8 Manfaat Buah Semangka yang Mengagumkan

January 31, 2017

manfaat buah semangka

Manfaat Buah Semangka – Apakah ada buah lain yang dapat dibandingkan dengan kebaikan semangka di musim panas?

Maksud saya, tidak ada makanan di musim panas yang lengkap tanpa beberapa potong semangka yang menyegarkan.

Buah semangka pada dasarnya 92% terdiri dari air – hal ini berarti berbicara tentang tetap terhidrasi! Saya yakin ini adalah alasan besar mengapa semangka berada di mana-mana selama musim panas, dimana panas telah membuat kita berkeringat dan menyebabkan kita mengalami dehidrasi.

Karena semangka sangat berisi air, anda juga bisa membelinya dalam bentuk jus dingin atau mencampurkannya di smoothie anda untuk beberapa tambahan vitamin dan asam amino.

Ya benar – asam amino, penyusun protein yang tidak dapat dibuat oleh tubuh anda, tetapi sangat dibutuhkan. Anda tidak berpikir semangka mengandung zat ini bukan?

Kandungan Nutrisi Dalam Buah Semangka

Buah berwarna cerah ini berisi vitamin, mineral, asam amino, antioksidan, dan fitonutrien yang mengagumkan.

Hanya satu cangkir buah semangka menyediakan:

  • 17% dari vitamin A – 865 IU
  • 21% dari vitamin C – 12,3 mg
  • 5% kalium – 170 mg
  • Thiamin – 0.050 mg
  • Riboflavin – 0,032 mg
  • Niasin – 0,271 mg
  • Vitamin B6 – 0.068 mg
  • Folat – 5 ug
  • Magnesium – 15 mg
  • Fosfor – 17 mg
  • Zinc – 2 mg
  • Tembaga – sejumlah kecil
  • Mangan – sejumlah kecil
  • Selenium – sejumlah kecil
  • Kolin – sejumlah kecil
  • Lycopene – 6979 mcg

Sulit untuk dipercaya bahwa anda mendapatkan semua itu hanya untuk 46 kalori!

Buah semangka tidak tinggi antioksidan layaknya buah-buahan lain seperti blueberry, tetapi memiliki citrulline – asam amino, dan lycopene – antioksidan menyehatkan yang juga terdapat dalam buah tomat.

Buah Semangka adalah Raja Citrulline

Buah semangka merupakan sumber terbaik dari citrulline dalam makanan kita.

Meskipun anda akan menemukan citrulline di bagian daging merah semangka, namun konsentrasi tertinggi ada pada bagian kulit berwarna putih.

Berita baiknya: anda dapat memakannya.

Jika selama ini anda memakan buah semangka hanya daging berwarna merah saja, kali ini anda harus mempertimbangkan untuk memakan bagian kulit yang berwarna putih.

Ketika tubuh kita mencerna citrulline, hal itu akan diubah menjadi arginin, asam amino esensial yang lain. Buah semangka telah terbukti meningkatkan tingkat citrulline dan arginin dalam darah kita sehingga kita memiliki lebih banyak untuk digunakan.

“Asam amino mendorong aliran darah, yang membawa pada kesehatan jantung, peningkatan sirkulasi darah, dan menurut penelitian di Texas A & M University, memperbaiki disfungsi ereksi”, yang mungkin mengapa semangka kadang-kadang dijuluki viagra dari dunia buah.

Meskipun misalkan ada banyak kandungan citrulline dalam buah semangka, kita tidak bisa mengandalkannya sebagai satu-satunya sumber dari arginin. Bahkan, anda harus makan 2.5 kg semangka untuk mendapatkan jumlah arginin yang direkomendasikan.

Kita menyukai buah semangka, namun rasanya tidak menyukai jika harus mengkonsumsinya dalam jumlah banyak sekali waktu.

Buah Semangka memiliki Lycopene Lebih Banyak Dibanding Tomat

Satu cangkir buah semangka segar setara dengan 1,5 kali jumlah lycopene yang ditemukan dalam tomat besar.

Lycopene adalah phytonutrisi, yang berarti itu adalah nutrisi alami pada tanaman dan juga bermanfaat untuk kesehatan kita bila dimakan.

Lycopene bertanggung jawab untuk memberikan karakteristik warna merah untuk semangka, tomat, jambu biji, dan jeruk bali merah. Semakin semangka anda matang, semakin gelap warnanya, dan semakin tinggi konsentrasi lycopene-nya.

Fitonutrien membuat sel-sel kita untuk berfungsi dan berkomunikasi pada tingkat yang optimal. Ketika mereka bekerja sama secara efektif, tubuh kita dapat mengikuti reaksi enzim penting, yang mengarah ke proses seperti:

  • Membuat jaringan sehat dan sistem organ
  • Detoksifikasi zat-zat asing
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Memelihara otot yang akan bekerja baik saat dibutuhkan

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Banyak orang berpikir bahwa buah semangka adalah semua gula dan air, namun beberapa fakta dibawah ini akan membuka pikiran anda bahwa semangka ternyata memiliki manfaat kesehatan yang mengagumkan untuk tubuh kita.

1. Menurunkan Tekanan Darah & Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat buah semangka yang pertama adalah mereka membantu menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi, menempatkan jutaan orang pada risiko penyakit jantung, serangan jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

Citrulline dan arginin membantu tubuh kita mensintesis dan menghasilkan oksida nitrat (NO).
NO merupakan gas yang menyebabkan otot-otot sekitar pembuluh darah tubuh untuk rileks dan longgar. Hal ini juga membantu arteri menjadi lebih fleksibel, yang membuatnya lebih mudah untuk darah mengalir, sehingga tekanan darah menurun.

Satu penelitian gabungan dari Universitas Purdue dan University of Kentucky bertujuan untuk menguji teori bahwa citrulline dalam buah semangka bisa memiliki manfaat untuk kesehatan jantung.

Mereka memisahkan kelompok tikus, dimana setengah kelompok pertama minum air yang mengandung 2% jus semangka, sementara separuh lainnya menerima jumlah yang sama dari air namun diberi supplemen dengan kandungan karbohidrat yang sama dari jus semangka tadi.

Setelah semua tikus makan diet tinggi kolesterol dan lemak jenuh, para peneliti melihat bahwa tikus yang minum jus semangka memiliki kolesterol LDL sekitar 50% lebih sedikit, atau kolesterol jahat, dan juga mengalami pengurangan plak di arteri mereka sampai dengan 50%.

Di atas hasil yang luar biasa tersebut, tikus yang minum jus semangka hanya memperoleh 30% dari berat badan dibanding peminum non-semangka.

Ketika peneliti menganalisis tingkat citrulline pada kedua kelompok tikus tersebut, mereka melihat peningkatan kadar asam amino pada tikus semangka, yang berarti tubuh mereka mampu mengambil keuntungan penuh dari itu.

Para ilmuwan percaya bahwa citrulline dalam semangka mampu menurunkan kolesterol, menurunkan kolesterol jahat, dan bahkan melawan berat badan.

Studi lain yang dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension membuktikan bahwa ekstrak semangka menurunkan tekanan darah dan bahkan hipertensi pada orang dewasa gemuk. Mengurangi tekanan darah tinggi menurunkan semua risiko menakutkan untuk penyakit jantung, jadi ini adalah berita besar.

2. Melawan Resisten Insulin

Manfaat buah semangka berikut ini masih menjadi polemik di kalangan para ahli.

Kita tahu bahwa tubuh kita membutuhkan hormon insulin untuk membantu mengatur kadar gula darah.

Tapi ketika anda menjadi resisten insulin, seperti ketika anda memiliki penyakit diabetes tipe 2, tubuh memproduksi insulin, namun sel-sel tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan menjadi resisten terhadap cara insulin bekerja. Karena itu, menjadi sangat sulit untuk menjaga kadar gula darah stabil dan menyebabkan kadar glukosa darah tinggi dan obesitas.

Namun, beberapa studi menghubungkan arginin dalam semangka dengan resistensi insulin menurun, yang berarti lebih mudah bagi tubuh untuk menggunakan insulin dengan bantuan arginin yang ditemukan dalam semangka.

Ini mungkin tampak kontra intuitif bagi penderita diabetes untuk makan semangka karena mereka memiliki gula sederhana seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa, dan memiliki Indeks GI sangat tinggi sekitar 72. Jadi tidak disarankan akan mengkonsumsinya terlalu banyak. Namun menurut penelitian, makan sedikit sedikit mungkin memberikan beberapa manfaat.

Jika anda mengikuti rencana diet diabetes atau diet diabetes gestational, pastikan untuk menghitung karbohidrat dalam porsi semangka anda dan anda harus menikmatinya dalam jumlah moderat.

3. Menenangkan Nyeri Otot

Mungkin anda tidak akan menduga dengan manfaat buah semangka yang satu ini.

Jadi anda memutuskan untuk melakukan perlawanan berat badan anda di gym. Setelahnya anda merasa otot anda sakit bukan?

Nah, apakah anda tahu bahwa buah semangka sebenarnya membantu otot anda merasa lebih baik setelah latihan yang intens?

Menurut sebuah penelitian, citrulline dan arginin yang ditemukan dalam jus semangka membantu meningkatkan sirkulasi pada atlet yang mengikuti latihan intens. Selain itu, para peneliti menemukan bahwa minum jus semangka terlebih dahulu membantu mengurangi nyeri otot pada hari berikutnya.

Para peneliti juga ingin tahu apakah arginin dan citrulline dapat meningkatkan tingkat kinerja selama latihan.

Satu penelitian menemukan bahwa ketika arginin dan citrulline diambil bersama-sama, ada peningkatan kinerja dalam bidang yang tidak terlatih, tapi tidak dalam yang biasa terlatih.
Atlet profesional mungkin tidak terlalu merasakan efek ini, tapi pemula yang ingin berlatih harus menambahkan jus semangka dalam tas olahraga mereka.

4. Memerangi Peradangan

Salah satu manfaat buah semangka yang penting juga adalah mereka membantu memerangi peradangan.

Lycopene merupakan antioksidan yang telah dikenal untuk sifat anti-inflamasinya yang luar biasa dan ada segudang dalam semangka.

Peradangan tidak hanya terjadi ketika anda menderita arthritis. Anda bisa memiliki peradangan sistemik, yang mempengaruhi lebih banyak dari sendi anda.

Lycopene bekerja untuk melindungi tubuh anda dari kerusakan sel dan melawan radikal bebas yang menyebabkan hal itu.

Buah semangka juga mengandung cucurbitacin E, senyawa yang mengurangi aktivitas nyeri dan enzim penyebab peradangan. Ia bekerja untuk memblokir enzim tertentu seperti aspirin dan ibuprofen.

Jadi semangka tidak hanya bertempur melawan hal-hal jahat, tetapi mencoba untuk meringankan rasa sakit anda hingga tubuh anda menyembuhkan semuanya.

Artikel terkait memerangi peradangan:
manfaat lemon
manfaat wortel
manfaat buah delima

5. Mencegah Kanker

Manfaat buah semangka lainnya yang mengagumkan adalah kemampuannya mencegah kanker.

Pelawan radikal bebas lycopene adalah yang paling penting dalam mengalahkan sel yang berpotensi kanker.

National Cancer Institute mengatakan bahwa hasil dari beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa “lycopene mungkin memiliki efek perlawanan untuk kanker prostat, kulit, paru-paru, payudara dan hati”.

Seperti Dr. Mercola katakan: “Satu penelitian menemukan bahwa terapi lycopene mengurangi pertumbuhan tumor otak, sementara yang lain menunjukkan asupan lycopene secara rutin menekan pertumbuhan tumor payudara pada tikus”.

Buah semangka memiliki bentuk paling terkonsentrasi dari lycopene yang ditemukan dalam makanan, namun penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk membuktikan efek antikanker.

Baca juga 13 Hal yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mencegah Kanker di Masa Depan.


6. Hidrasi dengan Natural Elektrolit

Letakkan minuman energi anda! Mereka tidak hanya memberikan kafein terlalu banyak untuk sistem anda, tetapi juga sejumlah penumpukan tidak sehat: gula.

Sebaliknya, beberapa irisan semangka, atau jus semangka dingin untuk botol air anda untuk mengalahkan dehidrasi.

Tentu, buah semangka terdiri dari 92% air, namun juga penuh elektrolit penting untuk menjaga anda terhidrasi. Elektrolit terbaik dalam semangka adalah kalium. Ini membantu mengatur tingkat hidrasi dalam tubuh dan memungkinkan oksigen untuk bersirkulasi untuk semua sel. Ini juga penting untuk mengatur detak jantung dan fungsi otot.

Apa yang lebih buruk adalah ketidakseimbangan kalium dan natrium (seperti ketika anda makan banyak makanan asin dan tidak cukup buah-buahan dan sayuran) dapat meningkatkan risiko anda untuk terkena tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan bahkan stroke.

Dengan 5% kalium per porsi, semangka adalah cara cepat untuk memenuhi kebutuhan kalium dan elektrolit. Selain itu kalium juga bagus untuk pencernaan anda.

7. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan dan Mencegah Batu Ginjal

Manfaat buah semangka lainnya yang tak kalah penting adalah melancarkan pencernaan.

Gula dalam buah semangka akan memberikan dorongan mental yang cepat, air akan merehidrasi anda, dan serat akan membuat anda kenyang lebih lama sampai makan berikutnya.

“Buah semangka mengandung serat makanan untuk kesehatan pencernaan serta kalium, mineral yang membantu menjaga tekanan darah stabil”, kata Cynthia Sass, MPH, RD, seorang editor kesehatan.

Kalium dalam semangka juga benar-benar baik untuk menghilangkan racun dan membersihkan limbah dari darah kita. Jika kita tidak dapat membersihkan racun ini, maka akan menumpuk di ginjal kita dan dapat menyebabkan konsentrasi asam urat yang lebih tinggi dalam darah kita, yang lama kelamaan dapat membentuk batu ginjal. (Baca juga artikel cara mengobati batu ginjal)

Karena semangka adalah diuretik alami, maka hal yang lumrah jika anda harus buang air kecil lebih dari biasanya. Tapi ini adalah hal yang baik!

Setiap kali anda pergi ke toilet, anda menghilangkan limbah dari tubuh anda dan membantu ginjal anda. Semangka adalah cara yang aman dan efektif untuk merileksasi ginjal, kecuali diuretik lain seperti kopi atau pil penurunan berat badan.

8. Menjaga Kulit Anda Terlihat Baik

Manfaat buah semangka juga termasuk menjaga kesehatan kulit.

Kita semua tahu bahwa tetap terhidrasi adalah super penting untuk kulit dan rambut yang sehat, tetapi apakah anda tahu bahwa vitamin A dan C juga akan membantu anda terlihat paling baik?

Ada sekitar 18% vitamin A dalam satu porsi semangka, dan 21% vitamin C.

Mengapa vitamin ini begitu penting?

Nah, mereka membantu melembabkan kulit dan rambut anda serta membangun dan memelihara kolagen, sehingga terlihat halus dan kenyal.

“Vitamin A memiliki struktur molekul yang cukup kecil sehingga dapat masuk ke lapisan bawah kulit, dimana ia bertemu kolagen dan elastin”, sehingga melembabkan dari dalam untuk melawan garis-garis halus dan kerutan serta memperbaiki tekstur kulit anda dengan menjaga tetap terhidrasi.

Vitamin C bekerja bersama-sama dengan vitamin A dengan membangun dan mempertahankan tingkat kolagen kita, “yang menyediakan struktur untuk kulit dan rambut”. Ingat, 80% dari kulit kita adalah kolagen sehingga kita ingin memastikan mereka selalu tampak hebat.

Makanan yang kaya vitamin C menawarkan perlindungan dari sinar matahari yang merusak dan meringankan bintik-bintik gelap pada kulit. Anda juga akan mendapat penyembuhan lebih cepat berkat vitamin C.

 

 

Previous post:

Next post: