegah penyakit-penyakit tersebut. “Masih banyak faktor positif lainnya yang menunjang keampuhan vitamin E. Orang-orang yang meminum vitamin E biasanya rajin berolahraga, punya pola makan yang teratur, dan menjalankan gaya hidup sehat,” jelas Dr Delichatios.

Yang jelas, menurut Dr. Fiastuti, asupan vitamin E yang memadai bisa mencegah kerusakan pada dinding pembuluh darah. “Apabila dinding pembuluh darah dalam kondisi licin, lemak tidak bisa menempel. Nah, ancaman serangan jantung biasanya mengintai Anda ketika banyak lemak menumpuk dalam pembuluh darah.”

INTINYA:
Hati-hatilah mengonsumsi vitamin E, cukup 200-400 mg per hari. Jika berlebihan, malah bisa merugikan kesehatan. Sebuah artikel yang dipublikasikan dalam The Annals of Internal Medicine menunjukkan, konsumsi vitamin E dalam dosis tinggi (lebih dari 400 International Unit) dapat meningkatkan gejala stroke. Apalagi sejumlah studi berkata bahwa vitamin E belum terbukti secara medis bisa melindungi tubuh dari bahaya kanker maupun serangan jantung. Vitamin E larut dalam lemak, jadi tubuh Anda sulit mengeluarkannya jika jumlahnya berlebihan.

KATA AHLI:
Setiap wanita butuh suplemen zat besi akibat kekurangan darah selama menstruasi.

YANG SEBENARNYA TERJADI:
Sebagian besar perempuan kehilangan 35 ml darah (sekitar 3 sendok teh) selama empat hingga enam hari kala “datang bulan”. Sebenarnya, kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena tidak begitu memengaruhi kesehatan. Barulah ketika Anda mulai kehilangan darah di atas 80 ml, risiko terkena anemia pun meningkat drastis.

Meski demikian, wanita vegetarian (atau jarang makan daging) plus Anda yang haidnya deras, wajib bertanya ke dokter tentang jumlah asupan zat besi yang dibutuhkan. Roberta Anding R.D, juru bicara untuk American Dietetic Association, mengatakan, bahwa setiap orang butuh kadar zat besi yang berbeda dan sangat mudah buat kelebihan dosis.

Karena itu, waspadalah. Jangan sembarang mengasup suplemen zat besi. Jika salah takar, dapat menggangu penyerapan mineral lainnya serta menimbulkan sembelit.

Ada cara tercepat untuk mengetahui bila Anda kekurangan zat besi atau tidak. Tarik bagian bawah kelopak mata. Kalau bagian tersebut berwarna putih atau pink pucat, Anda mungkin sekali terkena anemia.

INTINYA:
Ketika merasa mengalami sindrom darah rendah, segera kunjungi dokter yang akan melakukan tes darah guna menentukan asupan suplemen buat Anda. Pastinya, perbanyak menu makanan kaya zat besi, seperti sayuran berwarna merah (bayam merah) dan hijau juga daging merah bebas lemak.

KATA AHLI:
Jarang terkena sinar matahari dapat menimbulkan penyakit yang berhubungan dengan kekurangan vitamin D seperti kanker dan depresi.

YANG SEBENARNYA TERJADI:
Pernyataan di atas menyita perhatian publik gara-gara isi buku The UV Advantage karya Michael Holick Ph.D, M.D dan Mark Jerkins. Karya ini memaparkan bahwa rasa takut akan bahaya kanker kulit malah mencegah kita dari “siraman” sang surya yang dibutuhkan tubuh buat memproduksi vitamin D.

Namun, Pada dasarnya Anda cukup berjemur kira-kira 10 menit saja dalam sehari. Darrell Rigel, M.D, Profesor Dermatology di New York University Medical Center sekaligus mantan ketua American Academy of Dermatology menyarankan, “Jangan lupa pakai tabir surya agar kulit tidak gosong. Hingga kini, belum ada data yang membuktikan penggunaan tabir surya dapat menyebabkan defisiensi vitamin D.”

Selain itu, menurut sibuku kontroversial, mengonsumsi Vitamin D dapat bantu mencegah kanker usus besar, kanker payudara, dan beragam jenis penyakit kanker lainnya.

Menurut B. JayBrooks MD, Chairman Hematology/Oncology Departement, Ochsner Clinic Foundation di Baton Rouge, Lousiana, AS, kadar konsumsi vitamin D yang ideal adalah 1000 mg per hari. Tetapi seperti vitamin-vitamin lainnya, asupan yang berlebihan jelas berdampak buruk pada kesehatan. “Limit maksimal adalah 2000 mg. Sebab terlalu banyak melahap vitamin D bisa memicu penyakit hati arrhythmias dan ginjal.”

INTINYA:
Menghabiskan minimal lima menit di bawah sinar matahari (jangan lupa oleskan tabir surya), sudah menjamin Anda menerima asupan vitamin D yang dibutuhkan. Kalau untuk suplemen, kadar vitamin D yang terkandung dalam multivitamin sudah terbilang memadai.

“Tubuh membutuhkan vitamin D2 dan D3. D2 bisa didapat dari telur dan hidangan seafood. Sedangkan D3 berada di bawah kulit dan diaktifkan lewat sinar matahari yang bisa didapat dengan berjemur sebelumjam 9 pagi atau pas jam 5 sore,” tambah Dr. Fiastuti.

KATA AHLI:
Jika Anda melakukan diet rendah karbohidrat, butuh suplemen khusus buat menggantikan vitamin dan mineral yang hilang.

YANG SEBENARNYA TERJADI:
“Sebenarnya, perempuan yang menjalani diet karbohidrat secara ketat dapat menambah asupan vitamin B, C, Lutein, lycopene, dan betakaroten dengan menyantap gandum, buah-buahan serta sayuran,” ujar Andrew Shao Ph.D, Presiden Direktur Scientific and Regulatory Affair for the Council for Responsible Nutrition di Washington DC, AS.

Bahan makanan yang mengandung zinc, zat besi, dan kalsium seringkali ditemukan produk olahan susu. Selama ini, mereka terbukti dapat menambah kadar nutrisi dalam tubuh. Sayangnya, golongan makanan ini kerap dimusuhi oleh wanita yang tengah sibuk berdiet.

INTINYA:
Kalau Anda sering diet diskusikan dengan dokter tentang kebutuhan asupan suplemen. Semua orang yang diet tentu butuh vitamin tambahan. Karena porsi makannya pasti berkurang. Namun dosisnya harus sesuai dengan dokter,” ungkap Dr. Fiastuti.

KATA AHLI:
Rajin mengonsumsi suplemen dapat mempercantik rambut dan kulit Anda.

YANG SEBENARNYA TERJADI:
Simpan saja uang Anda ketimbang beli vitamin rambut. Karena efektivitas suplemen itu masih diragukan. “Yang memengaruhi penampilan rambut adalah cara Anda merawat sang mahkota, shampo yang digunakan, dan mengurangi frekuensi penggunaan hair dryer serta pewarnaan rambut,” jelas Karen Burke M.D, dermatologist asal New York, AS.

“Meski demikian, kadar antioksidan yang terkandung dalam vitamin C, E, dan A dapat melindungi kulit dan rambut dari kerusakan sinar matahari,” papar Shao.

INTINYA:
Dapatkan nutrisi yang Anda butuhkan. Agar kulit dan rambut senantiasa sehat dari diet kaya buah-buahan dan sayuran. Kekurangan salah satu bahan makanan tersebut dapat menyebabkan kuku mudah patah dan kulit pucat. Jangan lupa konsultasikan pada ahli jika Anda ingin mengonsumsi suplemen tertentu untuk perawatan kulit dan rambut.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: