5 Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

September 14, 2015

buah melon

Beberapa manfaat buah melon untuk kesehatan termasuk kemampuannya untuk membantu menurunkan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah beberapa jenis kanker, memperbaiki penglihatan, melancarkan proses pencernaan, melindungi kesehatan jantung, dan mencegah diabetes.

Buah melon diperkirakan berasal dari India atau Persia kuno atau Afrika. Mereka tumbuh baik di lingkungan tanah yang berpasirr dengan fasilitas irigasi yang baik, serta membutuhkan lebah madu untuk penyerbukan yang efektif.

Tidak sulit untuk menemukan buah yang memiliki nama ilmiah Cucumis melo var. reticulatus ini. Buah melon bisa anda jumpai di pasar tradisional maupun pasar modern. Secara umum buah melon memiliki bentuk bulat, dengan diameter 11-16 cm dan berat 450-850 gram, kadang-kadang ada yang mencapai 1 kg. Buah ini memiliki tekstur kulit yang kasar, daging buah yang berwarna hijau atau oranye serta rasanya yang manis menyegarkan.

Kandungan Gizi Buah Melon

Buah melon kaya akan vitamin C, vitamin A, karotenoid, bioflavonoid, berbagai mineral, seperti kalium, kalsium, dan zat besi, serta serat makanan. Buah melon tidak memiliki kandungan lemak, kolesterol, dan juga rendah kalori (1 buah utuh melon hanya mengandung 64 kalori).

Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

1. Kesehatan Jantung

Buah melon dapat membantu kesehatan jantung dalam dua cara. Dengan kandungan serat makanan yang tinggi, dapat membantu mengurangi kolesterol “jahat” dalam tubuh, sehingga melindungi dari aterosklerosis. Juga, karena kandungan kalium yang tinggi, yang bertindak sebagai vasodilator, dapat mengurangi tekanan darah anda, sehingga menurunkan kemungkinan anda terkena penyakit jantung koroner atau stroke.

2. Kesehatan Pencernaan

Serat makanan, terutama serat larut seperti pektin, dimana buah melon memilikinya dengan kandungan yang tinggi, dapat memadatkan feses, menghilangkan sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Berikutnya, serat larut membuat anda merasa kenyang, yang dapat mengurangi kemungkinan anda untuk makan berlebihan, sehingga dapat membantu mereka yang sedang berdiet atau mencoba menjaga berat badannya.

3. Sistem Kekebalan Tubuh dan Mencegah Kanker

Buah melon dikemas dengan nutrisi yang dapat melindungi tubuh anda dari penyakit, termasuk kandungan vitamin C yang tinggi, yang merangsang sistem kekebalan tubuh; vitamin A, yang bertindak sebagai antioksidan, serta karotenoid dan bioflavonoid, yang juga bertindak sebagai antioksidan. Komponen-komponen ini menghilangkan atau menetralisir radikal bebas, yang dapat menyebabkan munculnya kanker. Buah melon mengandung senyawa organik yang telah dikaitkan secara langsung dengan penurunan resiko terkena kanker paru-paru, mulut, usus, dan payudara.

4. Kesehatan Penglihatan

Vitamin A, yang ditemukan dalam jumlah moderat dalam buah melon, memiliki karotenoid yang secara khusus menjaga kesehatan mata kita. Beta karoten dapat mencegah degenerasi makula, kerentanan lutea akibat radiasi sinar matahari, dan katarak.

5. Diabetes

Pektin dalam buah melon juga dapat membantu mencegah diabetes, karena pektin dan bentuk serat makanan lainnya dapat mengatur pelepasan glukosa dari gula sederhana dan karbohidrat ke dalam aliran darah. Ini berarti bahwa pasien diabetes dan orang-orang yang berisiko terkena diabetes terlindungi dari jarum tes gula darah yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

Tips Mengkonsumsi Melon

Anda harus dapat mencium aroma melon jika itu sepenuhnya matang. Jika tidak cukup matang, biarkan melon pada suhu kamar selama beberapa hari. Buah melon matang paling sering dinikmati langsung, tetapi tidak jarang digunakan sebagai bahan salad bersama-sama dengan semangka dan anggur.

Dengan berbagai manfaat buah melon yang mengagumkan diatas serta kandungan kalorinya yang rendah, rasanya buah ini sangat direkomendasikan untuk tersedia di meja makan anda setiap hari.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: