22 Resep Obat Kutil Herbal

September 7, 2015

obat kutil

Kutil adalah tonjolan kulit yang tidak berbahaya dan disebabkan oleh virus. Tonjolan tersebut dapat muncul di mana saja pada tubuh, seperti wajah, lengan, atau jari. Kutil memiliki permukaan kasar, sering kali muncul bintik-bintik tipis kecokelatan di atasnya dan di atas area yang terkena tekanan, seperti telapak tangan dan telapak kaki.

Kutil yang terbentuk pada telapak kaki (plamter warts), tumbuh ke dalam karena tekanan yang disebabkan oleh berdiri dan berjalan di atasnya sehingga menimbulkan nyeri. Kutil yang terdapat pada permukaan alat vital (genital warts), biasanya berwarna putih dan biasanya berbentuk seperti kembang kol.

Kutil dapat berdarah jika terkena sesuatu. Meskipun fakta membuktikan bahwa kutil menular dan dapat menyebar dari satu bagian ke bagian tubuh lainnya, sangat jarang kutil berubah menjadi tumor kanker, kecuali beberapa kutil genital.

Umumnya tumor tersebut jinak, bentuknya tampak seperti kelompok-kelompok kecil, timbul di atas permukaan kulit, warnanya sama dengan warna kulit atau sedikit lebih gelap, dan tidak menimbulkan nyeri ataupun gatal. Para peneliti mencatat bahwa mereka yang sistem kekebalan tubuhnya lemah, lebih rentan terkena kutil daripada yang lain.

Pencegahan Kutil

Kutil dapat dicegah dengan mengurangi makanan hewani, terutama yang tinggi kandungan fosfornya, seperti tiram, lobster, dan udang. Di samping itu, menghindari orang-orang yang berkutil dan hubungan seksual di luar nikah yang menyebabkan kutil genital.

Obat Kutil Herbal

Berikut adalah 22 resep obat kutil herbal yang bisa anda coba di rumah:

a. Ramuan Jahe dengan Pala

Iris rimpang jahe dan tutup dengan daun pala yang telah dilayukan dengan api. Setelah itu, letakkan di atas kutil.

b. Lidah Buaya

Irisan lidah buaya diletakkan di atas kutil dan dibalut dengan perban.

c. Birch

Kulit pohon birch mengandung dua senyawa dasar yang aktif melawan virus, betulin dan betulinic acid. Kulit pohon birch dapat ditempatkan pada kutil langsung. Cara lainnya adalah dengan merebus satu sendok kulit pohon birch yang telah dihaluskan dalam sedikit air. Setelah itu, basuh kutil dengan air rebusan tersebut.

d. Bloodroot (Sanguinaria)

Herbal tersebut mengandung materi yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit, seperti chelerythrine dan sanguinarine. Ia mengandung enzim yang memecah protein dan membantu memecah protein, seperti jaringan yang terkena kutil. Dari akarnya, dibuat adonan kental yang digunakan sebagai salep, yang ditempatkan pada kutil.

e. Dedalu (Willow)

Asam salisilat digunakan sebagai bahan kimia yang memberantas kutil. Asam salisilat terdapat pada dedalu dalam jumlah berlimpah. Letakkan sepotong kulit pohon dedalu bagian dalam pada kutil selama seminggu.

f. Kedelai

Kedokteran China menggunakan kedelai untuk mengobati kutil. Kedelai direbus tanpa tambahan apa pun dan dihidangkan sebagai makanan, dikonsumsi tiga kali sehari selama tiga hari.

g. Tin

Buah tin mengandung enzim pemecah protein yang dikenal dengan nama ficin. Gunakan getah buah tin, oleskan pada kutil selama tujuh hari. Atau uleni buah tin dengan cuka dan balurkan pada kutil.

h. Nanas

Buah nanas kaya akan enzim pemecah protein sehingga dapat menangkal pertumbuhan kutil. Iris kulit nanas dan letakkan di atas kutil dengan perban sepanjang malam. Lepaskan pagi harinya, lalu rendamlah bagian yang terdapat kutil dalam air hangat.

i. Milkweed

Cairan putih yang keluar dari milkweed mengandung enzim aktif pemecah protein yang memecah kutil dan memberantasnya.

j. Celandine

Celandine mengandung chelerythrine dan sanguinarine, enzim pemecah protein. Getah celandine dapat menghambat aktivitas virus yang menyebabkan kutil dan menumpasnya. Getah yang berupa cairan kuning, yang keluar dari celandine dioleskan langsung pada kutil.

k. Castor

Minyak biji jarak digunakan tanpa tambahan apa pun. Bisa juga ditambah dengan dedalu bubuk untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensinya.

l. Dandelion

Ketika daun atau batang dandelion terbelah, muncul cairan lengket putih seperti susu. Oleskan cairan tersebut pada kutil, pagi dan malam selama satu minggu.

m. Yellow Cedar (Cupressus Nootkatensis)

Minyak yellow cedar mengandung senyawa antivirus yang menghambat pertumbuhannya dan mencegah munculnya generasi virus berikutnya. Jadi, minyak herbal ini bermanfaat pada kasus kutil kecil.

n. Pisang

Serut lapisan dalam kulit buah pisang yang berwarna putih, pijatkan pada kutil dua kali sehari selama tujuh hari.

o. Basil

Balurkan daun basil bubuk pada kutil atau letakkan beberapa daun basil segar pada kutil, kemudian tutup dengan jus basil dan diperban.

p. Pepaya

Buatlah ekstrak pepaya segar, gunakan dua kali sehari selama lima hari.

q. Bawang Putih

Iris bawang putih, letakkan pada kutil, dan balut dengan perban. Ulangi selama seminggu.

r. Bawang Merah dan Bawang Putih

Cincang bawang merah dan 5 siung bawang putih, lalu masukkan 3 sendok cuka ke dalam cincangan bawang. Oleskan pada kutil pagi dan malam hari.

s. Krokot

Gosokkan krokot pada kutil dengan baik, beberapa kali dalam sehari.

t. Markea

Bakar batang markea hingga menjadi seperrti bara, kemudian letakkan pada kutil.

u. Cynara

Haluskan cynara dan balurkan pada kutil. Atau potong akarnya, tambahkan arsen dan amonia. Setelah itu, ikat dengan baik hingga kering.

v. Barley

Ambil tepung barley, tambahkan cuka, lalu haluskan bersama buah tin. Buatlah tapal dan letakkan pada kutil.

Semoga artikel obat kutil herbal diatas bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: