6 Manfaat Telur Ayam yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

January 25, 2016

telur ayam

Beberapa dari banyak manfaat telur ayam untuk kesehatan termasuk kemampuannya untuk menyeimbangkan asupan nutrisi dalam tubuh, menurunkan kadar kolesterol “jahat”, meningkatkan fungsi kognitif, melindungi jantung, mencegah penyakit mata, detoksifikasi tubuh, mencegah kanker tertentu, membantu menurunkan berat badan, dan menjamin pertumbuhan dan perkembangan.

Telur telah menjadi bagian yang paling menarik dari diet manusia, karena secara sederhana mereka adalah unik. Telur adalah cangkang reproduksi yang dihasilkan oleh betina dari banyak spesies, termasuk ikan, reptil, dan dalam hal gizi manusia, adalah burung. Sementara telur ikan dikonsumsi dalam berbagai budaya, telur burung adalah varietas telur yang paling umum dikonsumsi oleh manusia, dan dari telur burung ini, telur ayam lah yang paling populer. Telur ayam telah menjadi bagian dari menu makanan manusia selama ribuan tahun karena mereka ditemukan di awal perkembangan budaya manusia sebagai bentuk makanan yang aman dan bermanfaat, bersamaan dengan penghasilnya yang bisa diperoleh dan dibudidayakan bersama – yaitu ayam.

Telur ayam telah menjadi bagian pokok dari menu makanan di seluruh dunia, karena mereka bukan saja sumber makanan langsung, namun mereka juga berfungsi sebagai bahan untuk memasak berbagai makanan lain yang tak terbatas jumlahnya. Pertanyaannya adalah, selain ketersediaan secara luas, mengapa telur ayam menjadi suatu bagian yang melekat pada masakan secara global? Telur ayam adalah unik dengan kandungan proteinnya, karena mereka mengandung “barang hidup”, yang akan berkembang menjadi bayi ayam, dan akhirnya ayam dewasa, yang merupakan makanan utama lain dalam diet manusia. Daftar makanan dimana terdapat kandungan telurnya dapat menjadi artikel tersendiri, tapi cukup untuk dikatakan bahwa telur ayam merupakan bagian penting dari diet manusia untuk sejumlah alasan, dan harus dipertimbangkan ketika ingin makan secara benar.

Nilai Gizi Telur Ayam

Telur ayam telah begitu luas dicintai dan digunakan karena mereka menyediakan segudang nutrisi dalam paket kecil mereka. Ada cukup nutrisi dalam telur untuk mengembangkan sebuah sel tunggal menjadi bayi ayam, dan kita memerlukan nutrisi yang sama juga dengan mereka. Telur mengandung jumlah yang signifikan dari vitamin A, vitamin B-kompleks, vitamin D, E, dan K, serta fosfor, selenium, kalsium, dan seng. Selain itu, telur juga memiliki berbagai senyawa organik penting, seperti omega-3, antioksidan, dan protein.

Manfaat Telur Ayam Untuk Kesehatan

1. Pertumbuhan dan Perkembangan

Manfaat telur ayam yang terutama adalah untuk kepentingan pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia. Ada alasan mengapa telur ayam merupakan makanan pokok yang sangat penting dalam tahun-tahun pertumbuhan kita; saat kita masih muda sepertinya hampir selalu terdapat telur ketika sarapan. Konsentrasi protein yang tinggi, serta vitamin penting lainnya dalam telur membuat tubuh kita dapat berkembang pada tingkat yang normal dan mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh dengan baik. Protein diperlukan untuk penciptaan sel, yang berarti bahwa setiap bagian dari tubuh kita, organ, rambut, pembuluh darah, dan tulang bergantung pada protein dalam beberapa cara. Juga, protein diperlukan untuk perbaikan dan pertumbuhan kembali, sehingga merupakan keharusan seumur hidup untuk mendapatkan protein melalui telur!

2. Kesehatan Jantung

Manfaat telur ayam berikut ini seringkali menjadi bahan perdebatan. Meskipun telah ada kritik yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir tentang potensi bahaya telur pada kesehatan jantung, mengingat kandungan kolesterolnya yang tinggi, namun banyak orang tidak melihat pada jenis kolesterol yang dikandungnya, atau efeknya pada tubuh. Banyak penelitian justru telah benar-benar menunjukkan bahwa telur ayam dapat melindungi terhadap bahaya stroke dan meningkatkan kesehatan jantung, karena dapat membantu menaikkan tingkat “kolesterol baik” (HDL) dan menurunkan tingkat “kolesterol jahat” (LDL) dalam tubuh. Dengan menurunkan kadar kolesterol LDL, telur membantu menghindari aterosklerosis, pembekuan darah, stroke, serangan jantung, dan kondisi kardiovaskular serius lainnya.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Karena telur mengandung protein-protein penting yang dibutuhkan tubuh kita untuk perkembangan dan pertumbuhan, ia cenderung menjadi bentuk makanan yang sangat memuaskan dan mengenyangkan. Dengan kata lain, mereka memberikan energi dan stabilitas nutrisi dalam tubuh kita serta memenuhi rasa lapar. Telur ayam merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan keseimbangan yang sehat yang anda butuhkan tanpa mengkonsumsi kalori berlebih, sehingga dapat menurunkan berat badan atau menjaga berat badan anda ideal.

4. Efek Kognitif

Salah satu manfaat telur ayam yang mungkin belum anda ketahui adalah dampaknya pada kesehatan kognitif, terutama karena tingginya tingkat choline yang dikandungnya. Choline sering dikelompokkan dengan vitamin B, tetapi pada kenyataannya, itu adalah sejenis nutrisi yang memang kurang dikenal yang membantu untuk membuat jalur saraf penting di otak. Sekitar 90% dari populasi diperkirakan mendapatkan kebutuhan choline yang kurang dibanding yang dibutuhkan oleh tubuh, dan telur memberi pasokan choline dalam jumlah besar!

5. Antioksidan

Salah satu kriteria makanan sehat adalah kandungan antioksidannya yang tinggi, tetapi banyak orang lupa bahwa telur ayam juga mengandung berbagai antioksidan, termasuk vitamin A, lutein, dan zeaxanthin. Vitamin A bekerja sebagai antioksidan pada sejumlah daerah di tubuh, demikian juga dengan lutein dan zeaxanthin yang bekerja dengan baik pada mata untuk melindungi terhadap degenerasi makula dan perkembangan katarak. Antioksidan mampu mencari radikal bebas dan menetralisir partikel-partikel berbahaya (terbentuk sebagai produk sampingan dari metabolisme sel) sebelum mereka dapat menyebabkan stres oksidatif pada organ tubuh, yang menimbulkan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

6. Mineral langka

Komposisi mineral telur ayam sangatlah menakjubkan sekaligus juga unik, mengingat sulit untuk mendapatkan mineral tertentu, seperti yodium dan selenium, dalam makanan kita. Telur sangat umum kita konsumsi namun kita sering tidak menyadarinya bahwa ia mengandung mineral langka yang dapat menjaga aktivitas antioksidan kita tetap tinggi (berkat selenium) dan mempertahankan fungsi hormonal yang sehat dalam tiroid (berkat yodium).

Pentingnya telur dari induk ayam lepas

Semua manfaat kesehatan penting dari telur ini berasal dari induk ayam dimana mereka dibesarkan. Makanan induk ayam akan tercermin dari nutrisi yang terkandung di dalam telurnya. Untuk alasan itu, maka alangkah lebih baiknya jika kita mengkonsumi telur dari induk ayam yang dilepas, karena mereka telah terbukti secara konsisten memiliki kandungan omega-3 yang tinggi, kandungan vitamin E yang cenderung lebih besar, dan nutrisi yang lebih padat.

Harga mungkin sedikit lebih tinggi untuk telur ayam organik, atau telur dari induk ayam yang dilepas. Namun jika anda serius ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari telur ayam yang paling maksimal, anda setidaknya harus merogoh kocek anda lebih dalam untuk mendapatkan telur-telur tersebut.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Meskipun telur merupakan sumber utama nutrisi bagi manusia, namun kandungan kolesterol yang tinggi di dalamnya dapat menimbulkan bahaya bagi orang yang menderita hiperkolesterolemia dan gangguan gen tertentu, sehingga harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya (tidak terlalu banyak). Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan adanya efek negatif antara pasien diabetes tipe II dan konsumsi telur yang berlebihan, namun penelitian lebih lanjut tentang hal ini masih perlu dilakukan.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: