9 Manfaat Chia Seed yang Mengagumkan Untuk Kesehatan

February 17, 2016

manfaat chia seed

Chia seed menawarkan banyak manfaat kesehatan, beberapa di antaranya termasuk mengendalikan diabetes, menurunkan kadar kolesterol, melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung, mengendalikan hipertensi, dan bahkan mereka mengandung sifat anti-inflamasi.

Chia seed berasal dari pohon chia, yang merupakan tanaman asli negara Meksiko dan Guatemala. Nama ilmiah tanaman ini adalah Salvia hispanica dan Salvia columbariae. Mereka berdua berasal dari keluarga mint (Lamiaceae). Chia seed terlihat mirip dengan biji wijen. Mereka sangat kecil dan gelap. Pohon chia telah dikenal manusia sejak dahulu dan dibudidayakan oleh suku Aztec, Maya, Inca dan suku-suku lain untuk waktu yang sangat lama. Itu adalah makanan pokok bagi mereka dan sejarawan menganggapnya sebagai tanaman penting dan sumber makanan bagi penduduk asli Amerika. Dengan jatuhnya suku Aztec dan penurunan dalam jumlah populasi penduduk asli di wilayah Amerika Utara, penggunaan chia seed juga menurun.

Pada akhir abad ke-19 dan di awal abad ke-20, gandum dan jagung mengganti chia seed sebagai hasil panen utama. Perubahan dalam makanan pokok tersebut dapat dikaitkan dengan para penjelajah dari Eropa yang menjajah dunia baru dan membudidayakan biji-bijian makanan mereka seperti gandum, beras, jagung, kentang, dan ubi jalar.

Dengan demikian, preferensi umum terhadap makanan pokok berubah sejak saat itu. Akibatnya, sisa penduduk asli amerika meninggalkan ‘makanan lama’ mereka dan mengambil ‘makanan baru’. Chia seed telah dilupakan untuk waktu yang lama sampai dengan saat ini. Awal abad ke-20 terlihat kebangkitan chia seed karena semakin banyak orang mulai mengetahui tentang mereka dan manfaatnya.

Nilai Gizi dari Chia Seed

Menurut National Nutrition Database for Standard Reference, 100 gram chia seed mengandung 6 gram uap air, 486 kkal energi, 16 gram protein, 30 gram lemak, 42 gram karbohidrat, 34 gram serat makanan, 630 mg kalsium, 7 mg zat besi, 335 mg magnesium, 860 mg fosfor, 407 mg kalium, 16 mg sodium dan 4 mg seng. Chia seed juga memiliki vitamin seperti vitamin C, thiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin E. Selain itu, chia seed tidak mengandung kolesterol!

Chia seed merupakan sumber antioksidan yang baik. Mereka dilaporkan mengandung konsentrasi asam lemak omega-3 yang sangat tinggi, yang memiliki banyak manfaat dalam hal ‘penuaan yang sehat’. Antioksidan yang terdapat dalam chia seed termasuk glikosida flavonol, asam klorogenat, asam caffeic, kaempferol, quercetin, myricetin dan asam linolenat. Antioksidan ini membantu dalam mengendalikan kadar radikal bebas dalam tubuh.

Manfaat Chia Seed Untuk Kesehatan

1. Mengendalikan Diabetes

Zat tepung dan karbohidrat yang terdapat dalam chia seed dilepaskan perlahan-lahan dibandingkan dengan makanan konvensional seperti nasi dan roti, dan karena itu ideal untuk penderita diabetes sebab kadar gula darah tidak akan melonjak segera setelah makan. Pelepasan gula yang lebih lambat ke dalam aliran darah dapat membantu penyerapannya secara optimal gula untuk masing-masing sel dalam tubuh. Oleh karena itu, diyakini bahwa kebutuhan insulin akan berkurang.

2. Pasokan Asam Lemak Omega-3 yang Tinggi

Salah satu manfaat chia seed yang mengagumkan adalah kandungan asam lemak omega-3 nya yang tinggi, lebih tinggi dari jenis tanaman manapun. Chia seed merupakan sumber yang dianjurkan untuk mendapatkan asupan asam lemak omega-3, disamping dari jenis ikan tertentu seperti salmon dan tuna. Asam lemak omega-3 adalah asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh dan membantu kelancaran banyak fungsi tubuh. Mereka juga membantu dalam mengatasi arthritis, osteoporosis, demensia yang berkaitan dengan usia, kelelahan, dan banyak kondisi lainnya.

3. Pasokan Kalsium yang Tinggi

Ini menjadi salah satu manfaat chia seed yang tak terduga. Jumlah kalsium yang ditemukan dalam chia seed dianggap lebih tinggi dibandingkan dengan yang ditemukan dalam susu skim. Oleh karena itu, mengkonsumsi chia seed setiap hari sangat dianjurkan untuk mengatasi kekurangan kalsium. Kalsium diperlukan untuk memperbaiki fungsi tubuh, kesehatan tulang dan gigi, membantu mengurangi osteoporosis, kelemahan sendi, dan fleksibilitas tubuh secara umum.

4. Meningkatkan Kesehatan Saluran Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam chia seed baik untuk mengatur pergerakan usus dan juga membantu menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Chia seed membuat anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

5. Membantu Menjaga Berat Badan Anda

Chia seed memiliki jumlah serat makanan yang tinggi, kandungan protein yang cukup, tingkat medium karbohidrat, dan asam lemak omega-3. Nutrisi-nutrisi ini, ketika digabungkan, dapat memainkan peranan penting dalam menjaga berat badan seseorang dalam jangka panjang.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat chia seed berikutnya yang tak kalah penting adalah chia seed dianggap sebagai makanan yang ramah bagi jantung. Alasannya adalah bahwa mereka merupakan sumber terkaya asam lemak omega-3 di dunia vegetarian. Asam lemak omega-3 adalah lemak sehat yang melindungi jantung dan mencegah timbulnya penyakit jantung dengan mengurangi kadar asam asam lemak omega-6 (kolesterol jahat) dan menjaga sistem kardiovaskular bebas stress.

7. Merendahkan Kadar Kolesterol

Chia seed diketahui menjadi sumber asam linolenat alpha dan asam lemak omega-3 yang tinggi. Asam lemak ini sangat diperlukan untuk kesehatan yang baik karena mereka secara signifikan mengurangi kadar kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi chia seed meningkatkan kolesterol HDL atau kolesterol baik namun menurunkan kadar total kolesterol.

8. Mengendalikan Hipertensi

Konsumsi secara teratur chia seed telah ditemukan memiliki dampak yang sama layaknya obat biasa untuk hipertensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa chia seed mengendalikan tekanan darah sistolik sebesar 6 ± 4 poin. Hal ini juga mengurangi faktor risiko kardiovaskular pada orang dengan diabetes tipe 2.

9. Sifat Anti-Inflamasi

Manfaat chia seed juga termasuk dalam mengatasi peradangan. Chia seed memiliki tingkat asam linolenat alpha yang tinggi, yang dapat dengan mudah dikonversi menjadi asam lemak omega-3 dan bertindak sebagai pengendali peradangan yang ideal. Asam lemak ini mengendalikan peradangan pada sendi dan arteri. Diperkirakan bahwa asupan harian sekitar 4 gram asam linolenat alpha cukup untuk mencegah arthritis (radang sendi).

Tips untuk Menyajikan Chia Seeds

Chia seed dapat direndam dalam segelas air dan dikonsumsi keesokan harinya dengan sarapan.

Chia seed yang direndam air dapat ditambahkan pada kue atau cookies untuk menghilangkan penggunaan mentega. Makan chia seed yang bertunas juga dapat sangat bermanfaat.

Mereka dapat ditambahkan ke berbagai minuman, jus, dan milk shake sebagai komponen sehat.

Chia seed juga dapat ditaburkan pada berbagai makanan dalam sarapan, makan siang, dan makan malam.
Mereka dapat ditambahkan pada telur untuk membuat dadar sehat atau ditambahkan pada salad sebagai dressing.

Tambahkan chia seed pada susu dan didihkan campuran selama beberapa saat untuk mendapatkan bubur sehat.

Chia seed bisa ditumbuk dan bubuknya dapat ditambahkan ke tepung, susu, dan yogurt.

Chia seed ditambahkan pada rebusan untuk membuat mereka lebih tebal.

Chia Seeds sebagai Unggas Pakan

Baru-baru ini, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ayerza dkk. pada unggas, menyarankan bahwa memberi makan hewan-hewan ini dengan chia seed sebagai pakan ternak akan lebih baik. Peningkatan asupan asam lemak omega-3 pada hewan juga akan menguntungkan orang-orang yang mengkonsumsi daging hewan tersebut.

Demikian artikel tentang manfaat chia seed untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan menambah khazanah pengetahuan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: