4 Manfaat Keju Untuk Kesehatan

January 11, 2017

manfaat keju

Manfaat Keju – Jika anda penggemar berat keju tetapi anda tidak yakin apakah anda harus memasukkannya dalam diet anda, ada kabar baik untuk anda: Keju memiliki beberapa manfaat kesehatan yang mengagumkan.

Ketika mencoba untuk menjaga kesehatan anda, keju termasuk hal pertama yang masuk dalam daftar ‘makanan yang harus dihindari’, namun anda harus melihat lagi.

Keju, terutama jenis yang berasal dari sapi yang makan rumput, adalah sumber fantastis beberapa nutrisi yang paling penting yang dibutuhkan tubuh anda. Meskipun bukan tergolong makanan super, namun mengkonsumsinya secara teratur dapat memberikan manfaat yang mungkin anda tidak mendapatkannya di tempat lain.

Mari kita belajar lebih banyak tentang keju.

Apa itu Keju?

Keju dapat diproduksi dalam berbagai cara – cara tersebut hampir sama banyaknya dengan jenis keju yang dapat dipilih. Beberapa jenis keju memang membutuhkan langkah-langkah tambahan dan beberapa prosedur kadang-kadang sulit dilakukan, namun secara umum pembuatan keju adalah proses yang sederhana.

Dalam bentuk yang paling dasar, keju dibuat dari susu yang mengental, proses yang sama yang menghasilkan yoghurt, dimana gumpalan susu dan hal-hal di dalamnya dapat dipisahkan.

Bagian padat (lemak dan protein), yang terpisah dari cairan (protein dadih dan air), dan apa yang terjadi sesudahnya menentukan jenis keju yang akan dihasilkan.

Pengentalan susu dapat dilakukan dengan asam seperti jus lemon atau cuka, atau dengan enzim seperti rennet. Tergantung asam apa yang dipilih, ini mengubah produk akhir, mengubah penampilan, dan rasa keju.

Keju lembut tidak berusia lama, dan biasanya telah dibuat dengan asam. Ini termasuk keju seperti keju cottage, krim asam, Brie, Camembert, dan ricotta.

Keju semi-keras dan keras dibuat dengan rennet dan matang secara alami, atau kadang-kadang ditambahkan bakteri atau jamur, termasuk diantaranya keju Colby, cheddar, Swiss, Parmesan, Roquefort, dan Asiago.

Manfaat Keju Untuk Kesehatan

1. Kandungan Nutrisi Keju yang Mengagumkan

Manfaat keju yang pertama adalah keju penuh dengan kandungan nutrisi. Karena keju adalah produk susu, maka banyak kandungan nutrisi yang sama yang ditemukan dalam susu atau yogurt, namun sering dalam jumlah yang berbeda, tergantung pada jenis keju yang anda pilih.

Untuk mendapatkan nutrisi yang dikandungnya, direkomendasikan untuk mengkonsumsi 2 sampai 3 porsi beberapa bentuk produk susu setiap hari.

Salah satu penemuan terbesar dalam produk susu adalah kandungan kalsium mereka. Satu ons porsi keju cheddar atau keju mozzarella Swiss, akan memberikan sekitar 200 miligram kalsium. Itu seperlima dari jumlah kebutuhan kalsium yang direkomendasikan setiap hari.

Keju, seperti semua produk susu lainnya, juga dikemas dengan protein. Satu porsi keju akan dikemas dengan sekitar 8 gram protein.

Rata-rata pria membutuhkan sekitar 56 gram protein sehari, sementara rata-rata wanita sekitar 46 gram, sehingga seporsi sehat keju dapat menyediakan anda banyak protein.

Selain itu keju juga dikemas dengan sejumlah vitamin B12, seng, selenium, vitamin A, vitamin K2, fosfor, natrium, dan riboflavin.

Keju juga mengandung probiotik, bakteri “baik” yang dapat membantu mengatur flora usus anda. Menjaga lingkungan usus yang sehat adalah penting untuk kesehatan tubuh yang baik, dan dapat memberikan segudang manfaat, mulai dari pencernaan, otak sampai kesehatan jantung.

Ketika anda mengambil antibiotik, kadang-kadang keseimbangan bakteri “baik” dan “buruk” usus anda terganggu, jadi makan keju dapat mengganti bakteri “baik” dan menciptakan lingkungan yang sehat dari usus anda, yang mengarah ke kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.

Keju padat memiliki kandungan laktosa lebih rendah dibanding produk-produk lain dari susu, sehingga orang dengan intoleransi laktosa ringan mungkin dapat menggunakan keju untuk mencapai kebutuhan kalsium mereka sehari-hari, begitu juga dengan protein, vitamin D, dan probiotik.

Keju kadang-kadang dapat memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi, namun juga bisa sangat rendah, tergantung pada jenis keju yang anda ambil. Keju berlemak itu sendiri sangatlah kompleks, mengandung di dalamnya ratusan jenis asam lemak.

Sementara banyak lemak dalam keju adalah lemak jenuh, ilmu pengetahuan masih meneliti apakah lemak jenuh benar-benar menjadi musuh. Namun terdapat juga cukup banyak lemak tak jenuh tunggal dalam keju.

(Baca juga 6 Makanan Kaya Kandungan Lemak Sehat)

2. Sangat Baik Untuk Tulang Anda (dan Gigi!)

Salah satu manfaat keju yang cukup penting adalah baik untuk kesehatan tulang dan gigi anda.

Diet dengan jumlah yang tepat kalsium menjamin anda memiliki tulang yang kuat dan sehat. Melakukan hal tersebut dapat mencegah osteoporosis dan masalah tulang lainnya yang berhubungan dengan penuaan.

Osteoporosis adalah suatu kondisi dimana tulang mengalami kerapuhan melalui penurunan massa tulang dan kerusakan jaringan tulang, yang akhirnya menyebabkan fraktur (patah, retak). Seiring kita menua, massa tulang kita mulai melemah dari waktu ke waktu, membuat kesehatan tulang menjadi sangat penting.

Sebuah studi 2007 menemukan hal mengejutkan dimana osteoporosis telah menyebabkan 1,5 juta tulang patah per tahunnya, termasuk 300.000 tulang pinggul, dimana 75% dari kasus patah tulang pinggul adalah wanita.

Produk-produk susu, karena mereka memberikan kalsium dan protein, merupakan sumber nutrisi yang sempurna untuk kesehatan tulang. Namun keju lebih sempurna. Karena vitamin B-kompleks dan kalsium dalam keju dapat diserap lebih baik dan didistribusikan ke seluruh tubuh.

Dan untuk gigi anda, sebuah studi baru dari Academy of General Dentistry (AGD) telah menemukan bahwa keju melindungi gigi anda dari erosi asam, yang disebabkan oleh kopi, teh, anggur, soda, dll.

Ketika kita mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut, tingkat pH alami mulut kita turun, merusak enamel gigi dari waktu ke waktu.

Biasanya, air liur melakukan trik untuk membawa tingkat pH tersebut kembali ke keadaan normal mereka, tapi keju dapat membantu proses tersebut dengan menaikkan pH lebih cepat dan lebih tinggi, dengan hanya sepertiga dari porsi.

Sebuah studi yang dilakukan di Finlandia bahkan menemukan bahwa probiotik dikenal sebagai Lactobacillus yang ditemukan dalam keju membantu menurunkan jumlah ragi penyebab lubang di mulut.

Jadi, jika anda ingin mendapatkan tulang yang kuat dan gigi yang putih sehat, pertimbangkan untuk mengkonsumi keju.

(Baca juga 10 Fakta Produk Susu Sebagai Sumber Kalsium)

3. Baik Untuk Atlet

Manfaat keju berikut ini ditujukan bagi para atlet.

Tidak semua orang membutuhkan manfaat gizi yang sama seperti atlet. Inilah sebabnya mengapa keju cocok bagi para atlet.

Kebanyakan orang tidak yakin ingin menambah berat badan, berbeda halnya dengan atlet.

Keju penuh lemak mengandung kalori yang tinggi, sehingga optimal untuk menambah berat badan, beserta manfaat tambahan adalah tingkat protein dan kalsium yang tinggi, yang berguna untuk tulang yang lebih berat dan lebih kuat serta menambah massa otot.

Atlet secara alami ingin komposisi otot terhadap lemak tubuh yang lebih tinggi, sehingga pembakar lemak conjugated linoleic acid (CLA) yang ditemukan dalam keju sangat cocok untuk atlet. Ditemukan dalam jumlah yang tertinggi di keju cheddar, CLA mendorong pengurangan lemak dengan mengubah lemak menjadi energi dan meminimalkan ukuran sel-sel lemak.

CLA merupakan antioksidan – meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mencegah penyakit, dan sebagai anti-inflamasi – mengurangi nyeri otot dan sendi setelah berlatih.

Jika anda sedang mencari performa yang lebih baik dan latihan yang lebih efektif, keju mungkin pilihan yang tepat.

4. Sehat Untuk Jantung

Manfaat keju juga termasuk untuk kesehatan jantung. Menurut International Dairy Federation, rata-rata orang Perancis makan keju per kapita paling tinggi dibanding negara lain. Setahun orang Perancis mengkonsumsi keju rata-rata 25,9 kilogran, bandingkan dengan 15,4 kilogram milik orang Amerika.

Namun entah bagaimana, Perancis memiliki tingkat kematian akibat penyakit jantung koroner yang rendah.

Seperti disebutkan sebelumnya mengenai argumen-argumen apakah lemak jenuh benar-benar hal terburuk untuk kesehatan jantung sampai saat ini masih berlangsung. Jadi apakah keju baik untuk jantung?

Pada bulan April 2015, PBS melaporkan tentang sekelompok ilmuwan Denmark yang mengambil dari ‘French Paradox’ melalui kebiasaan konsumsi produk susu mereka.

Dengan meneliti 15 orang di tiga diet yang berbeda, masing-masing dengan jumlah kalori yang sama tetapi dengan berbagai jenis produk susu (susu, keju, dan mentega), mereka menemukan korelasi antara makan keju dan ekskresi molekul yang disebut TMAO, yang terkait penyakit kardiovaskular.

Gökhan Hotamisligil, kepala genetika dan penyakit kompleks di Harvard School of Public Health, mengatakan bahwa penelitian ini selaras dengan karya-karya lain di lapangan yang menggambarkan korelasi antara konsumsi keju dan efek perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular.

Sementara ini hanya sebuah penelitian kecil, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan pada subjek keju dan kesehatan jantung. Penelitian awal telah menunjukkan hubungan positif antara makan keju dan jantung yang lebih sehat.

Hal-hal yang Perlu Menjadi Perhatian

Tidak setiap ahli kesehatan setuju dengan manfaat keju. Jadi, jika anda harus mengkonsumsi keju, ada cara untuk tetap berhati-hati.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, keju tinggi lemak banyak mengandung lemak jenuh serta tingkat tinggi kalori, sehingga ketika memilih keju berhati-hatilah dengan selalu mencari pilihan yang rendah lemak.

Keju juga cukup tinggi sodium (garam). Diet tinggi garam dapat menyebabkan komplikasi seperti tekanan darah tinggi, peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke, serta diabetes.

Sepotong keju cheddar mengandung sekitar 174 miligram sodium, tidak banyak jika dibandingkan dengan 2.300 miligram kebutuhan harian yang direkomendasikan, namun tetap saja hal itu akan menambah asupan sodium mengingat segala sesuatu yang anda makan selama satu hari.

Sebuah studi baru-baru ini tentang diet tinggi protein hewani, termasuk keju, menemukan bahwa makan makanan yang kaya daging dan keju selama usia pertengahan dapat melipatgandakan risiko kematian, dan mungkin empat kali lipat risiko kematian akibat kanker.

Sekali lagi, diet yang seimbang adalah yang paling penting untuk semua tahap kehidupan. Keju adalah salah satu makanan dimana konsumsi dalam jumlah moderat harus diterapkan secara ketat.

Demikian artikel tentang manfaat keju, semoga menambah pengetahuan kesehatan anda.

Baca juga artikel tentang manfaat susu kambing.

 

 

Previous post:

Next post: