9 Tips Melancarkan Peredaran Darah Secara Alami

November 5, 2016

melancarkan peredaran darah

Apakah anda sering merasakan tangan dan kaki yang dingin – bahkan selama musim panas atau di kamar di mana orang lain merasakan hangat? Mungkin anda memiliki pekerjaan di mana anda berada di atas kaki anda sepanjang hari dan anda mulai melihat urat-urat darah anda menonjol seperti sarang laba-laba pada kaki bawah anda. Jika ini terdengar seperti mirip anda, sirkulasi darah yang buruk kemungkinan besar menjadi masalahnya.

Jangan khawatir, ada banyak cara untuk memperbaiki situasi tanpa menggunakan obat resep. Perubahan gaya hidup kecil dapat memiliki dampak besar pada kesehatan anda – tidak ada alasan untuk tidak mencoba 9 tips di bawah ini untuk meningkatkan sirkulasi darah anda secara alami.

Apa itu sirkulasi darah?

Layaknya bernapas, sirkulasi darah adalah fungsi tubuh vital yang biasanya bekerja dengan sempurna tanpa kita sadari. Darah kita adalah sistem transportasi – melakukan perjalanan melalui pembuluh untuk memberikan nutrisi dan oksigen ke setiap bagian tubuh kita. Jantung adalah mesin – memompa darah ke seluruh bagian dari kepala sampai kaki.

Apa yang menyebabkan sirkulasi darah yang buruk?

Banyak faktor yang dapat menyebabkan sirkulasi darah yang buruk. Seiring bertambahnya usia, pembuluh darah mulai kehilangan elastisitasnya, sehingga membuat aliran darah menjadi lebih sulit. Pola makan yang buruk menyebabkan penumpukan residu pada bagian dinding pembuluh darah anda, menghalangi pergerakan aliran darah dan akhirnya menutup sepenuhnya. Kelebihan berat badan dan merokok juga menempatkan tekanan ekstra pada sistem peredaran darah.

Jika anda berada di atas kaki anda sepanjang hari atau duduk tanpa banyak bergerak, ini juga akan mengganggu aliran darah. Gravitasi menyebabkan darah menumpuk di tubuh bagian bawah, sehingga mengurangi aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke sistem tubuh yang lain. Akhirnya, ada beberapa kondisi yang lebih serius yang disebabkan sirkulasi yang buruk seperti tekanan darah tinggi atau rendah, masalah jantung, dan varises.

Apa saja gejala sirkulasi darah yang buruk?

Bagaimana anda mengetahui jika anda memiliki sirkulasi darah yang buruk? Sebagian besar gejala sirkulasi darah yang buruk terkait dengan kurangnya aliran darah ke suatu area tertentu. Gejala yang paling umum adalah:

  • Tangan dan kaki dingin
  • Pembengkakan kaki
  • Pusing
  • Kesemutan
  • Pembuluh darah menonjol seperti sarang laba-laba

9 Tips Untuk Meningkatkan Sirkulasi Darah Anda Tentu


1. Berolahraga Secara Teratur

Sebuah cara yang baik untuk memberikan dorongan pada sirkulasi darah anda adalah berolahraga. Saya yakin anda terbiasa dengan jantung “berdebar” saat berolahraga. Nah, ini adalah persis efek yang kita inginkan ketika berbicara meningkatkan sirkulasi darah.

Olahraga membuat jantung anda memompa lebih keras, mendorong darah ke seluruh bagian tubuh anda. Pergerakan otot anda juga akan meremas dan melonggarkan pembuluh darah anda, membantu darah untuk bergerak. Lakukan olahraga sekitar 30 menit sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Memperbaiki Diet Anda

Sebuah pola makan yang buruk merupakan salah satu penyebab utama dari sirkulasi darah yang buruk. Jika diet anda tinggi akan lemak, gula dan garam, sesuatu yang disebut “plak” akan mulai muncul pada dinding pembuluh darah anda. Hal ini akan membuat darah lebih sulit untuk mengalir dan akhirnya pembuluh darah anda akan terblok sepenuhnya, yang mengarah pada serangan jantung dan stroke.

Diet jantung sehat mencakup banyak serat (buah, sayuran, biji-bijian), daging tanpa lemak dan asam lemak omega-3 yaitu minyak ikan. Asam lemak omega-3 membantu menghilangkan plak dari pembuluh darah anda. Anda dapat mengambil suplemen atau mendapatkannya dalam diet anda melalui makanan seperti mackerel dan sarden.

Vitamin antioksidan seperti A, C dan E juga mencegah timbunan plak. Pastikan diet anda termasuk kuning telur, hati, buah jeruk, alpukat, almond, tuna dan minyak bunga matahari. Diet Mediterania adalah rencana yang baik untuk memulainya.

3. Pijat

Ketika anda memijat salah satu bagian tubuh anda, anda merangsang aliran darah ke daerah tersebut. Anda tidak harus pergi ke spa mahal untuk mendapatkan pemijatan, sebab hal ini mudah dilakukan di rumah, terutama untuk daerah-daerah bermasalah seperti kaki bagian bawah.

Anda dapat menggunakan tangan anda untuk memijat menggunakan minyak esensial seperti rosemary, cemara, jahe atau peppermint.

4. Obat Alami

Ada banyak obat herbal dan alami di pasar yang diklaim dapat meningkatkan sirkulasi. Mungkin yang terbaik dari semua adalah ginkgo biloba. Ginkgo telah ditemukan dapat membuka pembuluh darah, sehingga darah mengalir lebih lancar. Anda dapat memilihnya sebagai tablet, atau sebagai teh dengan sesendok madu.

Obat lain yang membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah anda secara alami adalah cabe merah, bawang putih dan jahe. Mereka dapat dengan mudah ditambahkan pada diet anda.

5. Mengangkat Kaki Anda

Cara lain untuk melancarkan sistem peredaran darah anda adalah dengan meluruskan kaki anda dan diangkat lebih tinggi dibanding jantung sekitar 15 menit sehari. Gravitasi akan melakukan tugasnya, mencegah penumpukan darah di kaki bagian bawah anda.

6. Minum Air Putih

Jika anda mengalami dehidrasi, anda akan mulai melihat gejala sirkulasi darah yang buruk karena volume darah anda berkurang. Pusing dan pingsan dapat terjadi karena berkurangnya pasokan darah ke otak anda – Anda pasti ingin menghindari hal ini!

Selalu sediakan sebotol air di tangan dan minum setiap kali anda merasa sedikit haus. Mengkonsumsi air selama dan setelah berolahraga adalah hal penting juga, karena kita kehilangan cairan dari berkeringat. Jauhi kafein dan alkohol, karena keduanya memiliki efek dehidrasi.

7. Menggunakan Stoking Kompresi

Jika anda berisiko mendapatkan sirkulasi darah yang buruk dengan berada di atas kaki anda sepanjang hari, disarankan bagi anda untuk menggunakan stoking kompresi. Mereka bekerja dengan membantu kaki anda mendorong darah kembali ke jantung. Anda dapat membelinya di apotek – staf apotek dapat membuat rekomendasi yang terbaik untuk anda.

8. Berhenti merokok

Tentu saja ada ratusan alasan untuk berhenti merokok, tetapi dalam kasus ini kita tertarik pada efeknya terhadap sirkulasi darah anda. Merokok menyebabkan pembuluh anda untuk menjadi kencang dan sempit, sehingga sangat sulit bagi darah untuk mengalir. Kabar baiknya adalah bahwa efek ini dapat kembali normal setelah beberapa jam berhenti merokok.

9. Terapi Air Panas dan Dingin

Salah satu cara tubuh anda mengatur suhu adalah melalui pembuluh darah anda. Darah anda membawa panas dari inti tubuh anda keluar dan jika anda terlalu panas, pembuluh anda akan kendur dan melepaskan panas melalui kulit anda.

Ini adalah mekanisme yang digunakan dalam apa yang disebut “terapi panas dan dingin”. Terapkan terapi air panas atau dingin untuk bagian tubuh yang mengalami gejala sirkulasi darah yang buruk. Ini akan membantu mengencangkan dan mengendurkan pembuluh darah anda, sehingga mendorong darah melaluinya. Anda bisa mengulang ini 5-6 kali, namun hindari suhu yang terlalu ekstrim.

Kapan harus ke Dokter?

Sangat menyenangkan bahwa ada begitu banyak solusi untuk meningkatkan sirkulasi darah anda secara alami di rumah, tapi kadang-kadang cara terbaik adalah menyerahkannya pada ahli. Sirkulasi darah yang buruk dapat menjadi tanda dari kondisi yang berpotensi fatal, seperti darah yang menggumpal. Jadi jika anda khawatir, buatlah janji dengan dokter anda. Beberapa tanda meliputi:

  • Gejala yang tidak kunjung hilang
  • Kesemutan dan dingin yang ekstrim
  • Kulit berwarna biru
  • Luka penyembuhan sangat lambat

Kesimpulan
Saya harap 9 tips meningkatkan sirkulasi darah anda secara alami ini dapat membantu anda. Anda akan melihat perbedaan besar jika anda mencoba 2 atau 3 dari mereka selama beberapa minggu.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: