20 Manfaat Minyak Ikan yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

January 10, 2016

manfaat minyak ikan

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan termasuk kemampuannya dalam membantu mengobati berbagai macam penyakit jantung, kolesterol tinggi, depresi, kegelisahan, melemahnya sistem kekebalan tubuh, kanker, diabetes, peradangan, radang sendi, gejala Alzheimer, gangguan penglihatan, degenerasi makular dan maag. Minyak ikan juga membantu untuk menurunkan berat badan, kehamilan yang sehat, kesuburan, dan perawatan kulit (khususnya untuk kondisi seperti jerawat dan psoriasis).

Manfaat kesehatan yang paling utama dari minyak ikan bisa dikaitkan dengan kandungan omega-3, yaitu asam lemak penting seperti docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA). Asam lemak penting lainnya yang terkandung dalam minyak ikan adalah alpha-linolenic acid atau ALA dan gamma-linolenic acid atau GLA.

Di bawah ini, kita akan mengulas lebih dalam mengenai manfaat dari minyak ikan yang sudah terbukti, dimana beberapa dari hal tersebut didasarkan pada bukti nyata secara ilmiah, sementara yang lainnya hanya didasarkan atas eksperimen pada hewan saja.

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan

Berikut adalah 12 manfaat minyak ikan untuk kesehatan yang perlu anda ketahui:

1. Kesehatan jantung

Manfaat minyak ikan yang terutama adalah dalam menjaga kesehatan jantung. Menurut American Heart Association (AHA), eksperimen klinik telah menunjukkan bahwa omega-3 sangat efektif dalam mengurangi penyakit kardiovaskular. Minyak ikan merupakan sumber omega-3 yang sangat baik dan karena itu bisa mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung dan aritmia jantung. Minyak ikan juga menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan tingkat kolesterol baik (HDL). Minyak ikan dapat menghindari terjadi pengakumulasian trigliserida dan juga menurunkan tingkat trigliserida yang berlebih. Penelitian awal juga telah membuktikan bahwa minyak ikan bisa digunakan untuk mencegah aterosklerosis pada pasien jantung. Selain itu, minyak ikan efektif dalam mencegah stroke dan konsumsi reguler minyak ikan bisa membantu dalam menghindari kematian akibat serangan jantung. Namun American Heart Association lebih jauh mengungkapkan bahwa penemuan awal ini masih harus dikonfirmasi dengan penelitian lebih lanjut.

2. Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat minyak ikan yang cukup populer adalah membantu menurunkan berat badan. Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Peter Howe di University of South Australia telah menunjukkan bahwa minyak ikan meningkatkan kemanjuran dalam menurunkan berat badan. Para sukarelawan yang diberikan minyak ikan pada diet mereka menunjukkan penurunan berat badan yang signifikan dibandingkan dengan orang-orang yang tidak secara reguler mengkonsumsi minyak ikan. Olahraga yang digabung dengan konsumsi minyak ikan memiliki efek yang positif pada bentuk dan komposisi tubuh para pasien yang berpartisipasi.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dipercaya bahwa dengan mengkonsumsi minyak ikan bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan demikian dapat membuat tubuh kita lebih tahan terhadap penyakit-penyakit yang umum seperti demam, batuk dan flu. Asam lemak omega-3 yang terdapat pada minyak ikan mendukung sistem kekebalan tubuh dengan memberi efek pada aktivitas dan jumlah sitokine dan eikosanoida yang berada pada tubuh kita. Para ilmuwan juga mempelajari efek dari makanan yang mengandung ikan dan minyak ikan pada sistem imunitas babi dan ditemukan bahwa minyak ikan telah membantu dalam pertumbuhan hewan tersebut. Penelitian yang sama dilakukan pada tikus di Taichung Veterans General Hospital, Taiwan, dan juga menghasilkan hasil yang positif.

Secara mendasar, minyak ikan memiliki potensi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia, namun sekali lagi, penelitian lebih lanjut terhadap manusia harus tetap dilakukan. Minyak ikan juga bermanfaat pada pasien yang menderita penyakit lupus, yaitu penyakit autoimun dimana sistem imunitas menyerang pada organ tubuh dan jaringan otot tubuhnya sendiri. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa minyak ikan membantu mengurangi demam, merah-merah pada kulit dan kelelahan.

4. Membantu Mengobati AIDS

Penelitian yang dilakukan oleh Nutrional Sciences Program di Lexington telah mengungkapkan bahwa minyak ikan adalah salah satu alternatif pengobatan untuk penyakit AIDS, namun penelitian yang lebih mendalam masih harus dilakukan untuk membuktikan manfaat minyak ikan yang satu ini.

5. Sifat Anti Peradangan

Minyak ikan efektif dalam menurunkan peradangan dalam darah dan otot. Mengkonsumsi suplemen, tablet, pil dan kapsul minyak ikan secara rutin membantu mereka yang menderita penyakit radang kronis. Minyak ikan efektif dalam mengobati gangguan pencernaan, penyakit celiac, sindrom usus pendek, dan penyakit radang usus, termasuk penyakit Crohn dan ulcerative colitis, yang keduanya merupakan gangguan pada pencernaan. Pasien yang menderita penyakit Crohn sering merasa kesulitan untuk menyerap vitamin, lemak dan suplemen-suplemen penting lainnya. Suplemen minyak ikan merupakan diet yang efektif untuk pasien seperti itu.

Untuk penyakit ulcerative colitis, minyak ikan menangkal akumulasi leukotrin pada kolon. Penelitian juga sedang dilakukan untuk meningkatkan reputasi anti peradangan yang dimiliki minyak ikan, khususnya ketika digabungkan dengan suplemen diet dan obat lainnya.

6. Mengobati Nyeri Sendi

Minyak ikan juga berguna mengobati nyeri sendi, rematik, simptom Raynaud dan kondisi-kondisi lainnya yang serupa. Mengkonsumsi minyak ikan bisa membantu dalam mengurangi ketergantungan obat-obatan anti peradangan dengan dosis tinggi. Royal Adelaide Hospital dan University of Newcastle yang terletak di Australia, melaporkan bahwa minyak ikan dalam jumlah yang besar menunjukkan efek yang positif dalam menyembuhkan nyeri sendi. Dalam kasus osteoarthritis, minyak ikan bisa membantu dalam mengurangi dampak enzim yang merusak tulang rawan.

Dikarenakan dosis minyak ikan yang tepat untuk mendapatkan efek yang ideal masih belum diketahui, Arthritis Center pada Departement of Rheumatology di John Hopkins University menganggap asam lemak omega-3 dan minyak ikan dalam pengobatan nyeri sendi sebagai sesuatu hal yang masih menjadi perdebatan. Universitas tersebut juga mengingatkan bahwa para pasien nyeri sendi harus waspada akan segala efek samping lainnya yang bisa terjadi dari mengkonsumsi minyak ikan.

7. Mengatasi Depresi dan Kecemasan

Kandungan asam lemak omega-3 pada minyak ikan sering dipromosikan berguna sebagai pereda depresi, kesedihan, kecemasan, kurang istirahat, kelelahan mental, stress, menurunnya gairah seks dan gangguan saraf lainnya. Peneliti di Case Western Reserve University School of Medicine di Cleveland, Ohio, pada penelitian publikasi mereka yang berjudul “Minyak Ikan dan Gangguan Bipolar : Penyembuhan yang Menjanjikan Namun Belum Diuji Coba”, menyatakan bahwa minyak ikan bisa berguna untuk menstabilkan mood dan penyembuhan untuk penderita gangguan bipolar. Maka tidak mengherankan bahwa negara-negara dimana ikan secara rutin dikonsumsi memiliki kejadian depresi yang lebih rendah. Penelitian yang menyerupai juga dilakukan pada para tahanan yang menunjukkan ketika tahanan diberikan makanan laut yang banyak mengandung asam lemak omega-3, menunjukkan penurunan yang signifikan pada tingkat pembunuhan dan frekuensi kekerasan. Asupan makanan yang mengandung ikan juga baik untuk pengobatan depresi. Temuan dari suatu penelitian menyarankan bahwa pengkonsumsian ikan bisa berguna untuk kesehatan mental para wanita dan mengurangi resiko terjadinya depresi pada wanita.

8. Mengobati Gangguan Mata

Sudah diketahui secara luas bahwa minyak ikan memiliki manfaat dalam memperbaiki pandangan mata. Minyak ikan juga membantu untuk menghindari degenerasi makula karena usia. National Institute of Health di Amerika serikat berencana untuk melakukan penelitian secara massal untuk mengevaluasi efek dari minyak ikan dalam mengobati degenerasi makular. Penelitian ini akan memberikan bukti ilmiah yang kuat akan manfaat minyak ikan terhadap perawatan mata, dengan demikian agensi pemerintah dan apoteker bisa merekomendasikan minyak ikan untuk degenerasi makula.

9. Mencegah Penyakit Alzheimer

Penelitian yang dilakukan di Louisiana State University telah menunjukkan bahwa asam lemak efektif dalam mengobati penyakit Alzheimer. Karena minyak ikan adalah salah satu sumber terbaik untuk asam lemak termasuk EPA dan DHA, maka minyak ikan sangat membantu dalam pengobatan penyakit Alzheimer. Penelitian lebih lanjut yang dilakukan di University of California di Los Angeles (UCLA) memvalidasi manfaat minyak ikan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. The Alzheimer’s Association merekomendasi ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi karena dapat berfungsi sebagai perlindungan terhadap penyakit Alzheimer dan demensia.

10. Mengobati ADHD atau ADD

Minyak ikan memiliki kemampuan untuk mengobati Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) atau sering disebut penyakit hiperaktif karena tingginya kandungan asam lemak omega-3. Jika anak anda menderita penyakit hiperaktif, disleksia, dispraksia, tidak mampu menyelesaikan suatu tugas, emosi yang tidak stabil, kelakuan yang beurbah-rubah, koordinasi tubuh yang buruk, konsentrasi yang rendah, daya ingat yang pendek, kecenderungan untuk mengganggu orang lain, ceroboh, tergesa-gesa, ketidaksabaran, impulsif, IQ rendah, dan gangguan pembelajaran, minyak ikan adalah obat yang terbukti manjur. Penelitian yang dilakukan di University of South Australia dan CSIRO telah menunjukkan bahwa ketika anak-anak yang menderita ADHD diberikan dosis minyak ikan dan kapsul bunga evening primerose selama 15 minggu, mereka menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam kelakuan mereka. Karena 60% dari kandungan otak terdiri dari lemak, terutama asam lemak yang penting seperti omega-3 dan omega-6, minyak ikan bisa membantu meningkatkan fungsi otak.

Lebih dari itu, minyak ikan juga dipercaya berguna dalam perkembangan normal untuk otak, membantu anak anda untuk berkonsentrasi dalam pelajaran mereka. Telah ditemukan juga bahwa ketika wanita hamil diberikan dosis minyak ikam secara rutin, janin mereka menampilkan koordinasi tangan dan mata yang lebih meningkat.

11. Perawatan Kulit

Manfaat minyak ikan termasuk dalam menjaga kulit tetap sehat. Minyak ikan baik untuk meningkatkan kondisi kulit yang kering dengan membuat kulit lebih mengkilat dan lebih cerah. minyak ikan juga berguna untuk mengobati berbagai macam masalah kulit seperti eksema, psoriasis, gatal-gatal, kulit memerah, luka pada kulit, dan bintik merah. Untuk psoriasis, kandungan EPA yang terdapat pada minyak ikan membatasi pertumbuhan sel peradangan dengan memproduksi asam arakhidonik. Maka dari itu minyak ikan bisa juga diaplikasikan secara topikal (penggunaan luar) untuk meredakan dari psoriasis.

Konsumsi kapsul minyak ikan secara rutin membantu mengurangi kehilangan kelembaban kulit. Minyak ikan juga diklaim dapat menghindari kulit dari terbakar sinar matahari, namun penelitian atas klaim ini belum diverifikasi.

12. Mengobati Jerawat

Minyak ikan juga merupakan pengobatan yang efektif untuk jerawat. EPA dikenal untuk menghambat formasi androgen, yang bisa mempengaruhi formasi sebum pada folikel rambut yang bisa menyebabkan jerawat.

13. Mengatasi Kanker

Minyak ikan berguna untuk mengurangi penurunan berat badan pasien penderita kanker pankreas. Suplemen minyak ikan juga bisa berguna untuk pasien yang menderita kanker yang berhubungan dengan hyperlipidemia.

14. Membantu Pasien Diabetes

Pasien tipe 2 diabetes cenderung memiliki penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner, aterosklerosis dan stroke. Seperti yang disebutkan diatas, minyak ikan bisa membantu dalam mengobati berbagai masalah jantung. Penelitian yang dilakukan di University of Oxford telah menunjukkan bahwa minyak ikan berguna untuk mengurangi level trigliserida pada pasien diabetes.

15. Meringankan Penyakit Maag

Kandungan EPA dan DHA pada minyak ikan membantu dalam kasus maag yang disebabkan oleh obat-obatan anti peradangan.

16. Membantu Kehamilan

Minyak ikan sangat bermanfaat untuk wanita hamil karena kandungan DHA yang terdapat pada minyak ikan membantu dalam perkembangan mata dan otak sang bayi. Minyak ikan juga membantu menghindari kelahiran prematur, kelahiran dengan berat badan rendah, dan keguguran. Penelitian yang dilakukan di Denmark, yang melibatkan 8.729 wanita hamil, mendapat kesimpulan bahwa diet dengan konsumsi ikan yang rendah menghasilkan resiko yang lebih tinggi terjadinya bayi prematur.

Dipercayai juga bahwa wanita yang tidak mendapat asupan yang cukup untuk EPA dan DHA pada diet mereka akan menderita depresi setelah melahirkan, disebabkan adanya perpindahan massa otak yang cukup banyak dari sang ibu ke bayinya pada tahap akhir kehamilan. Bahkan seperti yang disebutkan sebelumnya, ketika wanita hamil diberikan suplemen minyak ikan, anak mereka menunjukkan koordinasi mata dan tangan yang lebih baik. Maka sangatlah bermanfaat untuk mengkonsumsi minyak ikan baik dengan mengkonsumsi ikan secara langsung atau meminum suplemen minyak ikan, tablet, kapsul atau pil ketika dalam masa kehamilan untuk perkembangan secara menyeluruh untuk sang anak dan juga untuk kesehatan sang ibu. Namun, harus dicatat bahwa minyak ikan yang diolah dari hati seekor ikan, seperti contohnya minyak hati ikan cod, untuk tidak dikonsumsi ketika kehamilan karena minyak hati ikan cod kaya akan retinol dan vitamin A.

17. Meningkatkan Kesuburan

Penelitian awal yang dilakukan pada babi hutan telah menunjukkan bahwa ketika babi hutan jantan diberi makanan yang mengandung minyak ikan, kualitas sperma yang dihasilkan meningkat. Setelah ejakulasi, kelangsungan hidup sperma terhadap serangan lipid peroksidatif meningkat pada kelamin betina, sehingga meningkatkan juga kesempatan terjadinya pembuahan. Di lain pihak, penelitian terhadap hewan yang menyerupai menunjukkan hambatan dalam sintesis antara prostaglandin E dan prostaglandin F, yang diproduksi dalam jumlah yang besar oleh gelembung mani manusia. Penelitian tersebut menemukan tidak ada dampak terhadap jumlah dan mobilitas sperma.

18. Perawatan Rambut

Manfaat minyak ikan juga termasuk untuk perawatan rambut. Minyak ikan membantu mempertahankan kilau rambut karena omega-3 memiliki sifat stimulasi pertumbuhan, yang memberikan kesuburan pada folikel. Minyak ikan juga membantu meningkatkan perkembangan rambut dan mengurangi rambut rontok. Asupan protein yang cukup diperlukan untuk pertumbuhan rambut, dan karena hampir semua jenis ikan kaya akan protein, maka mengkonsumsi ikan bisa membantu untuk membuat rambut tetap sehat.

19. Mencegah Penyakit Amyotropik Lateral Sklerosis

Minyak ikan kaya akan berbagai macam nutrisi seperti asam lemak omega-3. Penelitian terbaru menyarankan bahwa asupan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 bisa mengurangi atau menahan serangan Amyotropik lateral sklerosis (ALS) yang juga disebut sebagai penyakit Lou Gehrig.

20. Melancarkan Peredaran Darah

Telah menjadi fakta bahwa minyak ikan memiliki kemampuan untuk meningkatkan peredaran darah dan juga mengurangi level trigliserida dan serum kolesterol. Namun, manfaat peningkatan peredaran darah hanya baru diteliti pada tikus.

Juga dipercayai bahwa minyak ikan bisa membantu menghindari asma dan gagal ginjal. Banyak orang yang suka memberi minyak ikan pada hewan peliharaannya terutama kucing dan anjing, karena dapat meningkatkan kilau bulu dan memperhalus bulu. Minyak ikan juga bisa membantu anjing dan kucing dalam masalah sendi, yang merupakan penyakit yang sangat umum pada hewan peliharaan.

National High Blood Pressure Education Program di Amerika Serikat telah memberikan peringatan terhadap publikasi yang tidak tepat mengenai minyak ikan sebagai cara yang efektif dalam menurunkan tekanan darah yang tinggi pada pasien yang menderita hipertensi. Berdasarkan laporan tersebut, suplemen minyak ikan bisa menurunkan tekanan darah dalam cara yang tidak terlalu signifikan pada pasien hipertensi. Penelitian yang dilakukan di Channing Laboratory di Boston telah menunjukkan bahwa dosis yang standar untuk suplemen minyak ikan memiliki efek yang tidak signifikan pada kondisi tekanan darah tinggi pada orang normotensi.

Demikianlah artikel tentang manfaat minyak ikan untuk kesehatan, semoga berguna dan menambah wawasan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: