9 Manfaat Berpikir Positif Pada Kesehatan Anda

September 17, 2016

berpikir positif

Setiap kali anda menemukan diri anda berada dalam situasi yang baru, apa hal pertama yang terlintas di pikiran anda?

  • Apakah anda tipe orang yang berpikir, “Oh Tuhanku, ini sangat mengerikan!”; atau
  • Apakah anda tipe orang yang berpikir, “Hebat, sesuatu yang baru!”

Pada dasarnya ada dua tipikal orang: pemikir positif dan pemikir negatif. Apakah anda tahu bahwa pemikir negatif cenderung memiliki lebih banyak masalah kesehatan dibanding mereka yang berpikir positif? Berpikir positif tidak saja membuat anda lebih sehat, namun hal itu benar-benar dapat membantu anda memiliki kehidupan yang lebih baik.

Pada artikel kali ini, kita akan melihat lebih dekat pada dampak berpikir positif dan negatif. Pada akhirnya, anda akan meyakini bahwa memiliki sikap ceria terhadap kehidupan adalah kunci untuk umur panjang!

Dampak Dari Pikiran Negatif

Pikiran negatif seperti candu, setelah anda mulai berpikir negatif, mereka akan dengan mudah terus mengisi kepala anda. Dan seperti yang akan anda lihat di bawah ini, hal tersebut menjadi hal terburuk bagi kesehatan anda!

Negatif dan Depresi

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology meneliti pola berpikir mahasiswa yang menderita depresi.

  • Dalam eksperimen pertama mereka menemukan bahwa pikiran negatif selalu kembali, bahkan jika siswa mampu menahan mereka.
  • Dalam eksperimen kedua mereka menemukan bahwa menggunakan pikiran positif membantu untuk mengalihkan perhatian dari pikiran negatif lebih efektif.

Penelitian ini menemukan bahwa pikiran negatif hanya membuat depresi lebih buruk, karena pikiran negatif yang menyertai depresi cenderung berefek lebih berat. Pikiran-pikiran ini dapat merusak upaya anda untuk mengendalikan depresi!

Pikiran Negatif dan Fungsi Kognitif

Dalam sebuah eksperimen yang dipublikasikan pada tahun 2006 dalam Journal of Clinical Psychology, orang dibagi menjadi dua kategori: mereka yang penuh kecemesan dan mereka yang tidak.

Kedua kelompok ini diberi tugas kategorisasi, dan kedua kelompok melakukan performa yang sama ketika item-item yang dikategorikan merupakan anggota dari satu kategori yang sama. Namun, ketika kategori item bertambah, kinerja mereka dalam kelompok pencemas menurun.

Penelitian kedua menemukan bahwa kinerja menurun seiring dengan meningkatnya pikiran negatif. Kedua kelompok diminta melakukan hal yang berbeda, yaitu “bersantai” dan “khawatir”, dan kemudian diberi tugas yang sama. Mereka yang masuk dalam kategori “bukan pencemas” melakukan tugas yang sama buruknya dengan kelompok “pencemas” setelah 15 menit merasa cemas. Kemudian mereka yang “bersantai” melakukan tugas lebih baik daripada rekan yang pencemas, meskipun awalnya mereka masuk dalam kategori “pencemas”.

Apa artinya ini? Pada dasarnya, pikiran negatif dan kecemasan mengurangi fungsi kognitif anda!

Pikiran Negatif dan Rasa Sakit

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 1990 menemukan bahwa pikiran negatif meningkatkan sensasi rasa sakit.

Sebanyak 185 orang yang menderita sakit kronis, anemia sel sabit, dan rheumatoid arthritis dipelajari untuk melihat bagaimana pikiran negatif mempengaruhi rasa sakit mereka, dan sebaliknya.

Mereka yang berpikir negatif dan memiliki banyak pembicaraan negatif dilaporkan tidak hanya menderita rasa sakit, tetapi juga menghadapi tekanan psikologis yang lebih besar. Pasien yang menderita sakit kronis cenderung memiliki lebih banyak pikiran negatif daripada mereka yang menderita sakit intermiten yang disebabkan oleh arthritis dan anemia sel sabit.

Seperti yang anda lihat, nyeri dapat membawa pada pikiran negatif, tetapi berpikir negatif hanya akan membuat rasa sakit lebih buruk!

Gejala Fisik Dari Pikiran Negatif

Berpikir negatif yang mengarah pada stres dapat mendatangkan malapetaka bagi tubuh anda. Ketika rasa khawatir dan cemas anda berubah menjadi stres, gejala berikut dapat terbentuk:
Gejala fisik:

  • Ketegangan otot
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Nyeri dada
  • Pengurangan gairah seks dan libido
  • Masalah tidur dan insomnia
  • Masalah pencernaan
  • Kelelahan

Gejala emosional:

  • Perubahan suasana hati
  • Kecemasan
  • Gelisah
  • Lekas marah
  • Depresi atau kesedihan
  • Kurangnya fokus dan motivasi

Gejala perilaku:

  • Perubahan nafsu makan
  • Penyalahgunaan alkohol dan / atau obat-obatan
  • Menarik diri dari lingkungan sosial
  • Marah yang meledak-ledak
  • Penggunaan tembakau / nikotin

Seperti yang anda lihat, berpikir negatif dan stres benar-benar dapat mengacaukan kesehatan anda, jadi saatnya untuk mengubah pola pikir anda dan mulai berpikir positif!

Apa Itu Berpikir Positif?

Ketika kita mendengar istilah “berpikir positif”, mungkin sebagian besar dari kita secara otomatis memikirkan seseorang yang hanya bisa melihat hal baik di semua hal-hal buruk yang terjadi dalam hidup. Itu jelas bukan definisi berpikir positif, dan itu jelas tidak realistis. Tidak ada yang pernah melihat dunia hanya melalui kacamata berwarna merah mawar!

Berpikir positif tidak sama dengan mencoba untuk mengabaikan hal-hal negatif dalam hidup atau mengabaikan masalah anda. Berpikir positif adalah suatu pendekatan dalam menghadapi tantangan-tantangan atau masalah-masalah dalam hidup dengan sikap positif. Dibanding berpikir negatif dan khawatir terhadap tantangan dan masalah, berpikir positif akan membantu anda dalam mengatasi masalah dengan sikap “bagaimana saya bisa membuat yang terbaik dari situasi ini?’

Bila anda menemukan diri anda berada dalam sebuah situasi, pikiran anda cenderung untuk “menjelaskan” kepada anda. Ini memberi anda penjelasan mengapa sesuatu telah terjadi, dan cara anda menjelaskannya menunjukkan apakah anda adalah orang yang negatif atau positif.

Katakanlah anda baru saja menemukan diri anda terjebak di kantor pada hari Sabtu, melakukan pekerjaan administrasi ekstra:

  • Seseorang yang negatif akan mengeluh tentang bos mereka seperti “melakukan semua pekerjaan ini hanya untuk mereka”, dan bagaimana mereka “selalu terjebak dengan pekerjaan yang buruk”.
  • Seseorang yang positif akan menyelesaikan pekerjaan karena “sesuatu harus dilakukan, dan akulah orang yang melakukannya”.

Seperti yang anda lihat pada contoh diatas, orang yang negatif tidak menikmati pekerjaan lagi, tapi dia tidak menyadari bahwa itu bukanlah hal yang buruk. Sementara orang yang berpikir positif sangat realistis, namun masih bisa menemukan cara untuk melakukan yang terbaik dari situasi yang buruk.

Manfaat Berpikir Positif

Ada sejumlah manfaat mengejutkan yang ditawarkan oleh berpikir positif, dan anda akan kagum bagaimana berpikir positif dapat mempengaruhi kesehatan anda menjadi lebih baik!

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Apakah anda tahu bahwa stres dapat mengurangi kekebalan alami tubuh anda terhadap penyakit? Berpikir positif membantu untuk melawan stres, sehingga mencegah dari merusak sistem kekebalan tubuh anda. Bahkan, berpikir positif sebenarnya telah ditemukan untuk meningkatkan kemampuan tubuh anda untuk melawan penyakit.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jantung anda adalah organ halus yang memiliki peran vital bagi tubuh anda, dimana stres dan rasa cemas dapat mengacaukan fungsi jantung anda. Namun, berpikir positif dapat menurunkan risiko penyakit jantung, termasuk stroke dan serangan jantung. Orang-orang yang berpikir positif cenderung lebih banyak berolahraga, makan sehat, dan hidup lebih bahagia!

3. Melawan Stres

Seperti yang anda baca di atas, stres dapat menyebabkan semua jenis masalah kesehatan. Bukan hanya masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh stres, tapi hampir setiap penyakit dan gangguan di planet ini diperparah oleh kecemasan dan stres. Berpikir positif dapat membantu mengelola stres, sehingga mencegah berbagai masalah kesehatan!

4. Meningkatkan Ketahanan

Penelitian telah menemukan bahwa berpikir positif telah membantu korban krisis pulih lebih cepat. Berpikir pikiran positif membantu anda untuk menjadi lebih tangguh, memungkinkan anda untuk bangkit kembali bahkan dari pengalaman serius atau trauma.

5. Memperpanjang Umur

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of London menemukan bahwa manula yang berpikir positif cenderung menua secara lebih sehat. Ini berarti bahwa mereka menderita masalah kesehatan fisik dan emosional yang lebih sedikit saat mereka bertambah tua. Mereka bahkan memiliki harapan hidup lebih lama daripada rekan-rekan negatif mereka!

6. Mentolerir Rasa Sakit

Dalam satu penelitian yang dipublikasikan di Science Direct, berpikir positif terbukti membantu orang untuk mentolerir rasa sakit. Mengingat bahwa stres dan pikiran negatif menyebabkan sensasi nyeri lebih kuat, maka berpikir positif dapat membantu mengurangi rasa sakit – melalui pengalihan pikiran anda dari rasa sakit, sehingga mentolerir rasa sakit menjadi lebih baik.

7. Membuat Anda Lebih Sehat

Dalam banyak penelitian yang dipublikasikan secara online, para peneliti telah menemukan bahwa orang yang berlatih berpikir positif cenderung lebih sehat karena fakta bahwa mereka dapat merawat dengan baik dirinya sendiri. Mereka melakukan lebih banyak olahraga, makan lebih baik, menikmati hobi mereka dan kegiatan rekreasi lainnya, bersosialisasi, tidur lebih baik, dan menjalani kehidupan yang lebih baik pada umumnya.

8. Mencegah Hipertensi

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu dari banyak hal yang dapat menyebabkan gangguan jantung, penyebab kematian no 1 di dunia saat ini. Berpikir positif telah terbukti menurunkan tekanan darah, sehingga mencegah risiko hipertensi dan masalah jantung lainnya. Rasa cemas telah langsung terkait dengan masalah jantung, sehingga berpikir positif adalah kunci untuk jantung sehat!

9. Manfaat Lain dari Berpikir Positif

Manfaat yang tercantum di atas semua adalah manfaat kesehatan fisik, tetapi ada juga banyak manfaat emosional dari berpikir positif:

  • Menangani masalah yang lebih baik. Jika anda memiliki pandangan yang positif tentang masalah yang anda hadapi, mereka akan lebih mudah untuk dikelola dan diatasi.
  • Lebih menikmati hidup. Jika segala sesuatu dalam hidup anda dapat diambil dengan sebutir pikiran positif, anda akan menemukan bahwa hidup ini jauh lebih menyenangkan!
  • Mengembangkan kebiasaan positif. Menjadi positif membuat anda jauh dari hal-hal berbahaya seperti merokok, alkohol, mengonsumsi obat-obatan, dan makan berlebihan.
  • Meningkatkan harga diri anda. Setelah anda terbiasa untuk berpikir positif tentang situasi eksternal, anda akan segera terbiasa juga berpikir positif tentang diri anda.
  • Membentuk hubungan yang sehat dan positif. Menjadi positif akan menyebabkan anda untuk mencari kebaikan dalam diri orang lain, yang akan membantu anda untuk membentuk hubungan yang positif dengan mereka.

Kesimpulannya adalah bahwa berpikir positif adalah salah satu hal terbaik yang dapat anda lakukan, tidak hanya untuk kesehatan fisik anda, tetapi juga kesehatan emosional anda.

Cara Mengubah Pikiran Negatif Menjadi Pikiran Positif

Apakah anda tipe orang yang memiliki masalah dengan pikiran negatif kronis? Apakah semua pikiran anda selalu diisi hal-hal negatif? Apakah anda sering berbicara pada diri sendiri dengan kata “tidak bisa”? Jika demikian, saatnya untuk mengubah pikiran negatif menjadi pikiran positif, demi kesehatan anda!

Memang tidak mudah untuk mengubah cara anda berpikir, namun hal itu bisa dilakukan! Berikut adalah beberapa cara agar anda dapat mengubah kebiasaan anda dari berpikir negatif menjadi berpikir positif:

Tersenyum

Ini mungkin terdengar klise, tetapi apakah anda tahu bahwa tersenyum telah terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood dan pola pikir anda? Otot-otot di dahi anda secara langsung terkait dengan pusat emosi otak anda, dan mengerutkan mereka menjadi cemberut bisa membuat anda murung dan tertekan. Tersenyum, di sisi lain, mengirimkan pesan senang dan positif pada pikiran anda. Biasakan tersenyum kembali, dan anda akan lebih bahagia.

Melakukan Yoga atau Meditasi

Apa yang menjadikan yoga aktivitas yang luar biasa adalah mereka membantu anda untuk fokus dan mendengarkan kata hati anda. Meditasi juga memiliki manfaat yang sama, dan kedua kegiatan ini akan membantu anda untuk mendengarkan diri anda dan merubah cara anda berpikir. Jika anda mendengar banyak hal negatif, buatlah usaha-usaha untuk mengganti pikiran tersebut dengan pikiran positif.

Secara Sadar Mengganti Pikiran Anda

Setiap kali anda mendapati diri anda berpikir negatif, buatlah usaha secara sadar untuk menggantinya dengan yang positif. Bahkan, anda dapat membuat kebiasaan bahwa setiap kali anda berpikir sesuatu yang negatif tentang seseorang, situasi, atau tantangan, anda harus berpikir dua atau tiga hal yang positif. Dalam waktu singkat, itu akan menjadi kebiasaan!

Kendalikan Hidup Anda

Daripada mengeluh ketika anda menemukan diri anda dalam situasi negatif, ambillah kendali dan tidak membiarkan hal itu terjadi. Buat pilihan sadar apakah anda akan atau tidak melakukan sesuatu, dan berhenti menjadi korban dalam hidup anda sendiri. Mulai berpikir tentang pilihan anda.

Berada di Sekitar Orang-orang yang Positif

Lihatlah orang-orang yang anda sebut teman. Apakah mereka orang-orang positif yang selalu mencari hal baik dalam hidup, atau justru sebaliknya? Dibanding anda berada di sekitar orang-orang negatif yang membuat anda dalam kesengsaraan, temukan orang-orang yang dapat menarik anda keluar dari kenegatifan. Semakin positif anda tentang hidup anda, semakin terang dunia di sekeliling anda.

Membantu Memecahkan Masalah Orang Lain

Apakah anda merasa stres atau khawatir tentang situasi-situasi yang anda hadapi? Lupakan sejenak masalah anda dan mulai membantu orang lain dengan masalah-masalah yang mereka hadapi. Setelah semua itu, anda mungkin menyadari bahwa hidup anda tidak seburuk seperti yang anda pikir, dan anda boleh bersyukur karenanya.

Bernyanyi

Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa bernyanyi membantu untuk memerangi depresi dan meningkatkan mood anda. Semakin anda bernyanyi, anda akan menjadi semakin bahagia. Ini merupakan kegiatan pelepasan stress yang hebat, ditambah lagi bernyanyi merupakan kegiatan yang penuh dengan keceriaan.

Membaca

Sama halnya seperti anda harus mengelilingi diri anda dengan orang-orang yang positif, anda juga harus membaca buku-buku, kutipan atau artikel-artikel yang positif. Temukan podcast yang menginspirasi anda, atau temukan kutipan positif dan tempelkan di sekitar rumah anda. Semakin anda dikelilingi hal positif, semakin baik!

Buat Daftar Terima Kasih

Khawatir atau stres tentang sesuatu, atau memiliki pikiran negatif yang mengganggu pikiran anda? Dibanding menyerah pada kekhawatiran, buatlah daftar hal-hal dimana anda harus positif atau berterima kasih. Biasakan untuk membuat daftar 5 sampai 10 item setiap kali anda dilanda stress.

Faktanya adalah berpikir positif akan meningkatkan kehidupan anda dalam setiap cara, jadi saatnya untuk mulai mengganti pikiran negatif lama anda dengan positif yang baru. Temukan cara dimana anda secara sadar mengetahui bahwa anda sedang berpikir negatif dan biasakan untuk berpikir positif dalam setiap situasi.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: