6 Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan

April 23, 2016

manfaat teh hitam

Teh hitam adalah salah satu teh paling populer yang dikenal manusia sejak jaman dahulu. Berbagai manfaat teh hitam untuk kesehatan telah diterima dan diakui secara luas di seluruh dunia. Manfaat teh hitam termasuk diantaranya mengobati kolesterol tinggi, diare, kerusakan gigi, tingkat konsentrasi yang rendah, masalah pencernaan, sirkulasi darah yang buruk, tekanan darah tinggi, dan asma.

Teh tumbuh dari tanaman bernama Camellia Sinensis. Perbedaan antara teh hitam dengan teh hijau atau putih adalah cara pengolahannya. Selama tahap pengolahan, teh hitam difermentasi dan dioksidasi, yang memberikan warna dan rasa yang unik serta manfaat kesehatan yang sangat dikenal luas. Di sisi lain, teh hijau dan teh putih tidak difermentasi.

Nilai gizi dari Teh Hitam

Jika anda menikmati rasa teh hitam, anda juga memiliki pilihan untuk mengkonsumsi dalam berbagai cara. Orang-orang Cina menambahkan pemanis, rempah-rempah, coklat, atau bahkan tumbuh-tumbuhan langka ketika menyeduh teh hitam. Di India, susu dan gula biasanya ditambahkan ke teh hitam. Beberapa orang juga menambahkan berbagai bumbu termasuk jahe, kayu manis, kapulaga, serai, mulethi, atau kemangi (tulsi).

Teh hitam kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai polifenol dan juga memiliki kandungan natrium, protein, dan karbohidrat yang minimal. Menurut Boston School of Medicine, teh hitam membalikkan fungsi pembuluh darah yang abnormal, yang dapat menyebabkan stroke dan kondisi kardiovaskular lainnya.

Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan

Teh hitam dikenal karena kemampuannya yang menyembuhkan. Di bawah ini adalah beberapa manfaat teh untuk kesehatan :

1. Menurunkan Risiko Penyakit jantung

Salah satu manfaat teh hitam yang penting adalah konsumsi rutin teh hitam dapat membantu memperbaiki disfungsi arteri pada banyak pasien jantung. Oleh karena itu, peminum teh hitam biasanya mengalami penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Membantu Menyembuhkan Diare

Teh hitam memiliki efek penyembuhan pada gangguan usus karena adanya tanin. Dianjurkan untuk semua pasien diare untuk mengkonsumsi teh hitam secara perlahan untuk manfaat maksimal.

3. Meringankan Asma

Cairan panas secara umum memberikan bantuan untuk kondisi asma. Mengingat fakta tersebut, tidak mengherankan jika teh hitam panas sangat bermanfaat untuk pasien asma, karena memperlebar saluran udara, sehingga memungkinkan pasien untuk bernapas lebih mudah.

4. Membantu Masalah Pencernaan

Teh hitam mengandung tannin yang melimpah dan zat kimia lain yang memiliki dampak positif pada sistem pencernaan tubuh manusia. Kualitas anti-inflamasi teh hitam juga membantu menyembuhkan gangguan pada sistem pencernaan.

5. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Salah satu manfaat teh hitam yang cukup populer adalah membantu menurunkan kolesterol tinggi. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh American Heart Association di New Orleans, orang-orang yang mengkonsumsi teh hitam dapat menurunkan kadar kolesterol jahat mereka, yang bertanggung jawab untuk stroke dan serangan jantung. Telah ditemukan juga bahwa orang yang minum 3-4 cangkir teh hitam setiap hari berada pada risiko yang lebih rendah terkena masalah jantung dibandingkan mereka yang mengkonsumsi jumlah minimal atau tidak sama sekali.

6. Mencegah Kanker Payudara

Manfaat teh hitam juga termasuk dalam mencegah kanker. Minum teh, varietas hitam atau hijau, membantu wanita dalam mencegah pertumbuhan kanker di payudara, terutama wanita pada fase pra-menopause. Teh membantu dalam meningkatkan hormon globulin selama periode siklus menstruasi wanita. Kehadiran theaflavin dalam teh hitam menghancurkan sel-sel abnormal dalam tubuh sebelum mereka menyebabkan kerusakan besar atau berubah menjadi sel-sel kanker.

Kesimpulannya, anda dapat melihat bahwa minum teh hitam memiliki manfaat kesehatan yang sama layaknya minum teh hijau. Hampir 80% dari manusia mengkonsumsi teh hitam. Anda dapat memilih dari ratusan rasa dan campuran yang tersedia di pasar. Jika anda pergi ke mana pun di dunia, anda kemungkinan besar akan ditawarkan teh hitam sebagai pilihan minuman yang merangsang dan menyegarkan.

Penelitian medis terbaru menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam teh hitam, yaitu theaflavin dan thearubigins, mengandung segudang manfaat kesehatan, selain memberi teh warna gelap dan rasa yang unik.

Catatan: Banyak orang memiliki kebiasaan minum teh hitam 4-5 kali sehari. Mereka menjadi kecanduan teh dan jika mereka melewatkannya, mereka mungkin menderita sakit kepala keesokan harinya.

Teh hitam juga diketahui menyebabkan masalah keasaman di perut. Oleh karena itu, disarankan jangan sampai kecanduan teh hitam. Selanjutnya, hindari minum teh setelah makan siang atau makan malam, karena dapat menyebabkan pencernaan yang buruk, sedangkan pada titik-titik lain di hari itu, dapat mendorong pencernaan yang sehat.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: