8 Manfaat Selai Kacang Untuk Kesehatan

June 10, 2017

selai kacang

Ketika anak-anak, roti isi selai kacang mudah menjadi favorit dan selalu menjadi teman sarapan pagi anda. Kemudian ketika anda tumbuh dewasa, anda mulai mengkhawatirkan kesehatan anda dan menganalisis semuanya. Anda mendapatkan selai kacang dan anda bertanya-tanya, apakah saya akan menyingkirkan makanan ini atau tetap menjadikannya bagian dari diet anda.

Jika anda merasa ragu-ragu terhadap manfaat selai kacang, perlu anda ketahui bahwa selai kacang memiliki sejumlah poin plus. Teruslah membaca …

Manfaat Selai Kacang Untuk Kesehatan

1. Sumber Protein

Manfaat selai kacang yang terutama adalah mereka merupakan sumber protein. Dua sendok makan selai kacang adalah jumlah yang harus anda konsumsi jika anda ingin berada di skala sehat dari konsumsi selai kacang. Dua sendok makan ini dikemas dalam 7 gram protein. Inilah sebabnya mengapa selai kacang diatas roti bakar menjadikan sarapan pagi atau pilihan menu pagi hari yang hebat.

Sebagai makanan kaya protein, saat anda makan selai kacang anda akan merasakan kenyang lebih lama. Selain itu protein juga baik untuk membangun dan memperbaiki otot, yang sangat penting terutama jika anda berolahraga.

2. Sahabat Jantung

Bagi anda yang menyukai selai kacang namun khawatir terhadap lemak dari selai kacang, anda tentu akan senang mendengar pendapat dari Harvard Medical School yang mengatakan bahwa selai kacang ternyata baik untuk kesehatan jantung anda. Selai kacang memang memiliki bagian dari lemak jenuh, tapi layaknya minyak zaitun, ia juga memiliki persentase lemak tak jenuh yang tinggi yang membantu memenuhi syarat untuk jantung sehat.

Bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, makan selai kacang berkualitas tinggi seperti ini justru bisa meningkatkan kesehatan jantung anda, terutama bila dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak pernah makan kacang sama sekali.

3. Tambahan potasium

Sebagian besar dari kita mungkin memiliki terlalu banyak sodium dalam tubuh sebagai akibat makanan yang kita asup dan seperti yang mungkin sudah anda ketahui, sodium dapat menyebabkan kerusakan pada sistem kardiovaskular anda. Selai kacang bertindak sebagai sumber potasium yang sangat baik, dan potasium bisa menempuh perjalanan panjang untuk melawan bahaya sodium.

4. Lemak Sehat

Kekhawatiran umum terhadap konsumsi selai kacang adalah kandungan lemaknya. Namun, seperti yang telah disebutkan di atas selai kacang mengandung lemak tak jenuh lebih banyak dibanding lemak jenuh. Ini berarti selai kacang sebenarnya sumber besar dari “lemak sehat”. Tubuh yang sehat membutuhkan pasokan lemak sehat dan seperti minyak zaitun dan alpukat, selai kacang adalah makanan yang ramah.

(Baca juga 19 Manfaat Buah Alpukat yang Mengagumkan)

5. Pendongkrak Energi

Seperti telah dibahas, selai kacang mengandung cukup lemak sehat dan protein. Ini berarti selai kacang mengandung banyak kalori yang akan memberi anda banyak energi untuk aktivitas. Sekali lagi, cocok untuk sarapan pagi karena memberi anda dorongan energi untuk menjalani hari.

6. Kaya Serat

Dua sendok makan sajian selai kacang tidak hanya dikemas dengan banyak protein tapi juga memberi anda 2 gram serat. Konsumsi serat yang memadai sangat penting untuk kesehatan tubuh anda dan tentu saja anda bisa mendapatkan lebih banyak serat dari makanan lain, namun selai kacang dapat membantu memenuhi kebutuhan serat anda.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mungkin manfaat selai kacang yang satu ini terdengar aneh, tapi sebenarnya tidak. Meskipun mengandung lemak dan sodium, namun selai kacang sebenarnya bagus untuk anda dalam membantu menurunkan berat badan. Karena kandungan protein dan seratnya, saat anda makan selai kacang anda benar-benar merasa kenyang lebih lama. Akibatnya, anda cenderung tidak menginginkan makanan cepat saji dan makanan ringan yang tidak sehat. Ini berarti anda makan lebih sedikit secara keseluruhan, dan usaha menurunkan berat badan menjadi lebih sederhana.

8. Dikemas Dengan Nutrisi

Selain protein, serat, lemak sehat, potassium yang telah disinggung diatas, selai kacang juga mengandung antioksidan, magnesium dan nutrisi lainnya. Daftar hal baik tentang selai kacang terus berlanjut. Satu porsi selai kacang akan memberi anda setidaknya 3 mg antioksidan Vitamin E. Selain itu, anda juga akan mendapatkan magnesium (sekitar 49g) yang sangat baik untuk pembentukan tulang dan pemulihan otot serta sejumlah kecil namun masih penting (0,17 mg) dari Vitamin B6 yang akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh anda.

Anda juga bisa menemukan sejumlah kecil seng dalam selai kacang dan ini juga bisa berperan sebagai pendorong imunitas yang baik.

Cara Membeli Selai Kacang yang Benar

Tentu saja semua selai kacang tidak dibuat sama sehingga anda harus berbelanja dengan hati-hati. Bukan hanya sekedar persentase lemak. Berikut adalah beberapa tip singkat untuk membantu anda membuat keputusan.

  • Semua selai kacang alami adalah pilihan tepat jika anda ingin meminimalkan asupan lemak tidak sehat. Selai kacang alami biasanya mengandung kacang sebagai bahan utama mereka sementara yang lain (tidak alami) terkadang mengandung bahan buatan lainnya untuk meningkatkan rasa.
  • Kandungan gula pada selai kacang harus menjadi faktor penentu. Merek selai kacang komersial terkadang memiliki gula hingga 250 mg (lebih dari satu sendok makan) lebih banyak daripada merek alami. Namun, gula tersebut memberi kontribusi yang besar terhadap rasa, jadi jika anda menggunakan selai kacang untuk dimasak bersama, sedikit tambahan gula bisa menjadi lebih baik.
  • Carilah kandungan sodium pada daftar kandungan di bagian belakang toples selai kacang anda. Sekali lagi, selai kacang alami biasanya memiliki sedikit sodium. Terlalu banyak sodium juga bisa menutupi rasa kacangnya.

Selai kacang alami adalah pilihan yang lebih baik namun jika anda tidak dapat menemukan pilihan alami, selai kacang jenis lainnya pun tidak masalah. Jika anda hanya makan 2 sendok makan selai kacang per hari, selai kacang komersial dengan tembahan garam dan gula tidak akan berbahaya untuk kesehatan anda.

 

 

Previous post:

Next post: