Apa itu Penyakit Hemofilia?

March 15, 2014

penyakit hemofilia

Pernah dengar tentang penyakit raja? Itulah nama yang diberikan pada penyakit hemofilia sebab dulu banyak anak laki-laki dan orang laki-laki dewasa dari keturunan raja menderita penyakit itu. Sebab, hemofilia merupakan penyakit keturunan (lihat juga mukovisidose). Oleh karena keluarga-keluarga raja di masa lampau ingin agar harta bendanya tidak terbagi-bagi, sering terjadi kawin-mawin antara sepupu dengan sepupu. Dengan begitu penyakit pembekuan darah terus saja diturunkan di keluarga yang sama. Hanya laki-laki yang dapat menderita penyakit hemofilia sedangkan perempuan dapat meneruskan penyakit itu kepada keturunannya.

Kalau kita mendapat luka, maka lempeng-lempeng darah akan dengan segera menuju ke pinggiran luka guna membekukan darah. Darah akan membeku. Lalu terbentuk kerak pada kulit yang akan terlepas begitu luka itu sembuh. Kalau kita menderita hemofilia, darahmu tidak dapat membeku. Tidak ada faktor pembekuan di dalamnya. Penderita hemofilia akan mendapat bintikan biru atau pencurahan darah pada benturan sekecil apa pun sebab darah sudah dapat keluar dari pembuluh darah bila ada luka yang sangat kecil pun.

Di masa lampau penderita hemofilia hampir-hampir tidak tertolong. Kadang-kadang mereka mengalami pendarahan di dalam tubuh yang tidak kelihatan dari luar. Kalau pendarahannya terjadi pada sendi-sendi maka sendi-sendi tersebut akan sakit dan mengalami perubahan bentuk. Beberapa anak malahan tidak dapat berjalan sebagai akibatnya. Dan kalau di otak terjadi pendarahan, anak-anak lelaki pada umumnya meninggal.

Untung sekarang ini pasien hemofilia dapat menggunakan konsentrat dengan faktor pembekuan yang tidak dimiliki pasien tersebut. Kalau seorang pasien hemofilia harus pergi ke dokter gigi atau oleh karena salah satu sebab harus dioperasi, sering perlu diberikan pengobatan dengan faktor pembekuan terlebih dahulu. Banyak penderita hemofilia sekarang ini selalu membawa sebuah alat yang dapat menolong mereka untuk sementara waktu, sampai mereka dapat pergi ke dokter guna mendapat konsentrat pembekuan.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: