7 Manfaat Mentimun Untuk Kecantikan

January 12, 2015

manfaat mentimun

Tidak ada yang meragukan manfaat mentimun untuk perawatan kecantikan. Buah yang memiliki kadar air tinggi ini sangat mudah tumbuh dan dibudidayakan di seluruh dunia. Mentimun dari setiap negara berbeda, baik dari bentuk, ukuran dan warna kulitnya. Namun secara umum, mentimun memiliki sifat dan khasiat yang sama bagi kecantikan.

Industri kecantikan juga sudah banyak menggunakan mentimun sebagai bahan dasarnya. Biasanya produk yang menggunakan bahan dasar mentimun adalah produk pembersih wajah, pelembab dan penyegar.

Mentimun memiliki zat yang bersifat antioksidan dengan kadar cukup tinggi. Seperti Anda ketahui, semakin bertambah umur, maka semakin sedikit antioksidan yang ada dalam kulit kita. Hal tersebut menyebabkan keriput menjadi mudah muncul akibat paparan sinar matahari. Mentimun dapat membantu memulihkannya dengan memasok antioksidan yang dibutuhkan kulit. Mentimun juga memiliki senyawa seperti cucurbitacin dan cucumerin yang melawan peradangan dan penuaan.

Mentimun juga mengandung banyak sekali vitamin yang baik untuk kulit, diantaranya vitamin C, vitamin K, yang dapat mengurangi lingkaran hitam pada mata. Lalu mentimun juga mengandung asam pantotenat atau vitamin B-5, yang dapat mempertahankan kelembaban kulit. Lalu vitamin A atau retinol dalam mentimun juga dapat mengurangi timbulnya bintik hitam atau hiperpigmentasi dan membantu mengontrol produksi melanin dalam kulit.

Mentimun memiliki kandungan bernama silika, yang berkhasiat sebagai kolagen yang dapat membantu memerangi keriput. Sebuah jurnal Archivesof Dermatologis Research pada Mei 2011, menerbitkan sebuah studi yang menyimpulkan bahwa mentimun memiliki asam askorbat, yang sangat efektif digunakan sebagai produk anti-kerut.

Manfaat Mentimun Untuk Kecantikan

Penggunaan mentimun untuk perawatan kecantikan sangatlah mudah. Untuk mendapatkan kesegaran maksimal, sebaiknya simpan mentimun selama beberapa jam di dalam lemari es sebelum digunakan. Berikut ini beberapa manfaat mentimun untuk mengatasi masalah pada kulit.

1. Mengatasi Iritasi Kulit

Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi dan mampu mendinginkan kulit yang terbakar dan iritasi. Selain itu mentimun juga dapat mengurangi peradangan akibat luka bakar ringan.

2. Revitalisasi dan Mengencangkan Kulit

Selain menyegarkan, mentimun juga dapat membantu dalam merevitalisasi kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit.

3. Mengurangi Kantung dan Lingkaran Hitam Pada Mata

Mentimun terkenal khasiatnya dalam mengurangi kantung mata. Khasiatnya cukup instant jika digunakan sebagai masker. Asam askorbat dan asam caffeic dalam mentimun dapat mengurangi kelelahan di sekitar mata dan seketika mengurangi kantung mata.

Selain itu, banyaknya antioksidan dan silika dalam mentimun dapat meremajakan kulit dan memudarkan lingkaran hitam. Tempatkan 2 iris mentimun pada mata dan biarkan selama 20 menit. Atau letakan dua bola kapas yang telah direndam sari mentimun pada mata, biarkan selama 20 menit.

4. Membersihkan dan Membuka Pori-pori Tersumbat

Berbagai kosmetik yang kita gunakan sehari-hari sering menyumbat pori-pori dan bisa menimbulkan jerawat. Mentimun dapat membantu membersihkan dan membuka pori-pori tersumbat secara alami. Ekstrak sari mentimun dapat digunakan sebagai toner. Toner mentimun ini juga bisa ditambahkan cuka apel, sari tomat atau lidah buaya untuk membuatnya lebih maksimal.

5. Mengurangi Selulit

Mentimun juga dapat membantu untuk mengurangi selulit. Campurkan beberapa sendok kopi bubuk, sari mentimun dan madu membuat scrub. Gosok dan pijat pada daerah yang berselulit, diamkan selama 30 menit lalu bilas.

6. Mengurangi Dehidrasi dan Kulit Kering

Kulit yang kering sangat rentan menimbulkan kerutan. Mentimun mengandung 95% air yang menjaga kulit tetap lembab dan menghindari dehidrasi kulit. Bijinya kaya akan vitamin E dan potasium yang membantu dalam mengurangi garis-garis halus, keriput, noda dan tanda-tanda penuaan.

7. Mengontrol Minyak Berlebih

Campuran kunyit dan air perasan jeruk lemon, dan mentimun segar yang sudah dihancurkan dengan blender, dapat menjadi masker yang tepat untuk kulit berminyak. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: