21 Fakta Tentang Daging, Unggas, dan Ikan Sebagai Sumber Protein

July 12, 2013

sumber protein

1. Ada dua jenis protein, yaitu protein hewani dan protein nabati. Tubuh kita membutuhkan kombinasi keduanya. Protein hewani mengandung asam amino esensial yang berkualitas lebih baik daripada protein nabati. Protein hewani iuga memiliki bioavailibilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan protein nabati. Artinya, dibandingkan dengan protein nabati, protein hewani lebih mudah digunakan oleh sel-sel tubuh.

2. Bila Anda vegetarian yang hanya mengonsumsi protein nabati, agar tetap sehat, konsumsilah 5 macam kacang-kacangan dalam sehari. Dan dari kelima jenis kacang itu, harus selalu ada kacang kedelai — misalnya tahu dan tempe — karena di antara sumber protein nabati, kedelai memiliki bioavailabilitas yang paling tinggi.

3. Bila terpaksa makan daging sapi dan kambing yang mengandung kolesterol tinggi, barengi dengan makanan penurun kolesterol seperti bawang merah, bawang putih, atau sayuran dan buah lainnya.

4. Daripada digoreng, daging lebih baik dipanggang, direbus, atau dikukus. Ini cara paling sehat untuk memasak daging. Supaya empuk, daging dipotong tipis-tipis atau dipukul-pukul atau ada juga yang menyarankan dikukus bersama daun pepaya.

5. Masaklah daging dengan cara diambil kaldunya atau di-grill, bukan dimasak kari atau rendang yang membutuhkan santan kental.

6. Buang lemak daging sebelum dimasak. Pilih potongan daging rendah lemak.

7. Untuk menghasilkan masakan daging yang bercitarasa, gunakan rempah-rempah, sayuran segar, dan bumbu-bumbu daripada menambahkan minyak atau saus berlemak tinggi.

8. Ayam boleh dimakan, tetapi batasi konsumsi daging unggas lainnya seperti bebek dan itik karena kadar lemaknya tinggi.

9. Daging ayam yang berkulit seperti bagian sayap dan paha memang lezat namun kadar lemaknya tinggi. Bagian dada adalah pilihan yang terbaik karena kadar lemaknya rendah dan proteinnya tinggi.

10. Buanglah kulit dan lemak yang menempel pada daging sebelum dimasak.

11. Buang bagian ayam yang tak perlu seperti ceker, kepala, dan usus karena kadar lemaknya tinggi.

12. Telur ayam sebaiknya dibuang bagian kuningnya karena kadar kolesterolnya tinggi — 200 mg kolesterol/butir. Sebaliknya, konsumsilah putih telur karena mengandung protein yang baik.

13. Masaklah ayam dengan cara dipanggang, dipepes, atau direbus, bukan digoreng.

14. Hindari masakan kari ayam atau ayam goreng yang mengandung lemak tinggi.

15. Belilah ikan segar yang masih hidup, atau ikan beku yang masih segar. Ikan segar memiliki warna terang dan cerah, keras bila ditekan, sisik melekat kuat, mata menonjol, insang berwarna merah cerah, dan tidak berbau busuk.

16. Hati-hati bila mendapatkan ikan dengan daging yang keras bila ditekan, tetapi insangnya berwarna cokelat tua dan kelopak matanya berwarna merah. Ini menandakan ikan diawetkan dengan formalin.

17. Ikan laut baik untuk dikonsumsi karena kaya protein dan mengandung asam lemak yang sehat yaitu asam lemak omega 3 yang penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

18. Pilih ikan laut yang berasal dari laut dalam karena mengandung asam lemak omega 3 yang lebih tinggi. Contoh ikan laut yang baik untuk dikonsumsi adalah kakap, salmon, tuna, cakalang. dan sarden.

19. Seafood seperti kepiting, kerang, udang, dan cumi-cumi sebaiknya dibatasi konsumsinya karena meskipun kaya protein namun kadar kolesterolnya tinggi. Bagi Anda yang berkolesterol rendah, boleh makan seafood ini asalkan tidak setiap hari (cukup seminggu sekali).

20. Sebagian orang takut mengonsumsi ikan laut karena mengandung merkuri. Perlu diketahui bahwa kontaminasi dengan merkuri tergantung wilayah di mana ikan ditangkap. Kita tidak bisa tahu apakah ikan tertentu mengandung merkuri. Akan tetapi, pada dasarnya tubuh kita punya kemampuan mendetoksifikasi — menetralisir zat berbahaya atau beracun — asalkan kita tidak makan ikan berlebihan — cukup 10-20% dan komposisi makan harian — serta memperbanyak konsumsi protein nabati dan serat yang terkandung dalam sayuran dan buah.

21. Pepes, panggang, dan rebus adalah cara terbaik untuk memasak ikan sebagai makanan sehat.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: