6 Obat Asam Urat Herbal yang Mudah dan Praktis

October 13, 2015

obat asam urat

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang kerap dialami orang-orang berusia 30 tahun ke atas. Meski cukup lumrah terjadi, bukan berarti penyakit asam urat bisa dianggap enteng. Pasalnya, penanganan asam urat yang terlambat dapat mengakibatkan penderitanya merasakan sakit atau nyeri luar biasa.

Asam urat sendiri adalah kondisi di mana bagian persendian tubuh Anda terasa sakit atau nyeri, bahkan sampai membengkak atau meradang pada kasus yang sudah berat. Umumnya, persendian yang diserang penyakit asam urat adalah sendi jari kaki, jari tangan, lutut, tumit, pergelangan tangan dan siku.

Penyakit asam urat terutama disebabkan oleh konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin adalah zat alami yang ditemukan dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Pada kondisi normal, zat purin akan dikeluarkan lewat proses sekresi (urine dan feses). Namun, pada beberapa kasus, jika purin yang masuk ke dalam tubuh terlampau banyak, akan terjadi penumpukan di persendian karena ginjal mengalami kesulitan mengeluarkan zat purin. Penumpukan sisa metabolisme zat purin ini akhirnya menyebabkan bengkak dan rasa nyeri.

Pilihan Obat Asam Urat Herbal

Mengatasi asam urat yang paling mudah adalah dengan mengkonsumsi obat dari dokter. Namun, sebenarnya Anda bisa menyembuhkan penyakit asam urat dengan obat asam urat herbal yang lebih alami dan bebas dari bahan kimia. Cari tahu apa saja obat asam urat herbal yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi penyakit tersebut.

1. Kumis Kucing

Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) sudah cukup lama dipercaya sebagai obat asam urat herbal yang mujarab. Itu karena kumis kucing, terutama pada bagian daunnya, memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi asam urat, diantaranya adalah kalium, damar, tannin, filatin, hipofilatin dan flavonoid. Lebih dari itu, kumis kucing juga mengandung senyawa osthosiphonin glikosida yang berkhasiat membuang asam urat yang berlebih dalam tubuh.

Cara memanfaatkan tumbuhan kumis kucing sebagai obat asam urat herbal pun tidak terlalu sulit. Anda cukup menyiapkan 5 lembar daun kumis kucing dan 3 gelas air putih. Rebus hingga air berkurang segelasnya dan minum rebusan daun kumis kucing secara teratur (2 kali sehari) hingga nyeri akibat asam urat hilang.

2. Jahe

Jahe lebih dikenal sebagai salah satu rempah untuk campuran makanan. Namun, jahe, terutama jahe merah, juga dapat dimanfaatkan sebagai obat asam urat herbal. Memiliki nama latin Zingiber officinale, jahe merah dapat mengurangi peradangan pada persendian tubuh serta membuang tumpukan asam urat.

Cara menggunakan jahe sebagai obat asam urat herbal adalah dengan menumbuk jahe hingga menjadi bubuk dan campurkan satu sendok bubuk tersebut dalam air hangat. Minum ramuan itu dua kali sehari.

3. Daun Salam

Daun salam termasuk bumbu dapur yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Ternyata, selain menambah citarasa makanan, daun salam juga bisa menjadi obat asam urat herbal. Ini karena daun salam mengandung zat aktif seperti tannin, flavonoid dan minyak atsiri yang sangat baik untuk mengatasi asam urat. Lebih lanjut, daun salam bersifat diuretik sehingga dapat memperbanyak produksi urine dan membantu meluruhkan kadar asam urat dalam tubuh.

Siapkan sekitar 10 lembar daun salam dan rebus bersama 700 ml air. Tunggu hingga air tersisa sekitar 200 ml dan minum ramuan tersebut secara rutin.

4. Sambiloto

Tanaman sambiloto (Andrographis paniculata nees) dikenal sebagai penawar racun yang ampuh. Namun, sambiloto juga bisa menjadi obat asam urat herbal karena bersifat diuretik yang dapat membantu meluruhkan racun dalam tubuh dan membuangnya lewat urine. Selain itu, sambiloto juga memiliki sifat antiinflamasi atau anti-peradangan sehingga dapat membantu mengatasi radang sendi pada penderita asam urat.

Anda dapat meminum air rebusan daun sambiloto sebagai obat asam urat herbal. Minumlah satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan.

5. Tempuyung

Tempuyung (Sonchus arvensis) atau lebih dikenal dengan nama lokal jombang adalah tumbuhan yang berasal dari Eurasia. Akar dan daun tempuyung diketahui memiliki kandungan flavonoid. Flavonoid sendiri berkhasiat untuk menghambat kerja enzim xantin oksidasi dan superoksidase sehingga dapat mengurangi kadar asam urat.

Cara menggunakan tempuyung sebagai obat asam urat herbal adalah dengan membersihkan daun dan akar tempuyung dari tanah atau kotoran sebelum direbus bersama 500 ml air. Biarkan sampai mendidih dan air berkurang menjadi setengahnya. Minum air larutan tempuyung sebanyak 2 kali sehari. Namun, perlu diperhatikan, penderita kegagalan fungsi ginjal yang parah tidak diperbolehkan meminum ramuan ini.

6. Cuka Apel

Cuka apel atau apple cider vinegar telah lama digunakan sebagai ramuan mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah asam urat. Itu karena cuka apel memiliki kandungan asam malat yang efektif melarutkan Kristal asam urat sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh.

Anda dapat menemukan cuka apel yang sudah dikemas rapi di sejumlah supermarket. Disarankan mengkonsumsi cuka apel secara rutin karena cuka apel hanya dapat melarutkan kristal asam urat yang sudah terbentuk, namun tidak bisa mencegah pembentukannya.

Alternatif Lain Pengobatan Asam Urat

Selain mengkonsumsi obat asam urat herbal seperti yang telah disebutkan di atas, penderita asam urat pun disarankan memperbaiki gaya hidup agar mengurangi risiko timbulnya penyakit asam urat. Beberapa upaya yang dapat Anda lakukan adalah:

1. Kurangi makanan yang mengandung zat purin tinggi

Beberapa makanan memiliki kandungan zat purin tinggi seperti jeroan, makanan laut dan kacang-kacangan, terutama kacang tanah, kacang kedelai dan melinjo. Sayuran seperti kembang kol, daun singkong, daun papaya dan kangkung juga memiliki kandungan zat purin yang tinggi sehingga meningkatkan risiko penumpukan asam urat. Sebaiknya kurangi konsumsi makanan-makanan ini guna mengurangi risiko asam urat.

2. Konsumsi makanan yang kaya akan potassium dan vitamin C

Sebaliknya, Anda perlu memperbanyak makanan yang mengandung potasium tinggi serta vitamin C yang dapat membersihkan dan membuang kristal asam penyebab asam urat. Makanan yang mengandung potassium tinggi antara lain adalah pisang, kentang dan yogurt. Sementara, buah-buahan yang kaya akan vitamin C antara lain adalah jeruk, papaya dan strawberry.

3. Perbanyak minum air putih

Minum air putih sebanyak 8-10 gelas per hari juga dapat menghambat proses terbentuknya asam urat berlebih karena air putih mampu mengencerkan urine.

4. Konsumsi jus buah ceri

Minum jus ceri setiap hari dapat membantu darah dan urin mengimbangi sifat asam sehingga mengurangi risiko penumpukan asam urat. Selain itu, buah ceri yang kaya akan kandungan kalium dapat mengatasi rasa nyeri yang timbul akibat asam urat.

Demikianlah beberapa pilihan obat asam urat herbal serta makanan yang perlu dihindari atau dikonsumsi untuk mengatasi penyakit asam urat. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: