9 Pengobatan Alami Untuk Menangani Kanker Paru-Paru

April 2, 2016

kanker paru-paru

Apakah anda sedang menjalani pengobatan untuk kanker paru-paru? Atau apakah anda seorang individu yang sehat dan ingin mencegah terkena kanker paru-paru? Mencegah lebih baik daripada mengobati, dan hal yang sama berlaku juga untuk kanker paru-paru.

Sama seperti penyakit lainnya, kanker paru-paru juga memiliki gejalanya sendiri. Tapi bisakah anda meringankannya? Dan apa sebenarnya kanker paru-paru? Jika ingin mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini teruslah membaca.

Apakah Kanker Paru-Paru Itu?

Kanker paru-paru dipahami sebagai pertumbuhan dan perbanyakan sel abnormal yang terjadi secara konstan pada salah satu atau kedua paru-paru. Sel-sel tersebut, bagaimanapun tidak berubah menjadi jaringan paru-paru yang sehat. Mereka dengan demikian cepat membelah diri dan membentuk tumor. Ketika tumor bertambah besar, mereka menyebabkan kelainan fungsi, sehingga mengurangi kemampuan paru-paru untuk melakukan tugas terbaiknya.

Gejala Dari Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru tidak datang dengan tanda-tanda atau gejala pada tahap awal. Mereka seringkali terdeteksi ketika telah memasuki stadium lanjut. Berikut adalah gejala-gejalanya:

  • Batuk dan nyeri dada
  • Perubahan batuk yang biasa anda alami
  • Muntah darah dan merasa mual
  • Kehabisan napas
  • Penurunan berat badan tanpa diet dan olahraga
  • Sakit kepala dan pusing
  • Nyeri tulang dan sendi
  • Suara serak
  • Mengi

Penanganan Untuk Kanker Paru-Paru

Disamping obat yang telah diresepkan oleh dokter, anda juga bisa melakukan beberapa pengobatan rumah/ alami yang akan membantu anda merasa lebih baik. Pastikan anda telah meminta saran dan nasihat dokter sebelum mencoba salah satu dari mereka. Ada pengobatan rumah/ alami untuk masing-masing gejala. Simaklah dibawah ini untuk mengetahui lebih jauh.

1. Cobalah Untuk Bersantai

Kehabisan napas bisa sangat berbahaya. Ini membuat anda merasa tidak nyaman dan cemas. Jika anda terlalu khawatir, anda tidak akan menemukan bantuan dari kondisi anda. Ketika anda merasa mengalami sesak napas, cobalah untuk menangani rasa takut dengan mencoba kegiatan-kegiatan yang membuat anda merasa nyaman dan santai. Anda bisa berdoa, menonton acara televisi yang lucu, film yang bagus atau hanya sekedar membayangkan tempat liburan yang indah. Itu akan membantu.

2. Fokus Pada Pernapasan

Cara alami lain untuk mengobati napas pendek adalah fokus pada pernapasan anda. Isilah paru-paru anda dengan udara dan coba untuk mengendalikan otot-otot yang menangani diafragma anda. Anda juga harus bernapas melalui mulut dan coba mengatur napas anda.

3. Simpan Energi

Ketika anda merasa seperti anda tidak bisa bernapas lagi, menjadi sangat alami untuk merasa lelah. Obati masalah ini dengan menyingkirkan semua tugas-tugas yang tidak diperlukan atau membuat anda merasa sangat lelah. Anda harus menyimpan energi anda sebanyak mungkin.

4. Makan Kecil Namun Sering

Tidak bisa makan adalah salah satu gejala umum dari kanker paru-paru, terutama pada stadium lanjut. Inilah sebabnya mengapa anda akhirnya kehilangan berat badan dan kadang-kadang dapat membuat anda terlihat kurang gizi. Namun, anda bisa mengontrol gejala ini dengan makan makanan kecil namun sering sepanjang hari. Coba tambahkan beberapa makanan lembut atau lunak untuk diet anda jika anda menemukan beberapa makanan sulit untuk dikonsumsi.

5. Berhenti Merokok

Jika anda mempunyai kebiasaan merokok, maka sudah saatnya anda berhenti segera. Ini akan membantu pengobatan anda efektif dan membiarkan anda hidup lebih lama. Ketika anda merokok, proses penyembuhan bisa tertunda. Jadi lebih baik untuk membuang semua rokok anda saat anda berjuang untuk pulih. Menurut penelitian, orang yang merokok selama terapi radiasi memiliki kesempatan lebih sedikit pulih daripada mereka yang tidak. Juga, nikotin yang ditemukan dalam tembakau merangsang perbanyakan sel-sel kanker. Hal ini pada akhirnya akan semakin memperparah kesehatan.

6. Meditasi

Meditasi adalah salah satu solusi alami paling efektif untuk mengatasi kanker paru-paru. Meditasi adalah ketika anda menghabiskan waktu dalam damai dan tenang. Di sini, anda harus fokus pada sesuatu seperti gambar, suara atau ide. Meditasi membantu dalam pengurangan stres dan meningkatkan kualitas hidup secara signifikan. Meditasi bisa dilakukan sendiri. Saat ini sudah banyak materi yang membahas tentang teknik dan praktek meditasi. Untuk lebih mudah anda juga bisa melihat banyak video tentang meditasi di YouTube. Hanya 10 menit setiap hari, meditasi dapat menjadi pengalaman yang mengubah hidup untuk semua pasien kanker paru-paru.

7. Yoga

Yoga terdiri dari peregangan, pernapasan dan meditasi. Jika anda belum mencoba yoga sebelumnya, disarankan untuk melakukan gerakan yoga yang sederhana. Yoga selalu membantu pasien penderita kanker merasa lebih baik. Cobalah melakukan gerakan yoga sederhana di rumah atau bergabung dengan pusat kesehatan yoga di dekat tempat tinggal anda. Anda juga bisa mengajak teman-teman dan anggota keluarga lainnya untuk melakukan yoga dan kemudian merasakan manfaatnya.

8. Kompres Panas Atau Dingin

Penggunaan kompres panas atau dingin bertindak sebagai obat rumah yang efektif untuk kanker paru-paru. Jika anda mengalami nyeri pada setiap bagian dari tubuh Anda, cobalah menggunakan kompres panas atau dingin. Kompres panas adalah untuk nyeri dada, dan kompres dingin untuk nyeri sendi atau tulang anda. Agar kulit anda tidak melepuh, pastikan untuk tidak menerapkan kompresan langsung pada kulit anda. Kenakan pakaian yang tipis. Setelah itu, ambil sebotol air hangat dan tekan pada dada anda selama beberapa menit.

9. Pijat Tubuh

Pijat tubuh yang baik juga akan meringankan gejala nyeri, sesuatu yang sangat umum di antara pasien kanker paru-paru. Cukup meminta seseorang yang anda kenal dekat untuk memijat tangan dan bahu anda. Lotion yang hangat harus digunakan ketika memijat kaki. Sekarang pijat selama 3 menit di kedua sisi tulang belakang anda. Hindari melakukan pijatan pada area-area di mana anda memiliki tumor yang terlihat.

Pengobatan Herbal Untuk Gejala Spesifik Tertentu

Berikut ini adalah solusi herbal untuk gejala spesifik tertentu.

1. Obat Herbal Untuk Muntah

Muntah atau merasa mual merupakan gejala umum dari kanker paru-paru. Cara terbaik adalah untuk berkonsultasi dengan dokter anda segera, tetapi jika tidak memungkinkan, anda bisa mencoba beberapa solusi alami di rumah untuk meringankan gejala ini dengan mudah.

Cobalah jahe, seperti teh jahe. Cara terbaik untuk minum teh jahe adalah dua kali sehari untuk mengurangi perasaan mual. Juga, minum banyak cairan sepanjang hari agar tetap terhidrasi. Jus buah sehat, air berasa, dan shake (tanpa susu) juga merupakan ide yang baik. Permen peppermint juga bisa dikunyah dua kali sehari karena ini akan membantu otot-otot perut anda yang kencang untuk rileks dan mengurangi kontraksi.

2. Obat Herbal Untuk Diare

Diare juga terjadi menjadi salah satu gejala utama dari kanker paru-paru. Ini juga dapat dilakukan pengobatan rumah dengan beberapa tips. Pertama, tingkatkan asupan cairan anda. Minum dua gelas air setiap dua jam. Pastikan tenggorokan anda tidak pernah kering. Jangan minum alkohol atau kopi selama diare. Makan hanya makanan ringan dan sehat. Juga, jauhkan diri dari produk susu seperti susu, keju, mentega dan es krim karena produk susu lebih sulit dicerna.

3. Obat Herbal Untuk Sembelit

Jika anda sering merasa sembelit, anda dapat meringankan gejala dengan menggunakan obat resep. Namun, anda juga bisa mencoba pengobatan rumah/ herbal untuk mengatasinya.

Tambahkan buah-buahan dan sayuran untuk diet anda dan pastikan anda minum cukup air. Sereal merupakan salah satu pilihan yang cerdas untuk sarapan. Pilihlah buah-buahan untuk mengemil. Jadwalkan buang air besar anda. Hal-hal tersebut akan sangat membantu. Anda bisa mencoba pencahar, tapi harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda sebelum melakukannya. Jika anda menggunakan obat pencahar berlebihan, mereka akan mengurangi fungsi usus besar anda.

4. Obat Herbal Untuk Kelelahan

Kelelahan adalah rasa capek yang tidak hilang dengan mudah, terlepas dari cukup tidur dan istirahat. Itu akan lebih buruk jika tidak segera diobati. Anda dapat memperbaiki situasi dengan menambahkan beberapa aktivitas fisik untuk rutinitas harian anda. Berjalan, berenang dan yoga tampaknya pilihan yang sangat cerdas. Tetapi berolahraga mungkin tidak selalu baik untuk semua pasien kanker, terutama mereka yang menderita anemia. Jadi, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter dalam hal ini. Juga, singkirkan kopi, nikotin dan alkohol untuk mengendalikan kelelahan. Dapatkan cukup protein dan minum sup bergizi setiap hari. Jangan tidur siang yang panjang selama sore hari.

5. Obat Herbal Untuk Luka Mulut

Sariawan sering terjadi selama kanker paru-paru. Ini membuat makan dan minum menjadi sangat sulit. Anda bisa mengatasi kondisi ini dengan minum banyak air sepanjang hari, mengisap es atau frozen yoghurt, minum sup dan teh. Juga, cobalah mengoleskan campuran air dan baking soda pada bagian mulut anda yang sakit. Atau Gunakan kapas, celupkan dalam antasida cair dan oleskan pada area yang sakit. Ini pasti akan membantu.

6. Obat Herbal Untuk Sulit Tidur

Masalah tidur dapat diobati dengan menghindari kafein dan alkohol. Pastikan anda berolahraga setiap hari. Juga, menjaga kamar tidur anda tetap tenang. Kamar tidur anda harus menjadi tempat yang santai dan damai untuk anda. Jangan khawatir terhadap berapa lama anda telah tidur dan masalah-masalah yang terkait. Singkirkan televisi, radio dan gangguan lainnya dari kamar tidur. Tetapkan waktu tidur dan waktu bangun, karena akan membantu tubuh anda terbiasa dengan waktu tidur tertentu.

Makanan yang Dapat Melawan Kanker Paru-Paru

Diet sehat selalu dapat melawan kanker! Berikut daftar makanan akan membantu anda mengontrol dan mencegah kanker paru-paru. Pastikan anda menambahkan semua dari makanan-makanan di bawah ini untuk diet anda.

1. Buah dan Sayuran Berwarna

Tambahkan lebih banyak hidangan yang kaya vitamin A dan C untuk diet anda. Makanan tersebut mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat, terutama ketika harus melindungi tubuh anda dari kanker paru-paru. Beberapa contoh adalah labu, berry, paprika, dll. Pastikan anda meninggalkan jauh-jauh makanan yang berasal dari karbohidrat olahan seperti kue dan pasta.

2. Protein

Sumber protein sebagian besar terdiri dari telur dan daging merah. Daging ayam dan ikan juga pilihan yang sehat. Pastikan anda tidak menggoreng makanan ini. Asam lemak omega 3 juga sesuatu yang anda harus konsumsi untuk mengobati kanker paru-paru.

3. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh terdiri dari oat, gandum dan quinoa. Ketika anda makan lebih banyak biji-bijian, anda mengobati kanker paru-paru dengan cara alami.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: