6 Manfaat Buah Pare yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

October 28, 2015

manfaat buah pare

Buah pare dikenal memiliki khasiat sebagai obat. Beberapa manfaat buah pare diantaranya membantu mengendalikan diabetes, mencegah dan mengurangi gejala kanker, mengurangi efek wasir, meningkatkan kesehatan pernapasan, meningkatkan kesehatan kulit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga membuktikan bahwa buah pare memiliki anti-inflamasi, anti jamur, antibiotik, anti-alergi, antivirus serta antiparasit. Untuk alasan inilah, buah pare menjadi kandungan utama untuk sejumlah masakan budaya di seluruh dunia.

Buah pare sebenarnya anggota dari keluarga yang sama (Cucurbitaceae) dengan melon dan labu. Buah ini berasal dari India dan mulai menyebar lebih dari 600 tahun yang lalu dan saat ini paling sering ditemukan di Asia, Afrika dan Karibia.

Buah pare seringkali digolongkan sebagai sayuran dan dianggap sebagai buah paling pahit yang tersedia. Meskipun demikian, orang Indonesia seringkali mengolahnya sebagai salah satu kuliner favorit. Idealnya, buah pare dipanen sebelum masak, karena semakin masak rasanya akan semakin pahit. Buah berbentuk panjang seperti mentimun dengan kulit bergerigi. Manfaat buah pare ditemukan dalam dagingnya, dan jika dibiarkan matang, sebuah empulur warna merah terang muncul, yang kadang digunakan juga dalam masakan di beberapa budaya.

Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan

Meskipun memiliki rasa yang pahit, namun ada sejumlah manfaat yang mengagumkan dari buah pare. Berikut adalah 7 manfaat buah pare untuk kesehatan:

1. Mengobati Diabetes

Manfaat buah pare yang terutama adalah mengobati penyakit diabetes. Buah pare adalah salah satu buah paling ampuh dalam mengendalikan diabetes. Dalam buah pare terkandung charntin dan peptida dalam jumlah signifikan dimana fungsinya menyerupai insulin, serta juga kandungan alkaloid. Semua komponen ini secara aktif mempengaruhi kadar gula darah. Mereka juga membantu mencegah lonjakan gula darah yang tak terduga serta penurunan insulin secara drastis dengan cara mengatur metabolisme dan penggunaan gula yang ada dalam makanan yang dikonsumsi. Sebagai agen hipoglikemik yang kuat, buah pare tidak boleh digunakan bersamaan dengan obat-obatan lain yang berfungsi menurunkan gula darah, karena hal ini benar-benar dapat menyebabkan kurangnya kadar gula dalam tubuh dan mengakibatkan bahaya!

2. Meringankan Wasir

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa sifat anti-inflamasi dalam buah pare akan meringankan kondisi tidak nyaman ketika BAB, yang juga dikenal sebagai wasir. Jika anda membuat ramuan dari akar tanaman pare, anda dapat mengoleskannya untuk mengurangi peradangan, menghilangkan rasa sakit dan pendarahan. Jika anda meminum jus buah pare, anda juga mendapatkan manfaat yang sama, selama anda dapat menahan rasa pahitnya.

3. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat buah pare yang sangat penting adalah kemampuannya dalam mencegah kanker. Antioksidan yang ada dalam buah pare dapat membantu mencari dan menghancurkan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit, termasuk kanker, namun itu bukan satu-satunya manfaat buah pare sehubungan dengan kanker. Buah pare telah banyak diteliti sebagai agen anti-tumor dan anti-karsinogenik, bersamaan dengan kemampuannya dalam meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan korelasi positif antara makan buah pare dengan pencegahan atau pengurangan pertumbuhan tumor pada pasien kanker serviks, prostat, dan payudara. Hal ini dikarenakan kemampuan buah ini dalam menginduksi apoptosis (kematian sel) pada sel kanker. Namun, lebih banyak penelitian diperlukan untuk mengetahui lebih lanjut tentang sifat anti-kanker yang dimiliki buah sederhana ini, serta jenis kanker apa yang bisa terpengaruh olehnya.

4. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah pare lainnya yang tak kalah penting adalah dalam menguatkan sistem kekebalan tubuh. Buah pare merupakan sumber berbagai jenis antioksidan yang membuat mekanisme pertahanan yang kuat terhadap penyakit-penyakit di dalam tubuh. Antioksidan akan melawan radikal bebas dalam tubuh, senyawa berbahaya yang dilepaskan selama metabolisme sel yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Dengan menambahkan buah pare dalam menu anda, anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit yang sangat serius, diantaranya serangan jantung, gagal ginjal, dan kerusakan hati; yaitu tiga dari banyak tempat di mana radikal bebas dapat menyebabkan masalah kesehatan.

5. Kondisi Pernapasan

Ada sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa buah pare dapat meringankan berbagai masalah pernapasan seperti asma, bronkitis, dan demam (rhinitis). Sifat anti-histamin, suppressant, anti-inflamasi, ekspektoran, dan antivirus membuat buah pare sebagai pendorong kesehatan pernapasan yang ideal. Dianjurkan untuk makan beberapa potong buah pare sebelum tidur, sehingga efek menenangkan terjadi saat anda sedang tidur.

6. Infeksi Jamur

Sifat anti jamur dan anti bakteri buah pare membuatnya ideal memerangi infeksi berbagai macam jamur, dan juga membantu membersihkan darah dari racun sebelum mereka dapat melakukan kerusakan lebih banyak. Secara khusus, dalam hal infeksi dan kesehatan kulit, buah pare telah berguna dalam mengobati kurap dan psoriasis. Selanjutnya, kualitas anti-inflamasi buah pare mengurangi gatal yang menjengkelkan terkait dengan infeksi kulit. Jus yang diekstrak dari daun buah pare dapat menjadi salep terbaik atau obat untuk kondisi ini, secara langsung dioleskan ke daerah-daerah yang terinfeksi.

Beberapa Perhatian:

Kandungan zat yang terdapat dalam buah pare memiliki manfaat kesehatan yang kuat, namun harus diperhatikan juga beberapa hal berikut ini. Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi buah pare karena dapat merangsang pendarahan, dan efek negatif pada proses menyusui, namun penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan terhadap efek menyusui ini. Jadi untuk saat ini yang terbaik adalah untuk menghindarinya. Juga, seperti yang disebutkan sebelumnya, buah pare merupakan agen yang sangat kuat dalam mengurangi kadar gula darah, yang dapat menjadi berbahaya terutama di saat menjelang dan setelah prosedur bedah.

Beberapa orang bisa sangat sensitif terhadap defisiensi dehidrogenase, yang bisa diakibatkan oleh konsumsi buah pare. Gejalanya mirip dengan anemia, termasuk sakit kepala, demam, dan sakit perut. Ini adalah buah yang sangat kuat, dan sangat disarankan agar anda berbicara dengan dokter sebelum menambahkannya ke dalam diet anda.

Demikian artikel manfaat buah pare untuk kesehatan, semoga berguna dan menambah wawasan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: