9 Manfaat Susu Kambing yang Bakal Mengejutkan Anda

January 14, 2016

manfaat susu kambing

Beberapa manfaat susu kambing untuk kesehatan termasuk kemampuannya mengurangi peradangan, mengoptimalkan pencernaan, meningkatkan ketersediaan nutrisi, memperkuat tulang, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan metabolisme, mencegah racun terakumulasi dalam tubuh, serta membantu penurunan berat badan.

Sesuai dengan namanya, susu kambing memang dihasilkan dari kambing, sedikit kurang akrab di telinga dibandingkan dengan sumber susu yang umum di berbagai negara yaitu sapi. Walaupun susu kambing mungkin lebih sulit untuk didapat dalam hal ketersediaan dan akses ke sebagian negara di dunia, namun banyak manfaat yang baik tentang susu kambing dan penelitian tentang efek positif-nya pada tubuh manusia, membuat susu kambing menjadi pilihan popular akhir-akhir ini. Walaupun kambing hanya memproduksi sekitar 2% dari ketersediaan susu secara global, namun susu kambing lebih murah untuk diproses, karena tidak memerlukan proses homogenisasi (molekul lemak kecil yang tidak terpisah dan tetap mengikat pada krim).

Penelitian tertentu telah merekomendasikan agar susu kambing tidak diberikan pada anak kecil, karena kebutuhan nutrisi mereka yang unik pada tahap perkembangan mereka. Namun dengan bertambahnya umur, komposisi kimia dan dampaknya pada tubuh kita, efek susu kambing lebih baik dibandingkan dengan susu sapi. Sebagai contoh, orang-orang yang menderita penolakan laktosa bisa mencerna susu kambing lebih baik daripada susu sapi karena lebih tingginya tingkat kandungan asam lemak (dua kali lipat dari susu sapi). Susu kambing secara umum diproses menjadi keju, mentega, es krim, dan yoghurt. Banyak diantara produk olahan susu kambing dianggap lezat karena kandungan dadihnya yang tinggi.

Walaupun kelaziman susu sapi tidak akan berpudar di masa yang akan datang sekalipun, penting untuk dimengerti bahwa masih ada pilihan lain diluar sana jika anda berminat untuk meningkatkan kesehatan anda secara menyeluruh. Artikel ini tidak menyebutkan bahwa susu sapi tidak baik untuk anda, tapi jika anda berminat untuk memberikan upaya ekstra dalam mencari susu kambing, anda akan terkejut akan efek manfaat yang akan anda rasakan. Sekarang, mari kita lihat lebih dalam mengenai beberapa manfaat susu kambing untuk kesehatan.

Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan

1. Membangun Tulang yang Kuat

Ini adalah karakteristik paling umum dari semua jenis susu, dan merupakan alasan utama kenapa kita memberitahu anak kita bahwa susu itu sangatlah penting. Segala macam jenis susu adalah kaya akan kalsium, dan susu kambing pun tidak terkecuali. Susu kambing juga memberikan anda jumlah kalsium yang sebanding dengan susu sapi tanpa memberikan efek samping yang berarti. Selain itu memastikan bahwa deposit kalsium kita tetap banyak dan stabil, serta tulang kita tidak akan mengalami keropos ketika kita bertambah usia, sehingga membantu menghindari osteoporosis.

2. Sifat Anti Peradangan

Satu alasan mengapa orang cenderung menyukai susu kambing adalah karena mereka bisa menikmatinya tanpa harus merasakan peradangan yang umum terjadi dan juga membuat sakit perut yang sering ditimbulkan oleh susu sapi. Ini dikarenakan oleh enzim unik yang terkandung pada susu kambing yang bisa menenangkan peradangan di dalam pencernaan. Penelitian sedang dilakukan untuk mengetahui apakah sifat anti peradangan ini bisa menyebar ke area tubuh yang lain, namun satu hal yang pasti, susu kambing akan lebih baik untuk perut anda.

3. Efisiensi Penyerapan Nutrisi

Salah satu manfaat susu kambing yang cukup penting adalah komposisi kimia yang lebih menyerupai dengan susu ASI manusia dibandingkan susu sapi. Pada dasarnya, manusia didesain untuk disusui, sama seperti kambing dan sapi, namun susu ASI manusia lebih menyerupai susu kambing. Jadi tubuh kita lebih mampu untuk mendapat nutrisi dari susu kambing ketika sedang mengalir di sistem tubuh kita dan susu kambing tidak membuat stress pada proses pencernaan.

4. Pendorong Metabolisme

Susu kambing jauh lebih padat nutrisi dibandingkan susu sapi, artinya anda tidak perlu mengkonsumsi susu tersebut terlalu banyak untuk mendapatkan asupan nutrisi yang sama (bahkan lebih). Satu gelas memberikan hampir 40% dari kebutuhan kalsium harian kita, 20% dari asupan vitamin B, dan juga jumlah potasium dan fosfor yang signifikan. Selanjutnya, penelitian telah menunjukkan bahwa susu kambing bisa membantu meningkatkan serapan zat besi dan tembaga pada sistem pencernaan kita, yang penting untuk orang-orang yang menderita anemia dan kekurangan nutrisi lainnya.

5. Kesehatan Jantung

Inilah salah satu manfaat susu kambing yang luar biasa. Hampir terdapat dua kali lipat asam lemak bermanfaat pada susu kambing dibandingkan dengan susu sapi, yang berarti kestabilan kolesterol kita bisa dibantu secara signifikan oleh susu kambing. Dengan menyeimbangkan asam lemak yang penting pada tubuh, kita bisa terhindar dari aterosklerosis, stroke, serangan jantung, dan komplikasi koroner lainnya. Kandungan potasium yang tinggi pada susu kambing juga membantu menurunkan tekanan darah, dimana potasium sebagai vasodilator yang mengendurkan pembuluh darah dan meringankan tensi pada sistem kardiovaskular.

6. Pendorong Kekebalan Tubuh

Jumlah selenium yang ditemukan pada susu sapi hanya sedikit, namun pada susu kambing terdapat jumlah yang signifikan. Mineral yang langka ini adalah komponen inti fungsi sistem kekebalan tubuh, membuat kita bisa lebih menjaga diri dari penyakit dan menangkis infeksi.

7. Pertumbuhan dan Perkembangan

Sebagaimana juga manfaat susu secara umum, susu kambing juga bermanfaat dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Susu kambing sangat kaya akan protein, yang merupakan bagian penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, dimana protein adalah bahan dasar untuk pembentukan sel, jaringan, otot, dan tulang. Dengan memastikan asupan protein yang stabil, kita bisa melindungi proses metabolisme dan menstimulasi pertumbuhan dan kesehatan yang baik.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Walaupun susu kambing memiliki asam lemak lebih banyak dibandingkan susu sapi, namun ternyata susu kambing juga memiliki lemak jahat yang lebih sedikit, yang artinya bisa membantu orang-orang yang ingin menurunkan berat badan tanpa mengganggu kebutuhan nutrisi mereka.

9. Perlindungan Terhadap Lingkungan

Dikarenakan proses pencernaan dari sapi, mereka cenderung untuk menderita perut kembung yang ekstrim, yang keluar dalam bentuk gas metana. Gas ini sangat bersifat korosif pada atmosfir dan juga lapisan ozon. Ilmuwan lingkungan sebetulnya menyatakan bahwa jutaan sapi yang dipelihara untuk diambil daging dan susunya memiliki peran penting atas terjadinya degradasi ozon dan pemanasan global. Dengan mendukung produksi susu kambing, kita bisa melindungi generasi akan datang dan diri kita sendiri dari efek yang berbahaya dari perubahan iklim.

Untuk menjadi perhatian: dikarenakan perbedaan komposisi nutrisi antara susu kambing dan susu sapi, maka tidak dianjurkan untuk memberikan anak anda susu kambing setelah mereka tidak disusui oleh ibunya atau dari susu botol. Setelah mereka beranjak besar, komposisi nutrisi dari susu kambing akan menjadi lebih sesuai. Namun untuk perkembangan yang tepat, lebih bijaksana untuk memulainya dengan susu sapi terlebih dahulu.

Semoga artikel manfaat susu kambing ini mencerahkan dan semakin membuka wawasan anda akan alternatif yang lebih menyehatkan.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: