5 Manfaat Vitamin C yang Sebaiknya Anda Tahu

October 7, 2016

manfaat vitamin c

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang larut dalam air dengan beberapa manfaat kesehatan yang mengesankan. Anda mungkin sudah mengetahui bahwa mengkonsumsi ekstra vitamin C dapat membantu mencegah pilek atau mengurangi keparahannya jika anda sudah terkena. Teruslah membaca untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dari vitamin yang sangat penting ini.

Ada satu fakta menarik dimana hampir semua binatang menghasilkan vitamin C secara internal karena vitamin ini sangat penting untuk kelangsungan hidup mereka. Namun kita manusia adalah salah satu dari beberapa makhluk hidup yang tidak mampu menghasilkan vitamin C secara mandiri.

Kurang asupan vitamin C dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit scurvy, penyakit serius yang ditandai dengan anemia, gusi berdarah dan pendarahan kulit. Meskipun saat ini sudah jarang ditemui kasus-kasus penyakit tersebut, namun faktanya masih banyak orang yang tidak mendapatkan cukup vitamin C dalam diet mereka padahal vitamin ini sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Berikut adalah lima alasan penting mengapa anda harus mendapatkan cukup vitamin C setiap hari, plus sebaiknya anda mendapatkannya secara alami.

5 Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan

1. Melindungi DNA Anda dari Kerusakan Oksidatif

Kerusakan oksidatif oleh radikal bebas yang berasal dari lingkungan dan makanan, seperti asap rokok atau zat tambahan makanan yang beracun, dapat menyebabkan mutasi genetik dalam DNA anda yang menyebabkan berbagai jenis kanker. Vitamin C telah terbukti untuk memerangi oksidasi radikal bebas dengan sifat antioksidan yang kuat.

Sebuah contoh yang baik dari manfaat vitamin C untuk kesehatan dapat dilihat dengan nitrosamin karsinogenik yang dapat terbentuk ketika anda makan daging olahan. Suplemen vitamin C telah terbukti memberikan perlindungan terhadap senyawa yang merusak, meskipun saran terbaik tetaplah membatasi asupan daging olahan.

2. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Tingkat vitamin C yang cukup dalam diet anda dapat membantu mencegah aterosklerosis, suatu kondisi yang berbahaya di mana dinding arteri anda menebal dengan timbunan lemak.

Aterosklerosis adalah penyebab utama penyakit jantung dan stroke yang fatal, namun vitamin C dapat mengurangi resiko terkena masalah jantung yang serius dengan meningkatkan kesehatan jantung.

Suplemen vitamin C juga telah terbukti meningkatkan sirkulasi, terutama dalam kasus penyakit pembuluh darah perifer. Vitamin C juga dapat membantu orang-orang yang mengalami tangan dan kaki yang membeku dalam cuaca dingin. Meningkatnya sirkulasi bisa membawa manfaat hampir di semua area tubuh anda karena ada lebih banyak darah yang membawa nutrisi untuk sel-sel.

3. Memperbaiki Kulit Anda

Salah satu area yang bisa merasakan manfaat nyata dari jumlah vitamin C yang tinggi dalam diet anda adalah kulit anda.

Selain membantu kelancaran sirkulasi darah di kulit anda, vitamin C juga merupakan komponen penting yang digunakan dalam pembuatan kolagen, yaitu protein yang melekatkan sel-sel kulit anda bersama-sama serta membantunya untuk tetap kencang dan tampak muda.

Vitamin C juga memberikan perlindungan antioksidan bagi sel-sel kulit di permukaan terhadap bahaya sinar UV yang mengarah pada warna kulit kusam, bintik-bintik penuaan serta garis-garis halus dan kerutan. Mengoleskan pelembab alami vitamin C, terutama dalam dosis tinggi, dapat sangat bermanfaat untuk kulit anda juga. Namun tetap lebih penting untuk memiliki asupan makanan yang mengandung vitamin C.

4. Vitamin C untuk Kesehatan Pencernaan

Layaknya kulit anda, jaringan saluran pencernaan juga terikat bersama-sama berkat adanya kolagen. Vitamin C diperlukan untuk produksi kolagen dan dapat membantu menyembuhkan masalah di saluran pencernaan. Hal ini juga dapat mencegah ulkus lambung yang menyebabkan bakteri Helicobacter pylori.

Secara umum vitamin C sangat baik untuk detoksifikasi, yang mana hal ini menjadi alasan mengapa jus lemon dan air sangat disarankan diminum di pagi hari sesaat setelah bangun tidur untuk kelancaran pencernaan anda.

5. Melawan Pilek dan Flu dengan Vitamin C

Vitamin C telah dibuktikan mampu meningkatkan produksi, aktivitas dan kelangsungan hidup sel kekebalan tubuh terhadap infeksi virus.

Ada kurang lebih seratus kali lebih banyak vitamin C dalam sel darah putih dalam darah anda dibanding plasma biasa. Penelitian menunjukkan jumlah ini menurun pada awal terkena flu. Dengan memulihkan kembali persediaan vitamin C dalam tubuh anda, anda memberi sel-sel darah putih lebih banyak kesempatan untuk melawan virus flu.

Bagaimana Vitamin C Dibuat?

Vitamin C bersifat larut dalam air dan tidak dapat disimpan dalam tubuh anda. Idealnya anda harus mendapatkannya dari berbagai sumber setiap hari.

Kebanyakan orang menggunakan asam askorbat standar yang ditemukan di multivitamin yang murah atau tablet vitamin C rasa orange. Namun apakah anda belum mengetahui bahwa mereka biasanya diproduksi secara sintetis dari pengolahan jagung transgenik di Cina. Ada juga beberapa pertanyaan menyangkut berapa banyak vitamin C dapat diserap dan banyak orang melaporkan iritasi dengan dosis yang besar.

Secara pribadi, saya lebih suka menggunakan bentuk yang berbeda dari vitamin C. Salah satu yang tidak hanya mengandung sejumlah besar asam askorbat alami, tetapi juga kaya bioflavonoid komplementer dan antioksidan lainnya. Namun sekali tetap dianjurkan untuk mendapatkan asupan vitamin C secara alami yaitu dari makanan yang anda konsumsi.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: