5 Fakta Terbaru Tentang Makanan dan Usia

April 23, 2013

tentang makanan dan usia

Makanan yang kita konsumsi berhubungan erat dengan kualitas usia seseorang. Semakin sehat makanan yang dikonsumsi, maka semakin sehat tubuh seseorang dan harapan untuk berumur panjang pun semakin besar.

Berikut adalah 5 fakta terbaru tentang makanan dan usia yang perlu anda ketahui:

1. Dengan menonsumsi lebih sedikit kalori, penuaan dapat diperlambat dan penyakit yang berkaitan dengan penuaan seperti kankker dan diabetes tipe 2 juga dapat dicegah. Caranya adalah dengan secara bertahap mengurangi makan gula tanpa mengurangi asupan vitamin dan mineral. Semakin cepat konsumsi kalori dikurangi, semakin besar efeknya bagi perpanjangan usia.

2. Mengurangi konsumsi kalori sekitar 10-25% akan menurunkan pelepasan insulin, glukosa, dan memperpanjang usia dalam kondisi sehat.

3. Makan gula berlebihan membuat kita cepat tua. Supaya usia dapat diperpanjang, selain konsumsi gula harus dikurangi, kita juga harus berhenti memikirkan makanan bergula, agar terbentuk kebiasaan yang melupakan rasa manis.

4. Jangan begadang. Sering begadang meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan kebiasaan makan yang buruk. Orang yang tidur terlambat dan bangun kesiangan cenderung makan lebih banyak kalori di sore harinya, lebih banyak fast food, lebih sedikit buah dan sayur, dan lebih rentan gemuk dibanding orang yang tidur lebih awal dan bangun lebih awal.

5. Daripada mengonsumsi obat anti-penuaan, lebih baik perbanyak makan sayuran. Obat anti-aging hanya sedikit bermanfaat atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali, sedangkan risikonya tinggi bagi kesehatan.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: