6 Makanan Kaya Kandungan Lemak Sehat

November 20, 2016

lemak sehat

Beberapa tahun yang lalu, orang berpikir bahwa makan makanan rendah lemak akan menyebabkan lemak tubuh berkurang. Tapi ternyata mengkonsumsi jenis lemak tertentu dapat membuat anda menjadi sehat dan bugar.

Kami telah merangkum daftar 6 makanan dengan lemak sehat yang harus anda pertimbangkan untuk dikonsumsi mulai hari ini. Tapi pertama-tama akan dijelaskan, apa yang membuat beberapa jenis lemak ini tergolong “sehat”?

Jenis Lemak

Lemak trans dan lemak jenuh adalah “lemak jahat” yang seringkali mendapat peringatan dari dokter dan ahli gizi. Lemak ini mengakibatkan obesitas, penyakit jantung dan segala bentuk masalah kesehatan lainnya. Di situlah “lemak baik” datang untuk menyelamatkan, layaknya gumpalan kecil berbaju baja. Lemak baik diantaranya adalah lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, dan omega-3.

Mengkonsumsi lemak baik ini dapat memberikan banyak manfaat kesehatan termasuk meningkatkan kesehatan jantung anda.

Makanan-makanan yang Mengandung Lemak Sehat

1. Kacang-kacangan

Banyak kacang-kacangan dan biji-bijian yang kaya akan asam lemak omega-3. Kacang-kacangan juga berisi lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, yang menurunkan kadar kolesterol jahat. Sejumlah penelitian telah dilakukan dari waktu ke waktu yang membuktikan bahwa mengkonsumsi kacang menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

2. Biji-bijian

Biji-bijian adalah sumber lemak sehat. Flaxseeds (biji rami) mengandung omega 3 dan telah dikaitkan dengan mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, stroke dan diabetes. Chia seeds telah digunakan sejak jaman dahulu oleh orang-orang Maya kuno untuk sumber energi dan juga merupakan sumber omega 3 lainnya. Satu sendok makan chia seeds mengandung 3 gram protein, 2282 mg Omega 3 dan 752 mg asam lemak Omega 6.

Biji-bijian ini dapat dikonsumsi dalam smoothie, sereal, atau sebagai topping untuk setiap yogurt favorit anda.

3. Alpukat

Konsumsi alpukat mampu menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL (buruk) anda, serta meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik). Plus, lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam alpukat dapat mengurangi risiko anda terkena kanker prostat dan kanker jenis lain.
Jadi mulailah mengkonsumsi alpukat sebagai camilan untuk menurunkan kolesterol anda dan mengurangi risiko kanker. (Baca juga

4. Ikan Air Dingin

Sebuah studi yang dilakukan oleh The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 1997 menemukan bahwa asam lemak Omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan dapat menurunkan trigliserida sebesar 25%-30%. Asam lemak omega-3 juga dapat membantu jantung anda dengan mengurangi peradangan dan pertumbuhan plak yang ditemukan dalam arteri.

5. Telur

Telur adalah pembangkit tenaga yang penuh gizi! Telur adalah sumber protein dan mengandung sejumlah besar vitamin A, B, D dan E. Mereka juga dikemas dengan mineral seperti zat besi, fosfor, seng, dan selenium.

Telur berisi lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, yang baik untuk jantung anda dengan menjaga kolesterol anda dalam kisaran yang sehat. Telur juga mengandung sejumlah kecil lemak jenuh, jadi pastikan untuk mengkonsumsinya dalam tingkat moderat (sedang).

Baca juga 6 Manfaat Telur Ayam yang Menakjubkan.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Lemak ini membantu menurunkan kadar kolesterol total anda, menormalkan pembekuan darah, serta mengendalikan kadar gula darah. Tapi berhati-hatilah, minyak zaitun sangat tinggi kalori sehingga harus digunakan dalam moderasi.

Baca juga 100 Manfaat Minyak Zaitun.

Pesan Terakhir
Jangan mencari di toko-toko atau supermarket produk-produk makanan kemasan yang rendah lemak, karena seringkali tidak menunjukkan kenyataan sebenarnya. Sebaliknya, pilihlah makanan nyata dengan lemak sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, telur, minyak zaitun dan ikan yang bersahabat bagi jantung anda, menurunkan resiko kanker, selain juga memiliki rasa yang lezat.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: