41 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Rokok dan Mengapa Anda Harus Berhenti Merokok

July 10, 2017

berhenti merokok

Apakah anda ingin berhenti merokok, tapi sepertinya menemukan kesulitan untuk menyingkirkan kebiasaan tersebut?

Baca selengkapnya mengapa merokok adalah salah satu hal terburuk yang dapat anda lakukan untuk kesehatan anda, beserta tip bagaimana anda bisa mengalahkan kebiasaan itu untuk selamanya.

Mengapa Anda Perlu Berhenti Merokok Saat Ini Juga?

Anda telah mengetahui bahwa rokok tidak baik untuk anda, namun bagaimana persisnya efek rokok pada kesehatan anda?

Berikut adalah kondisi dan penyakit yang telah terbukti disebabkan oleh merokok:

1. Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner, sebagai hasil pembentukan plak di dalam arteri, adalah penyebab kematian #1 pada pria dan wanita di dunia saat ini.

2. Kanker

Kanker adalah pertumbuhan sel abnormal di dalam tubuh pada tingkat yang tidak terkontrol.

Kanker yang diakibatkan oleh merokok dapat ditemukan di paru-paru, kandung kemih, kerongkongan, mulut, tenggorokan, darah, sumsum tulang, dan usus.

Baca juga: 10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Kanker

3. Penyakit paru obstruktif kronik (Chronic obstructive pulmonary disease)

Merokok adalah penyebab penyakit paru obstruktif kronik #1, suatu kondisi yang membatasi aliran udara di paru-paru, dan merupakan penyebab utama kematian ke-3 di AS.

4. Aneurisma aorta perut (Abdominal aortic aneurysm)

Paling umum terjadi pada pria berusia di atas 60 tahun yang memiliki satu atau lebih faktor penyebab umum … dan merokok adalah salah satunya.

5. Bronkitis

Penyakit pernafasan yang menyebabkan radang pada saluran bronkus di paru-paru. Hal ini bisa mengakibatkan kesulitan dalam bernapas dan batuk mantra.

Bronkitis dapat berkembang semakin buruk seiring semakin lama seseorang merokok, dan bahkan bisa menjadi permanen.

6. Stroke

Stroke adalah kegagalan darah mencapai bagian-bagian dari otak. Hal ini dapat menyebabkan sel-sel otak mati jika berlangsung lebih dari beberapa detik, dan menyebabkan kerusakan permanen.

(Baca juga: Seputar Stroke yang Perlu Anda Ketahui)

7. Emfisema

Emfisema mencegah tubuh anda memperoleh jumlah oksigen penuh sesuai dengan yang dibutuhkan, membuat anda sulit untuk menarik napas. Hal ini bisa mengakibatkan batuk kronis atau sulit bernafas saat berolahraga atau beraktivitas sehari-hari.

8. Disfungsi ereksi

Meskipun anda tidak takut untuk mati muda, anda pasti tetap ingin menjalani kehidupan yang normal ketika hidup.

Bagi sebagian besar orang, itu berarti memiliki kehidupan seks yang aktif, dan bagi kaum pria hal ini tentu saja akan sulit dilakukan jika anda tidak dapat ereksi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa merokok merupakan kontributor utama dari impotensi.

Bahan-bahan Apa Saja yang Terkandung Dalam Rokok?

Merokok dapat menyebabkan semua masalah diatas dan masih banyak lagi, tapi apa sebenarnya yang menyebabkan kerusakan ini?

1. Arsenik
2. Berilium
3. Benzene
4. Kadmium
5. Kromium
6. Etilen Oksida
7. Nikel
8. Polonium-210
9. Vinyl Chloride

Masing-masing zat tersebut dapat menyebabkan kerusakan permanen pada seseorang dengan keterpaparan biasa, seperti merokok.

Dengan semua bahan berbahaya ini dan konsekuensi negatif yang terjadi saat merokok, berhenti akan tampak seperti pilihan yang jelas; Namun, seperti yang diketahui oleh kaum perokok, merokok cukup adiktif, dan berhenti dari kebiasaan ini bisa sangat sulit.

Beginilah penjelasannya …

Bagaimana Kecanduan Merokok Bekerja

Sifat adiktif rokok dapat disebabkan oleh satu bahan tunggal: nikotin.

Rokok mengandung antara 8 hingga 20 miligram nikotin tergantung pada merek yang anda beli; Tingkat nikotin yang berbeda tidaklah penting, karena hanya sekitar satu miligram yang diserap ke tubuh anda saat Anda merokok.

Hal pertama yang nikotin lakukan pada tubuh anda adalah memaksanya untuk melepaskan adrenalin dengan cepat, serta glukosa ekstra, yang akan membuat anda merasa lebih ‘hidup’ dan memiliki lebih banyak energi.

Hal ini kemudian menyebabkan peningkatan aktivitas reseptor di dalam otak (reseptor mengirimkan sinyal ke otot-otot dari otak).

Tubuh anda secara alami mengendalikan aktivitas reseptor dengan sendirinya, namun aktivitas yang disebabkan oleh nikotin tidak dapat diatur oleh tubuh.

Ledakan aktivitas ini diikuti oleh pelepasan dopamin neurotransmitter ke dalam jalur “penghargaan” otak anda.

Hal ini menyebabkan anda merasa bahagia, tenang, dan damai. Perasaan inilah yang menyebabkan kecanduan, karena tubuh anda sangat membutuhkan perasaan ini dan memaksa anda merokok untuk mencapai perasaan itu.

Sementara tubuh anda sangat membutuhkan perasaan ini setiap saat, efek nikotin biasanya berlangsung hanya beberapa jam. Ini berarti kebanyakan orang akan merokok beberapa kali sepanjang hari untuk memenuhi tuntutan tubuh.

Ini akan menjadi masalah yang lebih besar seiring berjalannya waktu, karena tubuh anda secara alami mengembangkan toleransi terhadap nikotin dan membutuhkan lebih dari itu untuk mencapai perasaan yang sama.

Hal ini menyebabkan kebanyakan orang merokok lebih banyak, sehingga meningkatkan risikonya untuk semua kondisi yang terkait dengan merokok.

Apa yang Terjadi Saat Anda Berhenti Merokok?

Tubuh Anda akan menderita penarikan diri saat anda melepaskannya dari nikotin yang sudah biasa.

Saat pertama kali berhenti merokok, anda mungkin dihadapkan pada:

1. Kecanduan yang kuat untuk rokok

Jika anda belum menyadari, saat pertama kali berhenti, anda merasa sangat ingin merokok seperti orang gila.

2. Penurunan tekanan darah dan denyut jantung

Nikotin dalam rokok membuat detak jantung dan tekanan darah anda jauh lebih tinggi karena efek stimulasi.

3. Perubahan sementara dalam kepribadian anda

Semua perubahan ini dalam tubuh anda akan membuat anda menjadi sensitif (lekas marah). Biarkan orang yang anda cintai tahu bahwa anda akan berhenti sehingga mereka akan mengerti.

4. Berat badan

Nikotin juga meningkatkan metabolisme, jadi tanpanya, anda bisa mendapatkan sedikit berat badan. Namun, jangan sampai hal ini menghalangi anda – metabolisme yang terlalu tinggi juga tidak baik untuk anda, dan sering menyebabkan perokok menjadi kurus tidak sehat.

Semua gejala ini bisa dikurangi dengan menemukan metode berhenti merokok yang tepat untuk anda.

Hal yang perlu diingat saat anda berjuang dengan resolusi anda adalah banyaknya manfaat yang anda dapatkan saat anda berhenti merokok. Manfaat berhenti merokok akan bertambah seiring semakin lama anda menjauh dari rokok dan efeknya akan luar biasa.

Apa Yang Terjadi Saat Anda Berhenti Merokok

Inilah kira-kira apa yang akan terjadi saat anda berhenti merokok berdasarkan waktu:

20 menit
Tekanan darah anda akan kembali normal.

8 jam
Nikotin di aliran darah anda akan turun hingga 93,25 persen.

24 jam
Level kecemasan anda awalnya akan mencapai titik tertinggi, namun berikutnya hanya akan turun mulai dari titik tersebut.

48 jam
Ujung saraf anda akan mulai tumbuh kembali, serta selera dan aroma anda akan kembali normal.

72 jam
Tubuh anda akan bebas dari nikotin, dan gejala untuk kembali merokok akan berada pada level yang sangat tinggi. Namun setelah itu hasrat untuk merokok hanya akan turun mulai dari titik ini.

2 minggu
Kecanduan anda di waktu tersebut harusnya berada di bawah kendali, dan hasrat anda untuk merokok akan berkurang secara drastis.

1 tahun
Risiko penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke akan turun menjadi lebih dari setengah dibanding ketika anda dahulu menjadi perokok.

Cara Berhenti Merokok

Tidak pernah mudah untuk berhenti merokok, tapi bisa dilakukan jika anda menemukan cara yang sesuai dengan anda.

Beberapa orang menemukan bahwa mereka dapat keluar dari kecanduan merokok secara mudah, namun banyak yang lain memerlukan bantuan seperti pengganti nikotin atau terapi kelompok.

Setiap metode memiliki manfaat tersendiri dan kunci sukses adalah menemukan yang tepat untuk anda.

Metode Berhenti Merokok

1. Hanya memutuskan untuk berhenti

Ini adalah cara termudah untuk berhenti merokok, namun ini juga yang paling sulit. Semua yang diperlukan dari metode ini hanyalah memutuskan untuk berhenti merokok, dan tetap bertahan dengannya.

Jika anda memiliki kemauan yang sangat kuat, ini mungkin metode yang tepat untuk anda, namun kebanyakan orang melihat pada cara-cara lain untuk membantu mereka berhenti merokok.

2. Penggantian nikotin

Terapi penggantian nikotin biasanya berbentuk permen, permen karet, inhaler, atau rokok elektronik yang mengandung nikotin.

Dengan menggunakan pengganti nikotin ini, tubuh menerima nikotin yang ia idamkan, tanpa semua efek berbahaya yang terkait dengan rokok.

Jumlah nikotin dalam metode penggantian ini dapat dikurangi dari waktu ke waktu sampai tubuh anda dapat melepaskan diri dari nikotin sepenuhnya.

3. Obat non nikotin

Dua obat yang tidak mengandung nikotin namun dapat membantu anda untuk berhenti merokok adalah Bupropion hydrochloride dan Varenicline.
Obat ini bekerja dengan mencegah zat kimia yang membuat anda menginginkan nikotin masuk ke otak anda.

Obat-obatan ini dapat membantu anda berhenti merokok, tapi mungkin bukan pilihan terbaik untuk anda tergantung pada obat tersebut (interaksi obat bisa berbahaya) dan mungkin dapat menyebabkan efek samping perilaku.

4. Hipnosis

Hipnosis digunakan sebagai sebuah upaya untuk menghubungkan hasil negatif dan tidak menyenangkan dengan merokok pada tingkat sub-sadar dan mengurangi atau menghilangkan keinginan untuk merokok tersebut.

Keefektifannya sangat bervariasi dari orang ke orang, dan juga diyakini bahwa satu dari empat orang tidak dapat dihipnosis sama sekali.

5. Terapi perilaku kognitif

Terapi perilaku adalah metode lain untuk berhenti merokok yang tidak melibatkan narkoba atau zat lainnya.

Dalam terapi perilaku kognitif, seorang terapis terlatih bekerja melalui isu-isu individual dan mengajarkan anda bagaimana mengatasi perasaan dan pola pikir yang menyimpang dan negatif, sekaligus membantu anda untuk mengubah kepercayaan yang salah.

Terapi juga membantu mengatasi stress dan pikiran serta perilaku tidak sehat yang sering datang ketika berhenti merokok.

6. Kelompok pendukung

Anda tentu bukan satu-satunya yang mencoba berhenti merokok, dan anda tidak perlu melakukannya sendiri. Ada banyak kelompok pendukung bagi mereka yang mencoba berhenti merokok yang dapat membuatnya lebih mudah untuk dicapai.

Kelompok pendukung dapat membantu anda tetap termotivasi, memberi anda harapan dan kepercayaan diri yang Anda butuhkan untuk berhenti, serta membantu anda tetap berpegang pada keputusan untuk berhenti.

Tips Tambahan untuk Membantu Anda Berhenti Merokok

Semua manfaat yang disebutkan di atas bahkan lebih bisa menjadi milik anda jika anda berhasil berhenti merokok untuk selamanya.

Sekalipun telah mengetahui semua manfaatnya, masih bisa sangat sulit untuk berhenti dan menaatinya. Tips tambahan dibawah ini dapat membantu anda mempertahankan tekad anda dalam perjalanan menuju kehidupan bebas rokok.

1. Makan buah dan sayuran anda

Para peneliti di University of Buffalo melakukan penelitian untuk menentukan apakah mengonsumsi buah dan sayuran akan membantu mereka untuk terus berhenti merokok.

Hasil penelitian menyatakan bahwa mereka yang makan lebih banyak sayuran dan buah merasa lebih mudah untuk melawan kecanduan mereka.

2. Mengetahui alasan dibalik anda ingin berhenti merokok

Putuskan mengapa anda ingin berhenti merokok, baik itu untuk anak anda, penampilan, kesehatan anda, atau alasan lainnya, dan kemudian menaatinya. Ingatkan diri anda secara teratur mengapa anda berhenti dan menegaskan kembali bahwa hal ini sangat berharga.

3. Jangan lakukan sendiri

Dapatkan bantuan dari teman anda, keluarga Anda, dan orang penting lainnya dalam hidup Anda. Berhenti bisa menjadi sangat sulit, dan orang-orang yang dekat dengan anda dapat membuatnya lebih mudah, dan membantu anda tetap berada di jalur yang benar.

4. Mengendalikan stress anda

Salah satu masalah yang paling umum dari orang-orang yang berhenti merokok adalah kelebihan stress yang ditimbulkannya. Merokok membantu mengatasi stress, dan sekarang setelah anda berhenti, anda perlu menemukan cara baru untuk mengatasinya.

Cobalah berolahraga secara teratur, mendapatkan sesi pemijatan, atau bahkan menghindari situasi stress selama beberapa minggu pertama setelah anda berhenti merokok.

5. Membersihkan rumah

Saat anda berhenti merokok, anda pasti harus membuang semua rokok yang anda miliki. Yang mungkin kurang jelas adalah fakta bahwa rumah, mobil, dan tempat lain masih bisa berbau asap rokok.

Singkirkan asbak, bersihkan karpet dan dinding, gunakan pengharum, dan hal lain yang menghilangkan semua bekas-bekas rokok dari kehidupan anda. Jika anda dijauhi dari hal-hal yang mengingatkan anda tentang rokok, anda akan merasa lebih mudah berhenti merokok.

6. Menghargai Diri Sendiri

Ketika anda berhenti merokok, anda akan memiliki uang yang sebelumnya anda habiskan untuk membeli banyak rokok. Saat ini tersedia untuk anda.

Gunakan uang ini untuk menghargai diri anda dengan keanggotaan gym, gadget baru, atau apa pun yang membuat anda bahagia. Ingatkan diri anda bahwa anda bisa membeli barang-barang ini karena anda berhenti merokok.

7. Terus berjalan

Jika anda tidak berhasil melakukan percobaan pertama saat berhenti, jangan menyerah. Kebanyakan orang membutuhkan banyak usaha untuk berhenti untuk selamanya, dan satu-satunya cara untuk sukses adalah terus mencoba.

Anda dapat mencoba berbagai metode, produk, grup, dan banyak perubahan lainnya untuk membantu anda sukses kali ini.

Kesimpulan

Anda mengetahui bahwa merokok adalah salah satu hal terburuk yang dapat anda lakukan terhadap kesehatan anda, yang menyebabkan masalah termasuk kanker, penyakit jantung dan disfungsi ereksi.

Kabar baiknya adalah jika anda ingin berhenti merokok, ada lebih banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu anda. Plus, anda akan mulai mengalami manfaat jika anda segera berhenti merokok. Jadi, bantulah diri anda sendiri: hilangkan kebiasaan buruk itu dan mulailah menjalani hidup yang lebih sehat dengan melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk berhenti merokok hari ini.

 

 

Previous post:

Next post: