5 Manfaat Tidur yang Wajib Anda Ketahui

September 4, 2017

manfaat tidur

Mungkin sedikit aneh membaca judul ‘Manfaat Tidur’ diatas, karena setiap orang pasti melakukan hal tersebut. Namun yang ingin ditekankan dalam artikel ini adalah pentingnya tidur yang cukup, bukan sekedar tidur.

Di jaman yang serba cepat ini, kelelahan sudah menjadi bagian yang tak terelakkan dari kehidupan kita. Anak-anak, pekerjaan, keadaan tak terduga serta stres dan kecemasan yang tidak diinginkan dapat merampas salah satu hal terpenting yang kita butuhkan dalam hidup kita: tidur.

Tidur memiliki lebih banyak manfaat daripada yang mungkin anda sadari. Jadi sebelum anda menonton tayangan film tengah malam, ingatlah bahwa tidur bisa memberi manfaat lebih dengan berbagai cara.

5 Manfaat Tidur

Berikut adalah 5 manfaat tidur yang perlu anda ketahui:

1. Tidur Meningkatkan Daya Ingat Anda

Mendapatkan jumlah tidur yang cukup setiap malam membantu meningkatkan daya ingat. Menurut Dr. Rapoport, seorang profesor di NYU Langone Medical Center, orang menerima informasi lebih baik dan lebih cepat setelah mendapatkan tidur dalam jumlah cukup.

Kinerja meningkat dengan tidur yang nyenyak, jadi jika anda mencoba menyelesaikan tugas atau belajar sesuatu yang baru, tidur cukup akan membantu otak anda mempertahankan dan memproses informasinya lebih mudah.

2. Tidur Mendukung Pikiran Positif

Tidur bisa membantu anda melihat sesuatu dengan lebih jernih. Banyak dari kita cepat marah karena tidak mendapatkan cukup tidur, sehingga mempengaruhi pandangan dan mood kita.

Selama fase istirahat di malam hari, baik pikiran dan tubuh kita pulih dan bisa rileks tanpa stres atau beraktivitas. Tidur nyenyak di malam hari, meningkatkan cara pandang hidup kita dan meningkatkan kualitas kita karena kita merasa segar kembali.

Dr. Rapoport juga menyebutkan tidur yang cukup tidak hanya memperbaiki cara pandang kita, tapi juga memberi kita lebih banyak energi untuk pikiran dan tubuh kita sepanjang hari. Studi menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan 7 sampai 9 jam istirahat setiap malam juga cenderung mengalami sedikit depresi.

3. Tidur Membantu Anda untuk Bersantai dan Meremajakan

Manfaat tidur berikutnya adalah tidur membantu kita menjadi lebih tenang, yang banyak kita butuhkan setelah seharian bekerja keras. Selama istirahat malam, tubuh kita menjadi rileks, detak jantung stabil, tekanan darah kita turun dan tubuh berfokus pada pemulihan sistem.

Kurang tidur membuat jantung kita tidak mendapatkan cukup istirahat yang sangat dibutuhkan yang dapat menyebabkan komplikasi seperti diabetes, pembengkakan, dan penyakit jantung. Selama tidur malam ini, tubuh kita memproduksi sel darah putih karena tubuh memiliki waktu untuk memulihkan diri serta melakukan pemeriksaan dan perbaikan sistem. Beri jantung anda istirahat malam ini dan biarkan juga menjadi rileks.

4. Tidur Mengurangi Rasa Cemas

Merasa stres? Anda butuh lebih banyak tidur! Tidur membantu menurunkan tingkat kecemasan dan stres yang saling berkaitan satu sama lain.

Dr. Jean menyatakan bahwa kesehatan dan kurang tidur saling menemani. Mengistirahatkan pikiran anda dapat mengurangi stress dan menurunkan tingkat kecemasan. Di pagi hari, kita akan menyadari adanya perbedaan mencolok dalam tingkat kegelisahan dan stres karena beristirahat adalah obat terbaik untuk keduanya.

5. Tidur Membersihkan Pikiran

Tidur juga bisa membantu kita rileks dengan cara menghilangkan data yang tidak perlu dari pikiran sibuk kita. Pada siang hari, otak kita bekerja penuh untuk memperoleh dan memilah data baru atau data yang ada. Pada malam hari, otak kita beristirahat dan selama proses peristirahatan, menghapus semua data yang tidak perlu atau tidak berguna yang tidak perlu anda ingat besok.

Tidur membantu membersihkan ruang dalam pikiran kita selama proses tersebut. Mengistirahatkan pikiran kita di malam hari juga membantu anda memprioritaskan tugas-tugas penting keesokan hari.

***

Tidur memiliki banyak manfaat lain termasuk membuat keputusan yang sulit lebih mudah dilakukan, menaikkan tingkat energi kita yang banyak kita butuhkan, dan bahkan berperan dalam mengurangi nafsu makan yang dapat bermanfaat bagi metabolisme dan berat badan anda. Hal itu juga membuat bengkak di bawah mata hilang sekaligus memperbaiki mood kita. Dokter di seluruh dunia mendorong 7 sampai 9 jam semalam untuk melihat manfaat utamanya.

Apakah anda ingin lebih pintar, menyenangkan, berenergi dan sehat? Jawaban untuk semua ini adalah satu hal: tidur! Kita adalah makhluk yang sibuk mengembara dari pekerjaan rumah, pekerjaan kantor, sekolah, kegiatan sepulang sekolah dan masih banyak lagi jadwal sibuk kita.

Tubuh dan pikiran kita membutuhkan istirahat, dan mereka mendapatkan istirahat ini selama kita tidur nyenyak di malam hari. Menghemat waktu tidur dapat berdampak negatif pada kesehatan, jantung, dan mood anda, sehingga menyebabkan kelelahan dan mengurangi tingkat kesadaran dan kreativitas kita.

Untuk stress yang berkurang, perasaan bahagia dan kesehatan yang baik, jangan lewatkan waktu tidur yang berharga malam ini.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: