4 Metode Ampuh Mengatasi Rambut Rontok

April 15, 2016

mengatasi rambut rontok

Rambut rontok memiliki beberapa penyebab potensial, termasuk diet, kekurangan mineral, obat-obatan, stres berat atau penyakit, polusi, dan genetika anda. Sebanyak sepertiga dari populasi dunia menderita dari rambut rontok, dan wanita masuk dalam kelompok itu meskipun dalam porsi yang kecil. Tidak ada jaminan bahwa anda dapat mencegah kerontokan rambut yang telah diprogram secara genetik, atau rambut rontok yang disebabkan oleh faktor yang tidak dalam kendali anda. Namun, anda dapat melakukan yang terbaik pada rambut anda dengan melakukan tahap-tahap yang akan diuraikan di bawah ini, sehingga anda tetap berada pada kondisi terbaik dan rambut anda tidak meninggalkan kepala anda lebih cepat dari yang seharusnya.

4 Metode Ampuh Cara Mengatasi Rambut Rontok

Metode 1: Hindari Merusak Rambut Anda

1. Batasi penggunaan pengering rambut (hair dryer).

Panas melemahkan protein rambut. Pemanasan dan pengeringan secara terus menerus dapat menyebabkan kerapuhan yang akhirnya membawa pada kerontokan rambut. Pengeringan secara alami adalah yang terbaik untuk rambut anda. Jadi mulailah mengeringkan rambut anda secara alami daripada menggunakan panas.

  • Perangkat lain yang memanaskan rambut anda, termasuk diantaranya pengeriting rambut dan pelurus rambut, juga dapat memiliki efek ini.
  • Jika anda menggunakan alat pemanas berhati-hatilah, karena kulit kepala yang terbakar dapat secara permanen merusak folikel rambut!

2. Hindari perming rambut.

Perming mengacu pada meluruskan atau mengkriting rambut secara kimia, dimana keduanya dapat merusak rambut anda. Ia bekerja secara khusus dengan memecah ikatan rambut anda, dan kemudian membentuk kembali mereka dengan cara yang berbeda (meluruskan atau menggulung rambut anda). Hal ini akan melemahkan rambut anda, membuatnya kusam, kering dan rapuh. Seiring waktu rambut yang kering dan rapuh dapat berkontribusi pada rambut rontok.

3. Kurangi pewarna dan bahan kimia pada rambut.

Sering menggunakan pewarna rambut meningkatkan kemungkinan kerusakan serius pada rambut anda. Jangan pernah mewarnai rambut anda lebih dari 6 minggu sekali. Jika anda mewarnai rambut anda, adalah ide yang baik untuk menggunakan kondisioner setelah keramas. Ketika rambut anda berubah menjadi abu-abu, akan jauh lebih ramah bagi rambut anda untuk membiarkannya beruban daripada mengecatnya.

4. Jangan menarik rambut terlalu keras.

Beberapa gaya rambut yang memerlukan tarikan atau ikatan ketat dapat menjadi penyebab rambut rontok jika dilakukan setiap hari. Misalnya, ekor kuda ketat dan kepang ketat, dapat menyebabkan rambut rontok signifikan bila dilakukan setiap hari. Menggulung rambut erat ke rol, terutama rol yang dipanaskan, juga bertanggung jawab untuk menyebabkan rambut rontok.

Nama medis untuk kerontokan rambut karena gaya rambut yang terlalu ketat dikenal sebagai “traksi alopecia” dan itu benar-benar dapat dicegah, tergantung dari si pemilik rambut.

Metode 2: Secara Aktif Merawat Rambut Anda

1. Cuci rambut secara teratur dengan sampo (mild).

Mencuci rambut membantu mencegah rambut rontok karena dapat menjaga rambut dan kulit kepala tetap bersih (mencegah kemungkinan infeksi yang dapat menyebabkan rambut rontok). Selama anda memakai sampo mild, rambut yang bersih akan memberikan kesan rambut berisi, tidak kotor, rata atau terlihat tipis.

2. Pilih sampo yang cocok untuk jenis rambut anda.

Mendapatkan sampo yang baik akan sangat membantu anda untuk memiliki rambut yang sehat, jadi luangkan waktu untuk menemukan sampo yang cocok dengan jenis rambut Anda. Pertimbangkan jika anda memiliki rambut yang halus, kering, berminyak atau normal, cobalah beberapa jenis sampoo yang berbeda untuk menemukan apa yang bekerja baik untuk jenis rambut anda. Jika anda memiliki ketombe atau rambut yang diwarnai, dapatkan sampo yang khusus dimaksudkan untuk ini.

Sampo dan dan kondisioner yang diperkaya protein akan membuat rambut anda halus dan tebal untuk sementara waktu karena mereka mengisi kerenggangan pada batang rambut, namun mereka tidak memperbaiki rambut rusak.

3. Lihatlah kandungan-kandungan untuk menemukan sampo mild.

Menggunakan sampo mild dapat membantu anda mempertahankan kulit kepala dan rambut yang sehat. Memeriksa kandungan-kandungan dalam sampo anda dapat memberikan ide yang baik apakah itu termasuk sampo mild atau bukan. Hindari yang mengandung sulfat dan / atau sulfonat. Sebaliknya carilah isetionat atau alucoside dalam kandungan sampo anda.

  • Bahan umum yang berkontribusi terhadap sampo mild termasuk sulfosuccinates, sultaines dan amphoacetate.
  • Silikon, polyquaternium pasir “guar” dapat menjadi bahan kondisioner yang baik.

5. Gunakan sikat rambut yang baik.

Bagaimana anda menyikat rambut anda dapat memiliki dampak yang besar pada kondisi rambut anda. Carilah sikat lembut yang terbuat dari serat alami, dan tidak menyikat dari atas ke bawah, tapi dari bawah keluar. Lakukan selembut yang anda bisa dan tidak menarik terlalu keras.

Yang terbaik adalah menghindari menyikat rambut anda saat basah, gunakan sisir sebagai gantinya.

6. Coba pijatan pada kulit kepala.

Pijat kulit kepala dengan minyak telur akan meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit di kepala dan folikel rambut anda. Menggosok dan memijat kulit kepala anda akan menghangatkan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga sel-sel dalam folikel mendapatkan banyak nutrisi yang pada gilirannya memaksimalkan potensi pertumbuhan rambut.

Pijat kulit kepala juga dapat merelaksasi anda, yang pada gilirannya akan membantu fungsi tubuh anda secara keseluruhan.

7. Jika anda khawatir, anda dapat mengetes kerentanan rambut anda.

Menguji apakah anda menderita kerontokan rambut atau tidak dapat dilakukan dengan menggunakan apa yang dikenal sebagai “test tug”. Pegang sekelompok kecil rambut, sekitar 20-30 rambut, dan tahan antara ibu jari dan jari telunjuk. Tarik perlahan tapi kencang; jika lebih dari enam rambut putus pada saat yang sama, anda mungkin memiliki masalah rambut rontok

Ini hanyalah sekedar tes awal, jadi pastikan untuk mengunjungi dokter atau ahli rambut jika anda berpikir bahwa anda mengalami kerontokan rambut lebih dari biasanya, mengingat bahwa kita kehilangan banyak rambut setiap hari secara alami.

Metode 3 : Makanan Tepat untuk Rambut yang Sehat

1. Memiliki diet seimbang yang sehat.

Pendekatan gizi untuk mencegah rambut rontok adalah pendekatan sederhana untuk menjaga rambut dan kulit kepala anda sehat. Tubuh yang sehat lebih mungkin untuk memiliki rambut sehat daripada tubuh yang tidak sehat. Ada kemungkinan bahwa rambut rontok dapat diatasi oleh pola makan yang sehat penuh dengan sayur dan buah. Terdapat juga beberapa vitamin dan mineral yang dapat sangat membantu dalam mempromosikan rambut sehat, dengan demikian mencegah rambut rontok.

2. Mengkonsumsi banyak zat besi.

Besi merupakan mineral penting yang dapat dijumpai dalam sumber makanan hewani maupun nabati. Terlalu sedikit asupan zat besi dapat menyebabkan anemia yang mengganggu pasokan nutrisi ke folikel anda, berpotensi meningkatkan rambut rontok. Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk menambahkan makanan kaya zat besi sebagai bagian dari diet harian anda.

  • Sumber zat besi hewani yang baik: daging merah, ayam dan ikan
  • Sumber zat besi nabati yang baik: sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan kangkung.

3. Makan cukup protein.

Protein sangat penting untuk rambut yang kuat. Kekurangan protein dapat menyebabkan rambut kering dan rapuh, dan akhirnya, menyebabkan kerontokan. Asupan protein yang cukup dapat membantu menyediakan asam amino untuk memperkuat rambut. Memang protein juga telah ada dalam sampo, namun protein dari makanan yang anda makanlah yang benar-benar akan membantu memperbaiki kondisi rambut dan mencegah rambut rontok.

  • Dapatkan protein dengan mengonsumsi makanan laut, unggas, susu, keju, yoghurt, telur, kacang-kacangan, kedelai, daging sapi tanpa lemak, dan protein bars.
  • Untuk sumber protein non-hewani yang baik, bisa didapat dari tempe, tahu, roti gandum, selai kacang, beras merah, quinoa, kacang-kacangan, dan brokoli.

4. Mengkonsumsi vitamin C.

Makanan dengan banyak vitamin C membantu dalam penyerapan zat besi, jadi cobalah untuk menggabungkan makanan kaya zat besi dengan makanan yang tinggi vitamin C untuk mendapatkan hasil maksimal. Vitamin C juga membantu produksi kolagen tubuh anda, yang pada gilirannya memperkuat kapiler yang mendukung batang rambut anda. Sumber dari vitamin C yang baik antara lain:

  • Buah jeruk, sayuran berdaun hijau, salad, kentang dan tomat.
  • Blueberry, blackberry dan stroberi juga merupakan sumber yang baik.

5. Pastikan anda mendapatkan cukup asam lemak Omega-3.

Lemak ini menjaga rambut tetap sehat dan memiliki peran dalam mencegah rambut dari kering dan rapuh. Mereka ditemukan dalam sel-sel yang melapisi kulit kepala anda, dan juga membantu menjaga rambut dan kulit kepala terhidrasi. Mereka adalah lemak yang penting, dimana tubuh anda tidak dapat memproduksinya sendiri, tetapi harus diperoleh melalui diet anda.

  • Sertakan banyak ikan berminyak dalam diet anda, seperti ikan tuna, salmon, dan makarel.
  • Anda juga bisa mendapatkan asam lemak ini melalui biji dan kacang-kacangan, terutama biji rami, biji labu, dan kenari.

6. Makan makanan kaya biotin.

Biotin adalah vitamin B yang larut dalam air. Hal ini penting untuk rambut anda, karena kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut anda menjadi rapuh dan bisa mempercepat kerontokan rambut. Sumber yang baik dari biotin termasuk biji-bijian, hati, putih telur, tepung kedelai, kenari dan ragi.

Biji-bijian juga merupakan sumber yang baik dari seng. Defisit seng dapat berkontribusi untuk kulit kepala kering dan gatal serta rambut rontok.

7. Pertimbangkan untuk mengambil suplemen.

Jika anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan suplemen untuk mencegah rambut rontok, konsultasikan dengan dokter anda terlebih dahulu. Jenis-jenis suplemen untuk ditanyakan termasuk biotin, inositol, zat besi dan vitamin C.

8. Mengetahui makanan apa yang harus dihindari.

Selain mengetahui makanan apa yang baik untuk dikonsumsi, alangkah baiknya juga mengetahui makanan apa yang harus dihindari. Aturan dasar dari diet seimbang yang sehat selalu berlaku, tetapi ada hal-hal tertentu yang dapat berkontribusi untuk rambut rontok. Pemanis buatan, aspartam, telah dikatakan sebagai penyebab penipisan rambut dan rambut rontok. Aditif makanan juga dapat memiliki efek negatif.

  • Diet cairan sangat rendah kalori menguras energi anda dalam jumlah besar, dan diet tersebut dapat menyebabkan rambut rontok.
  • Putih telur mentah mengandung zat yang mengikat biotin, yang mencegahnya dari penyerapan.

Metode 4: Mencari Bantuan Medis untuk Rambut Rontok

1. Mengetahui kapan untuk mengunjungi dokter.

Penting untuk mengetahui ketika kerontokan rambut anda bisa menjadi gejala dari keluhan medis yang lebih serius, dalam hal ini anda harus menemui dokter sesegera mungkin. Hubungi dokter jika anda kehilangan rambut dalam pola yang tidak biasa, atau lebih cepat pada usia dini, seperti pada saat remaja atau usia dua puluhan. Gejala lain yang harus diwaspadai adalah.:

  • Nyeri dan gatal-gatal bersamaan dengan rambut rontok, atau kulit kepala bersisik.
  • Anda memiliki bintik-bintik botak di jenggot atau alis.
  • Jika anda seorang wanita dan anda mengalami pola kebotakan laki-laki atau siklus haid yang tidak normal.
  • Anda mengalami kenaikan berat badan, menderita kelelahan, kelemahan otot, atau intoleransi terhadap suhu dingin.

2. Membuat janji

Sebelum anda menemui dokter anda, adalah ide yang baik untuk berpikir tentang gejala yang anda alami sehingga anda dapat menggambarkan dengan jelas pada dokter. Ingat-ingat kapan anda pertama kali mulai mengalami kerontokan rambut, dan apakah hanya sesekali atau terus-menerus. Juga tanyakan pertanyaan ini pada diri sendiri :

  • Pernahkah anda memperhatikan pertumbuhan rambut yang buruk atau mengalami kerusakan?
  • Apakah ada di anggota keluarga anda yang mengalami kerontokan rambut
  • Apakah anda mengkonsumsi obat atau suplemen?

3. Mengenali perawatan untuk pria.

Pola kebotakan karena keturunan adalah penyebab paling umum kehilangan rambut. Pada pria, hal ini ditandai dengan garis rambut surut yang membentuk “M”. Meskipun bukan penyakit dan didasarkan pada gen anda, terdapat perawatan yang dapat diresepkan oleh dokter anda. Dua obat yang paling sering digunakan adalah :

  • Minoxidil (Rogaine) adalah solusi yang diterapkan pada kulit kepala untuk merangsang folikel rambut.
  • Finasteride (Propecia, Proscar) adalah pil yang mempengaruhi produksi suatu bentuk hormon testosteron yang terkait dengan kebotakan.

4. Mengenali pengobatan untuk wanita.

Sekitar sepertiga dari wanita mengalami beberapa rambut rontok. Sebanyak dua pertiga dari wanita menopause mengalami penipisan rambut atau kebotakan. Wanita mungkin jarang sekali mengalami kebotakan, tapi biasanya mengalami penipisan pada belahan rambut dan pada rambut di ubun-ubun. Beberapa obat yang paling umum untuk pola kerontokan rambut pada wanita meliputi:

  • Minoxidil (Rogaine) diterapkan secara topikal (penggunaan luar) dan dipijit ke kulit kepala.
  • Anti-androgen yang sangat jarang diresepkan.
  • Suplemen zat besi diresepkan untuk beberapa wanita, terutama vegetarian, mereka yang memiliki riwayat anemia, atau mereka yang memiliki perdarahan menstruasi berat.

Demikianlah beberapa cara mengatasi rambut rontok yang bisa anda coba di rumah. Semoga bermanfaat dan menambah khazanah pengetahuan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: