8 Manfaat Buah Durian yang Mengagumkan Untuk Kesehatan

January 20, 2016

buah durian

Buah durian merupakan salah satu buah eksotis yang terkenal dan kontroversial di banyak bagian Asia Tenggara, termasuk Indonesia. serta memiliki daftar panjang untuk manfaat kesehatannya, termasuk kemampuannya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker dan menghambat aktivitas radikal bebas, meningkatkan pencernaan, memperkuat tulang, meningkatkan tanda-tanda anemia, menyembuhkan insomnia, mencegah penuaan dini, menurunkan tekanan darah, dan melindungi terhadap penyakit kardiovaskular.

Beberapa manfaat buah durian lainnya yang lebih minor adalah membantu mengendalikan diabetes, mengurangi peradangan pada sendi, membantu kesehatan tiroid, mengurangi sakit kepala, serta gejala depresi ringan, kecemasan, dan stres.

Durian sering disebut “raja buah” di negara-negara Asia Tenggara. Buah ini merupakan buah asli negara Malaysia, Indonesia, Brunei, dan mungkin Filipina. Ini adalah buah yang besar, memiliki tinggi hingga 30 cm dan lebar 15 cm, dengan duri-duri di sepanjang permukaannya dan daging berwarna kuning. Dari 30 varietas buah durian, 9 dari mereka umumnya digunakan untuk dikonsumsi atau diolah, dan hanya satu yang ditemukan berada di luar pertumbuhan daerah lokal, yaitu spesias durio zibethinus.

Alasan buah durian sering dianggap kontroversial adalah karena baunya memiliki efek membuat keributan. Bau buah ini bagi sebagian orang terasa menyenangkan, namun tidak bagi sebagian orang yang lain. Hal ini telah menyebabkan buah durian dilarang pada transportasi umum di beberapa negara Asia tertentu. Namun di balik baunya yang kuat ini, terdapat banyak manfaat kesehatan dari buah durian.

Nilai Gizi dari Buah Durian

Sebagian besar manfaat kesehatan buah durian berasal dari kandungan vitamin dan mineralnya yang mengesankan. Buah ini mengandung vitamin seperti vitamin C, asam folat, thiamin, riboflavin, niasin, serta vitamin A dan B6. Kemudian mineral penting seperti kalium, zat besi, kalsium, magnesium, natrium, seng, dan fosfor. Selain itu mereka juga mengandung nutrisi seperti fitonutrien, air, protein dan lemak yang menguntungkan.

Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

Manfaat kesehatan dari buah durian seperti dijelaskan di bawah ini:

1. Memberi bantuan terhadap pencernaan

Manfaat buah durian yang terutama adalah melancarkan pencernaan. Buah durian, seperti banyak buah-buahan “gemuk” lainnya, mengandung kadar serat makanan tinggi, yang penting untuk kenormalan fungsi dari beberapa sistem dalam tubuh, terutama sistem pencernaan. Serat merangsang gerakan usus untuk membawa makanan dalam jumlah besar, yang membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk bergerak melalui saluran usus.

Serat juga merangsang gerak peristaltik dan sekresi cairan pencernaan dan lambung, dimana lebih lanjut akan meringankan kerja dari seluruh proses pencernaan. Dengan mengurangi masalah seperti sembelit dan penyumbatan di usus, kondisi seperti perut kembung, mulas, kram, dan gangguan pencernaan pada umumunya dapat dikurangi, termasuk kondisi serius seperti kanker kolorektal. Sebagian besar serat dalam buah durian adalah serat tidak larut, yang juga menurunkan frekuensi diare untuk orang dengan feses encer.

Serat juga membantu untuk mengurangi jumlah kolesterol dalam darah oleh gesekan kolesterol LDL dari tubuh dan cepat menghapus sebelum dapat melakukan kerusakan pada sistem kardiovaskular dalam bentuk penumpukan plak.

2. Tekanan darah dan kesehatan jantung

Salah satu manfaat buah durian yang cukup penting adalah memelihara kesehatan jantung. Durian merupakan sumber yang kaya kalium, dan karena kalium adalah bagian integral dari garam dan keseimbangan cairan di seluruh sel-sel tubuh, maka kadar potasium juga dapat mengendalikan tekanan darah. Ketika banyak kalium hadir, pembuluh darah dapat bersantai, mengurangi stress pada sistem kardiovaskular, serta mengurangi kemungkinan kondisi lanjutan seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Mengurangi stress pada pembuluh darah dan arteri juga meningkatkan aliran darah yang penuh oksigen ke otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa kadar kalium dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan memori serta mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer dan demensia.

3. Anti-penuaan

Dalam pengobatan herbal atau tradisional, buah durian sering dipuji sebagai alat untuk melawan penuaan, dan inilah salah satu alasan utama mengapa orang menyebutnya sebagai “raja buah”. Ternyata buah durian memiliki berbagai macam sifat antioksidan yang berasal dari vitamin dan susunan kimia organik yang aktif mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh. Makan buah durian dalam jumlah banyak dapat secara serius meningkatkan kemampuan tubuh anda dalam menghilangkan radikal bebas, sehingga mengurangi kemungkinan penuaan dini dan menunda munculnya gejala seperti keriput, bintik-bintik usia, degenerasi makula, rambut rontok, gigi goyang, arthritis, kanker, dan penyakit jantung. Makanlah cukup durian, dan rasakan khasiatnya dalam membuat anda menjadi lebih muda dibanding sebelumnya.

4. Insomnia

Buah super ini mengandung triptofan, yaitu kimia organik yang berhubungan erat dengan kondisi yang membuat seseorang jatuh tertidur. Dengan menambahkan triptofan pada diet anda, ia kemudian memasuki otak anda dan diubah menjadi serotonin, yang menginduksi perasaan relaksasi dan kebahagiaan. Kelebihan serotonin akan melepaskan melatonin ke dalam aliran darah, yang menyebabkan tubuh merasa lelah, dan akhirnya tertidur. Jika anda menderita insomnia, cobalah mengkonsumsi beberapa potong buah durian sebelum anda berangkat tidur dan lihat hasilnya untuk diri anda sendiri!

5. Disfungsi seksual

Mungkin ini menjadi manfaat buah durian yang tidak terduga. Sejumlah penelitian baru-baru ini dilakukan untuk mengevaluasi potensi daging durian untuk bertindak sebagai afrodisiak. Hasilnya cocok dan durian dapat menghasilkan libido seksual dan stamina secara intensif, dan juga mengurangi kemungkinan infertilitas pada pria dan wanita, serta meningkatkan motilitas sperma. Pada akhirnya itu adalah berkat afrodisiak yang dikandungnya.

6. Pencegahan kanker

Ini adalah manfaat buah durian lainnya yang tak boleh dipandang remeh. Seperti telah disebutkan sebelumnya, buah durian kaya akan vitamin, nutrisi, dan bahan kimia organik yang berfungsi sebagai antioksidan. Dalam pertempuran melawan kanker, radikal bebas adalah poin penting yang harus diwaspadai, karena selama metabolisme sel, akan ada produk sampingan dihasilkan, yang disebut radikal bebas. Radikal bebas dapat menghancurkan DNA dari sel normal dan mengkonversikannya menjadi sel-sel kanker, yang kemudian dapat bermetastasis atau membentuk tumor. Semua antioksidan yang mengurangi stres oksidatif pada organ tubuh merupakan keuntungan untuk sistem kekebalan tubuh, dan buah durian dikemas dengan antioksidan, termasuk vitamin-C, vitamin B-kompleks, dan vitamin E, serta fitonutrien yang memerangi sel-sel kanker.

7. Kesehatan tulang

Buah durian merupakan sumber magnesium, kalium, mangan, dan tembaga, yang semuanya memainkan peranan integral dalam mengembangkan dan mempertahankan kekuatan dan daya tahan tulang. Kalium juga meningkatkan efisiensi serapan hara oleh sel-sel, sehingga memaksimalkan jumlah mineral penting yang dapat diserap tubuh, dan hal ini bermanfaat juga untuk kesehatan tulang. Mineral penting ini membantu mencegah perkembangan osteoporosis bagi pasien dari segala usia!

8. Anemia

Buah durian memiliki banyak mineral yang berbeda di dalamnya, termasuk tingkat asam folat yang tinggi, yang merupakan komponen penting dalam produksi sel darah merah. Buah durian juga adalah sumber yang baik dari besi dan tembaga, dua komponen penting lainnya dari sel darah merah. Ketika produksi sel darah merah telah kembali normal, maka gejala anemia akan hilang, dimana gejala tersebut meliputi gangguan pencernaan, migrain, kelelahan, kecemasan, dan kerusakan kognitif.

Beberapa Perhatian:
Satu-satunya bahaya nyata dari buah durian adalah kandungan lemaknya yang cukup tinggi. Ia mengandung lemak kurang lebih 3 kali lebih banyak daripada kandungan rata-rata buah-buahan lainnya, dengan pengecualian alpukat. Mereka umumnya lemak sehat, tetapi untuk orang-orang yang sedang berjuang menurunkan berat badannya, harus mencari sumber lain sebagai gantinya untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: