7 Manfaat Sauna yang Tidak Anda Duga

February 26, 2016

manfaat sauna

Manfaat sauna untuk kesehatan termasuk meningkatkan sirkulasi darah, mengeluarkan keringat, mendorong sistem kekebalan tubuh, membentuk otot, memberi bantuan dari kesulitan tidur, ketangkasan mental, dan masih banyak lagi. Sauna menyediakan lingkungan yang santai yang membantu anda untuk beristirahat dan rileks.

Selama sesi sauna, detak jantung rata-rata orang meningkat lebih dari 50-75%, dimana hal ini pada dasarnya sama jika kita melakukan latihan fisik. Panas yang disebabkan oleh sauna akan memperlebar pembuluh darah dan menyebabkan peningkatan aliran darah, sehingga memastikan detoksifikasi tubuh secara lengkap.

Jika anda duduk di dalam sauna, anda tidak saja sekedar mendapat kesenangan dan kecantikan. Manfaat sauna mungkin jauh melebihi dari yang anda bayangkan. Sauna memiliki dampak yang kuat terhadap kesehatan dan kesejahteraan secara umum dari setiap individu. Sauna dapat membantu anda mengurangi stress sehari-hari dan mendapatkan pengalaman relaksasi dan kepuasan. Dalam sebuah laporan yang diterbitkan oleh American College of Cardiology, para peneliti terkemuka telah menemukan bahwa sauna memberi bantuan dalam pengobatan penyakit jantung koroner.

Manfaat Sauna Untuk Kesehatan

Penelitian telah membuktikan bahwa ada beragam manfaat kesehatan yang mengagumkan berhubungan dengan sauna, beberapa di antaranya seperti dijelaskan di bawah ini:

1. Membentuk Otot

Sebuah sesi spa yang lengkap dapat membantu menghilangkan lemak dan mengurangi selulit, bersamaan juga dengan menghilangkan nyeri sendi dan kelelahan. Menghabiskan waktu di sauna juga dianggap mampu membantu dalam menurunkan berat badan melalui peningkatan metabolisme.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Salah satu manfaat sauna yang terpenting adalah dalam melancarkan peredaran darah. Sauna membuat pembuluh darah lebih fleksibel, sehingga meningkatkan sirkulasi darah, termasuk di kaki dan tangan. Ini memastikan detoksifikasi lengkap dan oksigenasi jaringan tubuh, serta distribusi optimal nutrisi ke seluruh bagian tubuh, termasuk kulit. Dengan demikian, sauna memberikan manfaat dalam membuat penampilan menjadi awet muda dan bersinar. Ini adalah obat yang telah teruji untuk berbagai penyakit pernapasan, termasuk sesak napas dan bronkitis, serta juga membantu dalam pengeringan lendir akibat sinus.

3. Berkeringat

Berkeringat merupakan mekanisme alami pembersihan tubuh dan sauna membantu dalam membilas produk-produk limbah melalui keringat. Kulit kita adalah organ terbesar dalam tubuh kita, dan lebih dari 30% dari total limbah tubuh dikeluarkan melalui kulit. Sauna membuat kita untuk mengeluarkan keringat secara berlebih, dimana hal ini akan membuka pori-pori kulit dan pengeluaran kotoran secara total dari tubuh. Kulit kita terus terkena berbagai bahan kimia dan polutan, yang dapat membuatnya kasar dan kusam. Berkeringat dalam jumlah banyak sangat membantu dalam menghilangkan racun ini dan pada akhirnya membawa kulit kembali sehat, indah dan bercahaya.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sauna juga memiliki manfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selama sesi sauna, suhu kulit anda meningkat hingga lebih dari 40°C, sedangkan suhu tubuh internal naik sampai 38°C. Ini seolah-olah memicu keadaan demam, yang merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi dan sel-sel darah putih melawan penyakit. Demam dianggap sebagai mekanisme alami untuk meningkatkan ketahanan terhadap penyakit.

5. Memperbaiki Gangguan Tidur

Sauna adalah mekanisme sederhana namun efektif untuk meningkatkan kualitas tidur. Dianjurkan bagi orang yang menderita insomnia untuk melakukan sauna. Bersauna selama 15-20 menit hampir sama dengan 1-2 jam jalan cepat atau berolahraga.

6. Membasmi Agen Penyebab Penyakit

Suhu tinggi selama sesi sauna membawa akibat pada lonjakan energi sel dalam tubuh, yang pada gilirannya membantu penyembuhan secara efisien. Banyak penyebab penyakit patogen seperti virus dan tumor dihancurkan oleh panas, sehingga mencegah infeksi berulang.

7. Kesehatan dan Kecerdasan Mental

Manfaat sauna yang terakhir ini mungkin tidak anda duga sebelumnya. Sauna memastikan kesehatan mental dan penurunan alergi secara drastis. Penelitian telah menunjukkan bahwa hati dan fungsi kekebalan tercatat mengalami peningkatan yang signifikan setelah terapi sauna. Sauna juga mengusir logam berat dan racun penyebab kanker keluar dari tubuh, sehingga mencegah trauma akibat penyakit dan cacat lahir.

Beberapa hal yang harus menjadi perhatian:

Minum banyak air mineral sebelum sesi sauna untuk mengkompensasi dehidrasi yang anda alami akibat melimpahnya keringat. Jika anda menggunakan sauna inframerah, pastikan untuk melepaskan pakaian anda, karena jika tidak, hal ini mungkin menjadi tidak efektif. Para pria harus melindungi testis mereka dari paparan langsung pencahayaan inframerah. Harvard Medical School menyarankan bahwa alkohol harus dihindari saat bersauna.

Jangan berbicara atau bekerja selama di dalam sauna. Sauna tidak dianjurkan untuk wanita hamil, serta orang-orang dengan penyakit jantung atau kondisi penyakit serius lainnya. Pastikan untuk meminta saran dari dokter anda sebelum terlibat dalam sesi sauna.

Pagi hari atau menjelang tidur adalah waktu yang ideal untuk sesi sauna. Orang dengan metabolisme yang lambat dapat menggunakan sauna hingga dua kali sehari, sementara mereka dengan metabolisme yang cepat harus menggunakannya hanya sekali dalam seminggu.

Demikian artikel tentang manfaat sauna untuk kesehatan, semoga semakin menambah wawasan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: