8 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

July 28, 2016

manfaat semangka

Ada banyak manfaat buah semangka untuk kesehatan termasuk diantaranya mencegah dari gangguan ginjal, kanker, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes, impotensi dan degenerasi makula.

Pertanyaannya adalah mengapa ada begitu banyak orang menyukai buah semangka, yang memiliki nama latin Citrullus Lanatus. Pada pandangan pertama, semangka mungkin tampak seperti sebuah bola air yang besar. Kita semua tahu bahwa tidak ada yang lebih menyegarkan dari irisan besar buah semangka pada hari atau musim yang panas. Namun di balik rasanya yang menyegarkan, sebenarnya ada banyak manfaat dari buah semangka.

Buah semangka yang dianggap tanaman berbunga menyerupai anggur, sebenarnya berasal dari Afrika Selatan, dan di sanalah banyak varietas liar tumbuh dalam jumlah yang melimpah, mulai dari rasa yang super manis hingga rasa yang pahit, dan juga bervariasi dalam ukuran. Mereka kemudian menyebar ke utara ke Mesir, dan dibudidayakan di Lembah Sungai Nil, dan akhirnya pindah ke timur Cina, sekitar 1.000 tahun yang lalu. Saat ini, buah semangka tumbuh di seluruh dunia. Untuk kebutuhan budidaya dan konsumsi, dipilih secara selektif varietas yang memiliki ukuran besar dan air yang banyak, yaitu yang anda banyak jumpai saat ini di pasar-pasar. Kulit buah terluar memiliki daging yang keras berwarna hijau dan jarang dimakan, sedangkan bagian dalam memiliki daging berwarna merah lembut dan mengandung banyak biji; ini adalah bagian dari semangka yang umumnya dimakan. Saat ini juga telah banyak dibudidayakan varietas semangka tanpa biji yang membuat semakin mudah untuk dikonsumsi.

Untuk dapat mengakses secara total manfaat kesehatan dari buah semangka, sangat tergantung pada varietas dan kematangan dari semangka. Beta karoten dan likopen biasanya tersedia dalam jumlah paling tinggi setelah buah semangka benar-benar matang, dan jangan takut untuk mengkonsumsi kulit semangka; karena ada beberapa nutrisi disana, terutama serat.

Nilai Gizi dari Buah Semangka

Manfaat kesehatan dari buah semangka terutama berasal dari nutrisinya yang unik, serta berbagai vitamin, mineral, dan senyawa organik yang dikandung didalamnya. Ini termasuk sejumlah besar vitamin C, magnesium, kalsium, serat, protein, dan juga kalium dalam jumlah yang tinggi. Selain itu, semangka mengandung vitamin A, vitamin B6, thiamin, niasin, serta karotenoid dan fitonutrien, termasuk likopen!
Komponen-komponen buah semangka ini berkontribusi besar terhadap kesehatan. Mari kita menelesuri lebih dalam manfaat-manfaatnya di bawah ini.

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

1. Mengatasi Gangguan Ginjal

Salah satu manfaat buah semangka yang terutama adalah memberi bantuan dalam gangguan ginjal. Buah semangka mengandung kalium yang tinggi, dimana ini membantu dalam membersihkan endapan beracun di ginjal. Selain itu, kalium juga membantu dalam mengurangi kadar asam urat dalam darah, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan ginjal dan terbentuknya batu ginjal di organ tersebut. Sebagai tambahan, karena buah semangka mengandung kandungan air yang tinggi maka akan merangsang buang air kecil lebih sering, yang pada akhirnya membantu pembersihan ginjal. Juga, antioksidan yang terdapat dalam buah semangka mendorong kesehatan ginjal yang lebih baik dalam jangka panjang, serta mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan noda-noda hitam pada kulit.

2. Mencegah Stroke Karena Panas

Buah semangka cukup efektif ketika digunakan untuk menurunkan baik suhu tubuh maupun tekanan darah. Sepanjang musim panas, banyak penduduk di daerah tropis mengkonsumsi buah semangka setiap hari untuk melindungi diri dari serangan panas. Misalnya di India, anda akan banyak menemukan buah ini dijual oleh para pedagang di hampir setiap jalan selama musim panas. Begitu juga di Indonesia, anda akan menemukan banyak penjual buah semangka ketika musim panas. Tingginya jumlah air yang terkandung dalam buah semangka juga mendorong keluarnya kelebihan cairan melalui keringat, dimana pada akhirnya hal ini akan membawa pada pendinginan tubuh anda.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kalium dan magnesium yang ditemukan dalam jumlah cukup dalam buah semangka, memiliki manfaat yang penting dalam menurunkan tekanan darah. Kalium dikenal sebagai vasodilator, yang berarti ia dapat melepaskan ketegangan dari pembuluh darah dan arteri, kemudian merangsang kelancaran peredaran darah serta menurunkan ketegangan dari sistim kardiovaskular. Karotenoid yang hadir dalam buah ini juga mencegah pengerasan dinding arteri dan viena, sehingga membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah kemungkinan pembekuan darah, stroke, serangan jantung dan aterosklerosis.

4. Mencegah Kanker

Ini adalah salah satu manfaat buah semangka yang luar biasa. Semangka telah menjadi perhatian publik selama beberapa tahun terakhir, terutama karena kandungan likopennya yang mengesankan, yaitu senyawa phytonutrisi karotenoid yang semakin terkait dengan pencegahan kanker. Sebagaimana penelitian yang telah dilakukan bertahun-tahun, dimana penelitian terus membawa hasil yang konsisten, dimana likopen telah terbukti secara signifikan mengurangi risiko kanker paru-paru, prostat, payudara, usus besar, dan endometrium. Diatas semua, diantara potensi antioksidan dari vitamin C dan dampak dari lycopene, semangka adalah buah anti kanker yang luar biasa!

5. Membantu Penderita Diabetes

Penderita diabetes, yang seharusnya memiliki energi yang rendah dan diet rendah gula, sering mengeluh tentang rasa lapar karena mereka tidak bisa makan menu pokok mereka, sehingga memberikan mereka perasaan setengah kenyang. Semangka bisa menjadi suplemen yang baik untuk mereka. Meskipun memiliki rasa yang manis, namun irisan yang tebal akan memberikan sedikit kalori, karena sembilan puluh sembilan persen dari berat total terdiri dari air dan serat. Selain itu, berbagai vitamin dan mineral seperti kalium dan magnesium membantu dalam berfungsinya insulin dalam tubuh, sehingga menurunkan tingkat gula darah. Komponen lain yang ditemukan dalam buah semangka, yaitu arginine, juga efektif membantu meningkatkan fungsi insulin pada gula darah.

6. Perawatan Jantung

Manfaat buah semangka lainnya yang tak kalah penting adalah dalam menjaga kesehatan jantung. Lycopene, karotenoid yang ditemukan melimpah dalam semangka, membantu meningkatkan fungsi jantung. Beta karoten, antioksidan yang luar biasa dan dikenal memiliki sifat anti-penuaan, juga membuat anda tampak lebih muda dan mencegah masalah jantung yang berkaitan dengan usia. Serat yang terkandung dalam semangka serta tingkat energi yang sangat rendah, bersama-sama dengan vitamin-C, karotenoid dan kalium (kalium mengurangi risiko serangan jantung), membantu mengurangi kolesterol dan menjaga jantung anda aman dari berbagai kondisi berbahaya.

7. Mencegah Degenerasi Makula

Jika anda mengkonsumsi buah semangka dalam jumlah cukup seharusnya anda tidak perlu mengkhawatirkan tentang kesehatan mata anda termasuk degenerasi makula karena kandungan betakaroten, vitamin C, zeaxanthin dan lutein yang hadir dalam semangka akan melindungi mata anda. Mereka akan memastikan mata anda terhindar dari kebutaan terkait usia dan degenerasi. Selain itu antioksidan-antioksidan ini juga akan melindungi anda dari kerusakan mata seperti mata kering, kerusakan saraf mata dan glaukoma.

8. Mencegah Impotensi

Arginine, komponen yang terdapat dalam buah semangka, bermanfaat dalam menyembuhkan disfungsi ereksi, dan sifat stimulasi yang dimiliki zat ini dapat meningkatkan libido dan memberikan gairah pada kehidupan cinta anda, setelah anda menikmati beberapa potong buah semangka tentu saja.

Manfaat Lainnya:

Lycopene yang ditemukan dalam buah semangka efektif dalam memperbaiki jaringan yang rusak. Biji semangka kaya akan kandungan lemak dan protein. Buah semangka juga mengandung phytonutrient, dimana memiliki efek yang baik untuk kesehatan dan fungsi yang tepat dari organ-organ dalam tubuh, mata dan sistem sekresi.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: