7 Manfaat Buah Nanas yang Mengagumkan

July 3, 2015

manfaat buah nanas

Nanas termasuk salah satu buah yang sangat populer. Baik sebagai buah meja maupun untuk diolah menjadi aneka hidangan seperti puding buah, koktil buah, rujak buah, salad, acar dan beragam hidangan segar lainnya. Nanas juga diolah menjadi selai, es krim, yogurt, permen, sirup dan diolah menjadi buah kalengan. Menjelang hari raya, selai nanas menjadi salah satu bahan untuk kue kering yang sangat populer, nastar.

Dibalik rasanya yang menyegarkan, buah asli Amerika Selatan ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah nanas kerap digunakan dalam pengobatan tradisional secara turun temurun untuk mengatasi berbagai penyakit dan gangguan kesehatan.

Berikut ini adalah 7 manfaat buah nanas yang kami rangkum dari berbagai sumber :

1. Mengobati Infeksi Usus Penderita Cacingan

Salah satu penggunaan buah nanas sebagai obat tradisional secara turun temurun adalah untuk mengatasi cacingan. Orang yang terkena cacingan mengalami gejala sepeti diare, nafsu makan berkurang, mual, dan batuk. Keberadaan cacing di usus bisa menyebabkan iritasi dan infeksi pada usus. Buah nanas diyakini dapat mengurangi luka pada usus akibat cacingan.

Ada beberapa resep untuk menggunakan nanas obat tradisional untuk cacingan. Siapkan satu buah nanas yang belum terlalu matang. Kupas dan bilas dengar air matang, lalu diparut. Selanjutnya peras hasil parutan nanas dan saringlah. Minumkan air perasan nanas pada penderita cacingan hingga sembuh.

2. Meredakan Radang Amandel

Radang amandel (tonsilitis) dapat disebabkan oleh bakteri atau virus. Gejala radang amandel akut ditandai dengan pembengkakan amandel hingga menyebabkan demam, nyeri ketika menelan, dan muntah. Nanas dan zat yang dikandungnya memiliki efek antiinflamasi, sehingga diyakini sangat bermanfaat untuk meredakan bengkak pada radang amandel. Caranya pun sederhana saja. Ambil 2 buah nanas matang, kupas lalu cuci bersih dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Kemudian nanas diparut, lalu airnya diperas. Minumlah air perasan nanas ini 1/4 gelas sehari 2 hingga 3 kali.

3. Mengatasi Masalah Kulit

Saat terbentur, memar atau mengalami luka bakar ringan dan permasalahan dermatitis, nanas biasa digunakan untuk mengatasi. Buah nanas memiliki kandungan yang diyakini dapat meringankan peradangan kulit dan permasalahannya. Termasuk juga untuk permasalahan pada kulit kepala. Bagi anda yang mengalami peradangan kulit atau kulit bersisik atau peradangan pada kulit kepala, gunakan saja buah nanas masak. Ambil nanas 1/2 buah, kemudian parut dan gunakan hasil parutan tersebut pada kulit yang terjadi peradangan.

4. Membantu Mengatasi Penyakit Beri-Beri

Penyakit beri-beri adalah jenis penyakit yang diakibatkan kekurangan vitamin B, sehingga terjadi pembengkakan pada tubuh. Vitamin B1 diperlukan untuk mengubah karbohidrat menjadi gula darah. Saat ini tidak terpenuhi, penderita menjadi lemah dan tidak bertenaga. Jika menimpa anak-anak bisa mengganggu pertumbuhan, bahkan lebih berbahaya daripada itu. Jika keadaannya parah, penderita bisa mengalami mual-mual, gelisah, kurang nafsu makan, dan nyeri pada perut. Tentu keadaan yang berat memerlukan tindakan medis segera. Namun untuk mencegah atau mengatasi beri-beri ringan, pengobatan di rumah menggunakan nanas bisa digunakan.

Buah nanas diyakini cukup baik untuk mencegah dan mengatasi beri-beri karena kaya dengan vitamin Vitamin B6 dan tiamin (thiamine).

Caranya juga mudah. Kupas dua buah nanas, setelah itu parut, peras airnya dan diminum sekaligus. Sebaiknya diminum pada pagi atau sore hari. Meminum air perasan nenas setiap hari sehabis makan, diyakini membantu penderita beri-beri. Ini disebabkan minum air perasan nanas tersebut membantu mengembalikan keseimbangan tiamin dalam waktu sekitar sebulan.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Mengkonsumsi nanas dipercaya dapat mengurangi risiko hipertensi. Hipertensi terjadi ketika terjadi dorongan kuat pada dinding arteri saat darah bersirkulasi. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan menambah jumlah kalium dan diimbangi dengan sedikit natrium (garam) dalam diet Anda. Buah nanas mengandung kalium yang melimpah dan baik untuk mengatasi hipertensi. Selain itu, nanas juga dapat melancarkan peredaran darah, sehingga dapat menghindari penyumbatan. Untuk mengatasi hipertensi, ambil dua buah nanas matang, lalu diblender dengan sedikit air. Minum satu kali sehari ketika menjelang tidur malam.

6. Menurunkan Berat Badan

Buah nanas dipercaya dapat membantu Anda yang ingin melangsingkan tubuh. Mengkonsumsi nanas bisa membantu menekan keinginan terhadap rasa manis serta mereduksi konsumsi gula. Nanas mengandung serat yang dapat menimbulkan perasaan kenyang, selain itu nanas mengandung vitamin C tinggi yang dapat mengikis kadar lemak dalam tubuh.

Kupas satu buah nanas yang sudah agak matang, kemudian parut dan peras airnya. Minum perasannya 2 kali sehari. Lakukan secara rutin hingga berat badan anda menurun. Atau konsumsi langsung buah nanas segar untuk mendapatkan seratnya juga.

7. Melancarkan Menstruasi dan Meringankan Kram Saat Menstruasi

Secara turun temurun buah nanas dipercaya dapat melancarkan menstruasi. Nanas juga dapat meringankan kram yang ditimbulkan saat menstruasi. Nanas, mengandung nutrisi yang bermanfaat pada organ reproduksi wanita saat menstruasi. Bromelain pada nanas dapat membantu mengendurkan otot untuk meringankan ketidaknyamanan menstruasi. Nanas memiliki kandungan fosfor, kalsium, dan magnesium di dalamnya juga mampu mengaktifkan fungsi reproduksi pada wanita, termasuk meningkatkan gairah seksual serta melancarkan menstruasi.

Untuk melancarkan menstruasi, bisa dicoba mengkonsumsi 300 gr daging buah nanas segar. Ini bisa dilakukan pada lima hari sebelum menstruasi, pada saat menstruasi, dan setelah menstruasi. Selain dikonsumsi secara langsung, buah nanas bisa diblender menjadi smoothies agar tetap mendapatkan manfaat seratnya. Harap diingat, gunakan buah nanas yang telah benar-benar matang dan jangan menggunakan nanas muda.

Semoga artikel manfaat buah nanas diatas bermanfaat untuk menambah wawasan kesehatan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: