9 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

October 19, 2015

manfaat tomat

Siapa tidak kenal buah tomat? Buah berwarna merah ini sebenarnya juga dapat dikelompokkan sebagai sayuran, karena rasanya tidak semanis buah-buahan lainnya serta sering disajikan sebagai pelengkap hidangan utama, misalnya untuk lalapan.

Bukan hanya sebagai lalapan, selama ini tomat pun lebih sering diasosiasikan dengan bumbu pelengkap makanan cepat saji seperti burger, pizza, ayam goreng dan sebagainya, dalam bentuk saus tomat.

Namun sebenarnya manfaat tomat tidak sebatas itu saja. Tomat menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan karena nutrisi-nutrisi penting yang dikandungnya. Salah satu zat yang terdapat dalam buah tomat adalah likopen. Likopen merupakan unsur yang memberikan warna merah pada buah tomat dan senyawa yang paling banyak terkandung dalam tomat. Likopen diketahui mampu berperan sebagai antioksidan dan melindungi tubuh dari kanker, terutama kanker prostat, sekaligus dapat mengurangi kolesterol.

Selain likopen, tomat juga mengandung vitamin dan mineral lain yang baik untuk tubuh. Beberapa diantaranya adalah karbohidrat, protein, vitamin A, B1, B2, B3 dan C. Kalsium, fosfor, zat besi, natrium, serat dan air juga termasuk zat-zat yang dapat Anda temukan dalam buah tomat.

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Berlimpahnya kandungan nutrisi dalam tomat menjadikan buah ini kaya akan manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat tomat untuk kesehatan Anda:

1. Menurunkan Risiko Kanker

Seperti disebutkan sebelumnya, kandungan likopen dalam buah tomat berperan sebagai antioksidan yang bisa membantu mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat berujung menyebabkan penyakit kanker. Likopen dalam tomat terutama dapat menurunkan risiko penyakit kanker prostat. Selain itu, kandungan beta-karoten tinggi dalam tomat disebut-sebut dapat membantu mencegah kanker kolorektal.

American Cancer Society mengungkapkan, dari beberapa hasil penelitian diketahui bahwa orang yang mengkonsumsi lebih banyak tomat memiliki risiko lebih rendah dari jenis kanker tertentu, terlebih kanker prostat dan kolorektal. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut apakah kandungan likopen dalam tomat dapat dijadikan salah satu pengobatan kanker.

2. Menjaga Tekanan Darah

Manfaat tomat berikutnya yang tak kalah penting adalah mengendalikan tekanan darah. Tomat memiliki kandungan vitamin B dan potasium yang sangat bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Bukan hanya itu, tomat juga kaya akan kalium yang dihubungkan dengan 20 persen pengurangan risiko kematian.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Bukan hanya mencegah kanker, tomat pun memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan jantung Anda sehingga mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Menurut sejumlah penelitian, wanita yang mengkonsumsi makanan yang kaya akan likopen seperti halnya tomat secara rutin 7-10 porsi setiap minggunya mendapatkan risiko 29% lebih kecil terkena penyakit jantung dibandingkan wanita yang mengkonsumsi tomat 1,5 porsi per minggu.

4. Mengurangi Tingkat Kolesterol Jahat

Konsumsi tomat secara rutin dan dalam jumlah signifikan dapat membantu mengurangi tingkat kolesterol jahat atau Low-density lipoprotein (LDL). LDL diketahui memiliki fungsi utama sebagai pengangkut kolesterol dari hati ke berbagai bagian tubuh sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler atau penyakit jantung.

5. Memperbaiki atau Memelihara Penglihatan

Manfaat tomat lainnya yang cukup penting adalah dalam menjaga kesehatan mata. Tomat diketahui mengandung vitamin A tinggi sehingga dapat membantu memelihara penglihatan sekaligus mencegah kerusakan penglihatan yang berkaitan dengan degenerasi makular ataupun kebutaan malam.

6. Meredakan Diabetes

Berdasarkan studi yang dipublikasikan Journal of American Medical Association, mengkonsumsi dua buah tomat dalam sehari dapat mencegah terkena stress oksidatif yang bisa diakibatkan oleh diabetes tipe 2. American Diabetes Association juga menyatakan tomat baik dikonsumsi penderita diabetes karena memiliki Indeks Glikemik rendah, yaitu kurang dari 55.

7. Mengurangi Depresi

Siapa sangka ternyata tomat dapat membantu mengurangi depresi? Itu karena asam folat yang terkandung dalam tomat dapat membantu mencegah kelebihan pembentukan homosistein. Homosistein sendiri merupakan zat yang dapat menghalangi darah ataupun nutrisi lain ke otak. Jika kadar homosistein dalam tubuh berlebih, maka akan mengganggu produksi hormon yang mengatur suasana hati, kualitas tidur serta nafsu makan.

8. Melancarkan Sistem Pencernaan

Satu buah tomat mengandung sekitar 2 gram serat yang sangat penting untuk melancarkan pencernaan sehingga meminimalisir risiko sembelit. Tomat pun memiliki kandungan air tinggi yang dapat membantu seseorang tetap terhidrasi.

9. Memperbaiki dan Menjaga Kecantikan Kulit Wajah

Bukan saja untuk kesehatan tubuh, manfaat tomat pun dapat dirasakan kulit wajah Anda. Menggunakan tomat sebagai masker wajah secara rutin ternyata dapat membantu mencerahkan wajah, menghilangkan flek hitam, mengecilkan pori-pori wajah, menghilangkan jerawat serta mengatasi kadar minyak berlebih pada wajah.

Efek Samping Konsumsi Tomat Berlebihan

Meskipun tomat diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh maupun kulit wajah, bukan berarti Anda harus mengkonsumsi tomat secara berlebihan. Pasalnya, makan buah tomat berlebihan justru bisa menimbulkan beberapa kondisi yang kurang nyaman bagi kesehatan.

Apa saja dampak negatif buat tomat bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan?

1. Peningkatan Asam Lambung

Buah tomat mengandung banyak asam sehingga konsumsi yang berlebihan dapat memicu kenaikan asam lambung Anda. Jika asam lambung meningkat, Anda bisa terkena penyakit maag atau gastroesophageal.

2. Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tomat memang kaya akan antioksidan yang dapat membantu tubuh terhindar dari sejumlah penyakit. Akan tetapi, jika Anda memakan buah tomat secara berlebihan, apalagi jika tomat tersebut masih dalam kondisi mentah, tubuh Anda akan dipenuhi likopen sehingga bisa mengakibatkan turunnya sistem kekebalan tubuh.

3. Pencernaan Terganggu

Berkaitan dengan kandungan asam dalam buah tomat, konsumsi tomat secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko pencernaan lain seperti sakit perut karena terlalu banyak gas yang terbentuk.

Itulah beberapa manfaat tomat untuk kesehatan tubuh maupun kulit wajah Anda. Setelah mengetahui manfaat luar biasa tomat untuk kesehatan, mulai sekarang Anda bisa menyertakan tomat dalam menu makanan sehari-hari Anda. Dibandingkan mengkonsumsi suplemen atau vitamin kesehatan, tentu mengkonsumsi tomat adalah cara yang lebih alami, sederhana dan murah untuk menjaga kesehatan Anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: