6 Manfaat Jeruk Nipis Menurut Ilmu Pengetahuan

July 31, 2015

manfaat jeruk nipis

Meminum air jeruk nipis terdengar seperti ide yang bagus, dan mungkin anda sering melihat gambar-gambarnya di internet dimana terdapat pitcher besar air jeruk nipis dan alasan mengapa meminum air jeruk nipis baik untuk kesehatan anda.

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Jeruk Nipis

Berdasarkan ilmu botanis, jeruk nipis merupakan buah sitrus dari rumpun Rutaceae (secara ilmiah dikenal sebagai Citrus Limon), dan meskipun ukurannya terkecil di dalam rumpunnya, jeruk nipis memiliki manfaat kesehatan paling komprehensif.

Jeruk nipis diperkirakan berasal dari India di sekitar kaki bukit Himalaya dan mulai menyebar dari sana. Dua jenis jeruk nipis yang utama adalah Lisbon dan Eureka. Terdapat jenis jeruk nipis lain yang tidak jelas asal-usulnya seperti jeruk nipis Meyer.

Jeruk nipis memiliki kandungan kalori yang rendah; sekitar 29 per 100 gram, menjadikannya salah satu dengan kalori terendah pada rumpunnya.

Jeruk nipis sebagai Sumber Vitamin C

Kita tahu jeruk nipis sangat kaya vitamin C yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan. Sebuah jeruk nipis mengandung 30-40 mg vitamin C (sebagai perbandingan, sebuah jeruk mengandung 80-90 mg vitamin C).

Vitamin C telah diteliti secara luas dan telah menunjukkan sejumlah manfaat mulai dari perlindungan dari masalah kelahiran, penyakit kardiovaskular, penyakit mata, keriput, dan defisiensi sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dan membantu melindungi kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas. Jika anda ingin mengenal lebih dalam mengenai vitamin C, mulailah dengan daftar fakta berikut ini, karena daftar berikut akan terfokus pada manfaat unik dari jeruk nipis.

Manfaat Kesehatan yang Unik dari Jeruk Nipis

1. Air Jeruk Nipis sebagai Detoksifikasi (Pembuang Racun)

Poin ini adalah manfaat pertama yang paling diingat dari jeruk nipis, dan biasanya manfaat yang paling sering digembar-gemborkan. Kami telah mencantumkan beberapa sumber ilmiah yang memberikan masukan jelas mengenai potensi air jeruk nipis sebagai detoks alami.

Tidak mengejutkan, jumlah urin meningkat saat kita meminum air jeruk nipis, namun air jeruk nipis juga turut membawa komponen utama yang dikenal dengan nama Sitrat. Sitrat merupakan pencegah alami toksin (yang bisa menimbulkan penumpukan kristal pada tubuh). Asam sitrat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuang toksin yang tidak diinginkan dari tubuh secara alami.

Toksin masuk ke dalam sistem tubuh kita melalui berbagai sumber, dari udara yang kita hirup hingga makanan yang kita konsumsi. Dua buah penelitian yang cukup dikenal memberikan kita informasi mengenai penggunaan jeruk nipis sebagai pembersih:

  • Diterbitkan oleh peneliti Belanda pada European Journal of Nutrition edisi 2002, irisan jeruk nipis dan sisa irisan jeruk nipis terbukti efektif dalam menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol pada hati. Meskipun baru dilakukan uji coba terhadap binatang, hasilnya menunjukkan bahwa mengkonsumsi irisan jeruk nipis dapat bermanfaat bagi mereka yang memiliki penyakit hati.
  • Diterbitkan oleh peneliti India pada BMC Pharmacology edisi 2005, hesperidin (bioflavonoid citrus yang ditemukan pada jeruk nipis) menunjukkan kemampuan untuk melindungi hati dari kerusakan. Setelah ditemukannya CCI4 (salah satu racun liver), disimpulkan bahwa hesperidin melindungi hati.

Hati adalah tempat dimana kita menyaring semua yang kita konsumsi dan menetralisir banyak racun. Penelitian tersebut menjelaskan kemampuan jeruk nipis untuk meningkatkan fungsi hati dalam menyaring racun yang tidak diinginkan.

Alasan utama mengapa air jeruk nipis adalah detoks yang baik terletak pada kemampuannya untuk meningkatkan fungsi enzim pada tubuh dan menstimulasi hati. Penelitian menunjukkan bahwa pada kasus dimana racun telah bertumpuk di dalam tubuh, air atau irisan jeruk nipis mampu membersihkan racun tersebut. Dengan menggunakan air jeruk nipis, terutama setelah makan dapat membantu anda mengurangi jumlah racun dalam tubuh anda.

2. Memperbaiki Pencernaan dengan Air Jeruk nipis

Citrus flavonoid adalah alasan utama dari perbaikan fungsi pencernaan saat meminum air jeruk nipis. Air jeruk nipis membantu asimilasi makanan, membantu mencegah beban kerja berlebih pada hati, mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular, menurunkan lemak, dan mengurangi sensitivitas terhadap insulin. Hal ini berhubungan dengan kemampuan air jeruk nipis untuk mencegah sintesis lemak tertentu pada tubuh.

Citrus flavonoid berfungsi sebagai tonik pencernaan yang sangat baik, dengan kemampuan untuk menekan nafsu makan. Citrus flavonoid juga terbukti mampu meredakan nyeri perut atau gangguan pencernaan ringan. Hal ini disebabkan oleh asam hidroklorik dalam perut anda yang memulai proses penguraian makanan. Citrus flavonoid dalam air jeruk nipis dipercaya dapat menunjang asam dalam perut untuk menguraikan makanan.

Cara terbaik untuk memanfaatkan air jeruk nipis sebagai alat bantu pencernaan adalah dengan mengkonsumsi bulir jeruk nipis yang akan meningkatkan jumlah bakteri bermanfaat di usus anda.

3. Menjadi Alkali dengan Air Jeruk Nipis

Jika anda baru mengenal konsep alkali, alkali merupakan proses menetralkan asam di dalam tubuh. Poin utamanya adalah tubuh anda memiliki sejenis asam yang dapat terus menumpuk sehingga menimbulkan efek samping negatf seperti surutnya asam, gangguan perut, kelebihan asam, dan lain-lain.

Terdapat berbagai cara untuk menguji tingkat pH tubuh anda jika tubuh anda bersifat asam. Batas ideal tingkat keasaman tubuh anda adalah antara 4.6 – 8.0 dan dapat diuji dengan menggunakan strip pH dengan menggunakan air liur atau urin.

Jika anda berencana menggunakan air jeruk nipis atau air minum alkalin untuk memperbaiki tingkat keasaman tubuh anda, kami menyarankan anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan mengetahui tingkat keasaman tubuh anda.

Jika memang tubuh anda membutuhkan perbaikan tingkat keasaman, maka kami menyarankan anda memiliki strip pH yang akan menjaga tingkat keasaman anda pada batas yang disarankan.

Air jeruk nipis adalah cara yang aman dan efektif untuk menjaga tingkat keasaman tubuh anda dan mencapai tingkat alkali yang sehat dapat bermanfaat bagi kesehatan tulang, mengurangi penyusutan otot, mengurangi risiko terkena hipertensi dan stroke, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, dan memperbaiki daya ingat.

4. Menurunkan Berat Badan/Menekan Nafsu Makan

Belum banyak penelitian ilmiah yang mendukung pernyataan air jeruk nipis dapat menurunkan berat badan secara keseluruhan, namun hal ini tidak berarti bahwa pernyataan tersebut salah, hanya saja diperlukan penelitian lebih lanjut. Salah satu penelitian yang ada tidak dilakukan pada manusia, namun berhasil menunjukkan penurunan berat badan pada pola makan tinggi lemak. Kebanyakan orang, baik mereka mengakuinya atau tidak, termasuk ke dalam pola makan tinggi lemak.

Pectin dan polifenol merupakan zat utama yang ditemukan di jeruk nipis yang menunjukkan manfaat menurunkan berat badan dan menekan nafsu makan. Pectin memberikan kita perasaan kenyang sama seperti serat diet lainnya yang dapat membantu mengurangi asupan kalori.

Pada sebuah penelitian, kedua unsur ini meningkatkan metabolisme lemak, meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan menurunkan LDL (kolesterol buruk), serta mengurangi produksi inflamasi. Penelitian utama dilakukan oleh Drs. Sheau C. Chai, Shirin Hooshmand, Raz L. Saadat, dan Bahram Arjmandi, dari Universitas Florida State.

Menurunkan berat badan dengan menggunakan air jeruk nipis membutuhkan proses yang lama; jangan memperlambat prosesnya dengan berhenti. Setiap orang akan memiliki reaksi yang berbeda terhadap air jeruk nipis, itulah sebabnya disarankan untuk menambahkan air jeruk nipis pada pola makan anda tanpa perubahan besar lainnya untuk mengisolasi efeknya. Hal ini akan menjadikan anda mampu beradaptasi dengan perubahan yang anda alami dan tidak menjadi bingung apakah perubahan yang anda alami terjadi karena multivitamin baru yang anda mulai minum.

Manfaat penurunan berat badan yang diperoleh dari air jeruk nipis memang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, namun manfaat positif dari air jeruk nipis dapat dirasakan dengan mengganti minuman bergula dengan air jeruk nipis. Kami menyarankan anda mengganti kopi yang anda minum di pagi hari dengan air jeruk nipis selama 2 minggu. Catatlah perubahan mood, energy, dan nafsu makan anda selama 2 minggu tersebut untuk melihat manfaat positif yang anda alami.

5. Mengurangi Keriput dan Memperbaiki Kulit

Pernyataan ini berlaku untuk meminum air jeruk nipis dan mengoleskannya pada kulit. Jeruk nipis dikenal kaya akan antioksidan yang sering dihubungkan dengan anti-penuaan. Penyebab utama penuaan berasal dari radikal bebas yang menyebabkan penguraian berbagai jaringan pada tubuh, salah satunya kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa tanaman yang menghasilkan antioksidan mampu membalikkan penguraian serat kolagen pada kulit. Kolagen memberikan kulit kekuatan, struktur, dan kekenyalan dan disaat yang bersamaan melindungi kulit dari penyerapan racun.

Jadi jika anda melihat teman anda yang memiliki kulit indah, anda boleh berkata kepadanya bahwa anda mencemburui kolagen yang ia miliki.

Radikal bebas dalam jumlah yang kecil tidak akan merusak tubuh, namun anda harus waspada terhadap hal-hal yang dapat meningkatkan jumlah radikal bebas pada tubuh anda. Penyebaran radikal bebas paling umum dan berbahaya dapat berasal dari obat-obatan, radiasi, pestisida, polusi udara, pengencer, alcohol, asap tembakau, polusi, dan bahkan makanan yang kita makan.

Kebanyakan orang sehat yang tidak merokok seharusnya tidak perlu terlalu khawatir dengan jumlah radikal bebas yang terlalu banyak dalam tubuh mereka. Jika anda merasa khawatir atau curiga dengan jumlah radikal bebas dalam tubuh anda, anda dapat menjalani tes urin untuk mengetahuinya.

Jika anda ingin mengaplikasikan jeruk nipis pada kulit anda, terdapat beberapa cara tergantung pada preferensi anda. Cara termudah adalah dengan melarutkan jeruk nipis di dalam air dan tepuk-tepuk wajah anda menggunakan lap basah dan hindari area mata. Metode lain diantaranya dengan membuat semacam es batu hingga mencampurnya dengan yogurt. Apapun metode yang digunakan, antioksidan pada jeruk nipis akan menjadi bahan baku aktif.

6. Manfaat Minyak Esensi pada Jeruk nipis

Minyak esensi utuh adalah topik yang akan kita bahas secara detil karena terdapat banyak perdebatan mengenai keefektifannya, terutama jika anda mencermati pernyataan-pernyataan yang ada. Terdapat banyak manfaat yang berasal dari pemakaian minyak esensi, namun kita hanya akan menjelaskan pernyataan yang telah diteliti dan diuji coba.

Jika anda ingin menambahkan minyak tersebut ke dalam air jeruk nipis anda, cukup ambil irisan jeruk nipis kemudian peras bagian luar. Jika anda mengamati dengan teliti, anda dapat melihat minyak jeruk nipis keluar dari lapisan luar.

Salah satu manfaat yang sering dikaitkan dengan minyak jeruk nipis adalah aktivitas antimicrobial dalam melawan bakteri, ragi, dan jamur seperti Candida Albicans yang dikenal sebagai penyebab infeksi ragi. Efek antimicrobial memiliki beragam manfaat saat ditelan dan diaplikasikan pada kulit, dan efek inilah yang menjadi inti seluruh manfaat tersebut.

Sebuah penelitian diterbitkan untuk menjelaskan efek minyak jeruk nipis bagi wanita hamil dalam mengatasi mual dan muntah. Sekitar 100 wanita ambil bagian dan setelah 2 hari wanita tersebut mengalami penurunan gejala mual dan muntah secara drastis dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi minyak jeruk nipis. Setelah 4 hari, persentase penurunan muntah dan mual adalah sebesar 33%. Sementara penelitian ini dilakukan spesifik terhadap wanita hamil, hasilnya mungkin akan sama bagi mereka yang tidak hamil.

Pada penelitian lain yang dilakukan oleh Central Food Technological Research Institute menunjukkan bagaimana geraniol, fitonutrien yang ditemukan pada jeruk nipis, membantu dalam penyembuhan penyakit saraf diabetes. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kerusakan saraf sciatic dapat dikurangi dengan menggunakan minyak jeruk nipis (geraniol). Dalam penelitian yang dilakukan selama 8 minggu, fungsi selular dapat dipulihkan, menunjukkan bahwa pemakaian minyak jeruk nipis secara rutin dapat membantu meregulasi penyimpanan energi, dan seperti yang telah disebutkan sebelumnya; membantu mencegah penyakit.

Minyak jeruk nipis mungkin bagian dari jeruk nipis yang paling banyak diteliti dan juga merupakan bagian yang tidak diikutsertakan saat membuat air jeruk nipis. Cobalah pertimbangkan untuk menggunakan bagian kulit dari jeruk nipis dalam minuman atau manambahkan minyak jeruk nipis dalam minuman anda untuk memperoleh manfaat yang maksimal.

Standar Keamanan Jeruk Nipis

Standar keamanan untuk jeruk nipis? Kami dapat memahami pemikiran anda namun terdapat beberapa hal yang perlu anda ingat:

Pertama, anda tidak boleh mengkonsumsi biji jeruk nipis. Menelan biji jeruk nipis sesekali tidak akan membahayakan anda, namun jika anda berencana untuk meminum air jeruk nipis secara rutin maka pastikan anda menghindari bijinya.

Biji jeruk nipis mengandung asam salicylic dalam jumlah kecil yang merupakan bahan baku utama dalam membuat aspirin, bersama dengan lapisan pahit pada bagian luar biji yang memberikan rasa pahit.

Cara termudah untuk menyingkirkan biji jeruk nipis adalah dengan menggunakan saringan kecil atau alat pemeras.
Jika anda terbiasa menggunakan pemanis pada teh atau kopi anda, maka indera perasa anda akan menuntut adanya gula pada air jeruk nipis yang akan anda minum.

Kedua, cobalah untuk menghindari pemanis selain madu murni pada air jeruk nipis anda karena pemanis akan menghilangkan semua manfaat yang disebutkan diatas.

Jika anda bisa mengurangi gula pada pola makan anda, anda akan merasakan indera perasa anda kembali ke keadaan semula dan kesukaan anda terhadap rasa manis akan berkurang secara drastis.

Ketiga, adalah dampak cairan jeruk nipis pada enamel gigi anda. Jika anda tidak meminum air jeruk nipis seperti anda menggunakan mouthwash maka gigi anda akan aman. Jika anda merasa kesehatan gigi anda penting, cobalah menggunakan sedotan saat anda minum.

Kesimpulan

Meminum air jeruk nipis adalah salah satu hal kecil yang dapat kita lakukan secara rutin yang dapat memberikan manfaat jangka panjang. Orang-orang yang akan merasakan manfaat secara dramatis adalah orang-orang yang mengganti secangkir kopi di pagi hari atau minuman bersoda dengan air jeruk nipis.

Untuk penambahan air jeruk nipis pada pola makan anda, disarankan untuk mencoba meminum air jeruk nipis minimal 2 minggu untuk merasakan manfaatnya.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: