28 Tips Masak Sehat

September 17, 2013

tips masak sehat

1. Kukus, panggang, pepes, rebus, atau bakar — jangan sampai gosong — makanan Anda. Terdapat banyak sekali resep lezat, praktis, dan sehat yang menggunakan metode penyiapan makanan seperti ini. Tinggal cari di internet atau buku masakan di toko buku.

2. Untuk memasak makanan berkualitas baik tanpa lemak, gunakan alat masak anti lengket. Sekarang banyak dijual alat masak seperti ini. Ketika membuat telur dadar atau popcorn, misalnya, tidak perlu menggunakan minyak untuk menggoreng, hasilnya pun matang merata.

3. Masaklah dengan api kecil supaya tidak merusak nutrisi yang terkandung dalam makanan. Ketika memasak sayuran, panaskan dengan api kecil karena api bersuhu di atas 48 derajat Celsius akan merusak enzim yang terkandung dalam sayuran.

4. Hindari memasak yang digoreng. Bila sangat ingin gorengan, gunakan minyak sedikit saja. Gunakan minyak hanya untuk sekali pakai, setelah itu buang. Minyak yang sudah dipakai sangat buruk untuk kesehatan karena telah teroksidasi.

5. Hindari memakai bumbu instan yang mengandung minyak. Saat ini di pasaran terdapat banyak sekali bumbu-bumbu jenis ini seperti bumbu rendang, bumbu kari, bahkan santan instan. Lebih baik membuat bumbu sendiri dari bahan rempah-rempah alami.

6. Ganti santan dengan susu nonfat atau kemir, karena santan mengandung asam lemak jenuh yang akan menimbulkan penyempitan aliran pembuluh darah yang akan menimbulkan penyakit jantung dan stroke.

7. Jika resep masakan mengharuskan kita memakai minyak atau mentega, lebih baik gunakan minyak kelapa (virgin coconut oil) karena lebih tahan terhadap pemanasan sehingga minyak tidak rusak berlebihan pada saat dipanaskan.

8. Jika Anda perlu menggunakan minyak, cobalah pakai semprotan (cooking sprays) atau mengoleskan sejumlah kecil minyak dengan sikat kue. Kalau dituangkan langsung dari botol akan banyak minyak terpakai.

9. Untuk membuat saus atau sup, hindari menggunakan krim. Sebagai gantinya, gunakan yogurt rendah lemak, susu rendah lemak, susu skim, atau tepung maizena.

10. Kurangi garam dalam masakan karena konsumsi garam yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

11. Hindari membubuhkan penyedap rasa (MSG). MSG bisa diganti dengan sedikit gula atau madu dan sedikit garam.

12. Kurangi penggunaan kecap, saus tomat dan saus cabai botolan, bumbu instan, mayones, dan salad dressing karena mengandung kadar garam yang tinggi.

13. Hindari makanan olahan yang sarat garam seperti pasta atau mi instan, sup kalengan atau bubuk sup krim, keripik dan kacang asin, margarin, mentega dan keju.

14. Untuk membatasi garam, saat memasak jangan langsung menambahkan sejumlah garam ke makanan Anda, tetapi cicipi terlebih dahulu apa memang perlu.

15. Tambahkan percikan minyak zaitun, cuka, atau jus lemon saat memasak sayuran. Ini dapat meningkatkan rasa sebagai pengganti garam.

16. Pilih sayuran segar atau beku, jangan memilih sayuran kaleng karena sudah diproses dengan garam.

17. Gunakan garam beryodium, yang salah satu sumbernya adalah ikan.

18. Gunakan rempah-rempah untuk penyedap rasa. Daripada menggunakan MSG atau minyak pada masakan, lebih baik gunakan rempah-rempah.

19. Tanaman herbal seperti seledri, daun bawang, dan rempah-rempah, bermanfaat untuk menambah rasa dan warna untuk semua jenis makanan. Tambahkan herbal pada masakan Anda beberapa menit terakhir sebelum diangkat

20. Rempah-rempah tidak hanya melezatkan masakan daging, juga masakan sup, saus salad, bahkan minuman. Contoh, minuman jahe yang dibubuhi kayu manis dan serai sangat menyegarkan rasanya dan bermanfaat mengusir masuk angin.

21. Dibanding yang segar, herbal kering lebih menyedapkan rasa. Misalnya; kemiri atau ketumbar yang disangrai lebih harum daripada yang mentah.

22. Merica putih dan hitam merupakan herbal favorit yang digunakan sebagai penyedap masakan sup dan steak.

23. Herbal seperti ketumbar, jahe, bawang putih, cabai, dan serei digunakan terutama dalam sayuran tumis.

24. Minimalkan pengurangan nutrisi. Vitamin yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan mudah rusak oleh proses memasak. Selalu perhatikan cara memasak yang dapat meminimalkan pengurangan nutrisi.

25. Masaklah sayuran dengan dikukus, ini akan menghemat pengurangan nutrisi daripada direbus atau dididihkan dengan air.

26. Jika Anda ingin merebus sayuran, gunakan sejumlah kecil air. Rebus sayuran dalam air mendidih maksimal 1 menit.

27. Bihun atau kwetiau lebih sehat untuk dipilih daripada mi karena tidak mengandung kuning telur yang merupakan sumber kolesterol.

28. Beras putih adalah beras yang bagian bagian terpentingnya sudah terbuang. Sebaik apapun kualitasnya, beras putih mengandung lebih sedikit zat gizi dibanding beras merah.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: